Review Blackberry Curve 8900 Javelin: Alternatif Selain Bold

Review Blackberry Curve 8900 Javelin: Alternatif Selain BoldBlackberry sampai sekarang masih menjadi trend di kalangan pengguna ponsel di Indonesia. Mengandalkan layanan utama yakni Blackberry Internet Service (BIS) atau Blackberry Enterprise Service (BES), ponsel ini mampu memikat kalangan yang memang membutuhkan produk berkemampuan office mutakhir. Di sisi lain, trend penggunaan Blackberry yang notabene dipandang mampu mengangkat gengsi ternyata menjalar pula ke beragam kalangan. Sampai sekarang, meski masa boomingnya terkesan sudah mereda, masih banyak yang tetap mencari informasi tentang Blackberry. Terkait hal ini, Review1st pun ingin mengupas kembali salah satu produk andalannya yang masih laris di pasaran yakni Blackberry Javelin.

1stLOOK

Javelin masih termasuk ke dalam keluarga Curve yang masih jadi salah satu seri unggulan Research in Motion (RIM). Smartphoe ini mengandalkan bodi hampir mirip dengan Bold dengan keypad QWERTY khas Blackberry. Hanya perawakannya tak setebal Blackberry Bold, juga di bagian sisinya cenderung membentuk sudut menyiku.

Mutu komponen bahan baku Javelin dibedakan dengan Bold, khususnya pada bagian tulang utama dan casing belakang. Sisanya relatif tak jauh berbeda mulai dari komposisi keypad sampai trackball dengan mutu dan fungsi setara.

1stTOUCH

Blackberry Javelin memanfaatkan sistem operasi yang sama dengan Bold, yakni Blackberry OS versi 4.6.1. Kualitas layar pun setara yakni TFT 65 ribu wanra warna dengan diagonal 2,4 inci (80×360 piksel). Otomatis, tampilan menu serta kemampuan operasi smartphone ini pun tak jauh berbeda dengan kakak kandungnya tersebut.

Saat diintip lagi lebih jauh, prosesor Blackberry Javelin ternyata hanya 512 MHz berbeda dengan Bold yang dijejali prosesor 623 MHz. Untung sudah didukung memori flash sebesar 256 MB. Tak ketinggalan, Blackberry Curve 8900 Javelin menawarkan slot kartu memori MicroSD card untuk menambah kapasitas penyimpanan.

Satu catatan dari Blackberry (tentu Anda yang sudah terbiasa dan mengenal BB paham betul akan hal ini-red) adalah adanya layanan Blackberry Internet Service. Anda bisa memanfaatkan untuk mengakses email lewat fitur Pushmail. Menariknya, Anda bisa menyimpan sampai 10 akun email berbeda di smartphone ini (ciri khas Blackberry).

Untuk menambah kelengkapan, Blackberry Javelin menanamkan receiver GPS. Juga hadir kamera dengan kekuatan 3,2 megapiksel (cukup berharga untuk ukuran Blackberry yang ada di pasaran saat ini). Plus autofokus dan lampu blitz. Hasilnya cukup baik, namun kualitasnya masih kalah dengan ponsel besutan vendor lain dengan kemampuan setara.

Tersedia pula pemutar musik, video player, ringtones, picture browser dan perekam audio. Untuk menikmati musik dijejalkan port audio stereo 3,5 mm. Tambahan lain adalah Wifi, Bluetooth dan kabel data micro USB di ponsel ini. Satu hal yang sangat disayangkan, Blackberry Javelin belum mengusung 3G.

Harga smartphone ini cukup memadai jika dibandingkan dengan Blackberry Bold. Dari segi kemampuan pun tak jauh berbeda. Hanya saja Javelin mengalami beberapa pengurangan seperti saluran data hanya via GPRS, bahan baku casing yang sedikit menurun.

Plus: fitur Blackberry Internet Service (BIS), kamera 3,2 megapiksel (autofokus, flash), Wifi, GPS

Minus: tanpa 3G, harga lebih mahal ketimbang produk vendor lain yang sekelas

HARGA: Rp 4.400.000 per September (garansi distributor)

Network GSM 1900/1800/900/850/MHz
Operating hsystem Blackberry OS 4.6.1
Prosesor 512 MHz
Layar TFT 65.536 warna, HVGA (480 x 360 pixel), 2.4 inch
Kamera 3.2 megapixel
Memori 256 mb flash
Konektivitas Wi-Fi: 802.11a/b/g, Bluetooth 2.0, Kabel data mini USB
Transfer data EDGE, GPRS
Dimensi 10.9 x 6 x 1.35 cm
Berat 109.9 gram
Fitur Blackberry Music Player, Game, Multiplayer via WIFI game, Blackberry Maps, AccuWeather, Facebook, Blackberry Messenger, Yahoo Messenger, Google Talk, AIM, MSN, RSS, Word ToGO, Google Map, GPS
Bagikan Dengan Teman:

Komentar Anda

Tentang Penulis

menulis 528 artikel di website ini.

Fans berat gadget dan smartphone email: portal.review1st@gmail.com twitter: @review1st

Copyright © 2014 review 1st. All rights reserved.