Adu HP: Pembuktian Kamera SE Satio vs Nokia N8

Adu HP: Pembuktian Kamera SE Satio vs Nokia N8Ponsel apa yang sudah dibekali kamera 12 megapiksel ? Jawabannya Sony Ericsson Satio dan Nokia N8. Memang hingga saat ini baru dua ponsel tersebut yang ada di Indonesia yang sudah dipersenjatai kamera 12 megapiksel. Sony Ericsson Satio hadir lebih dulu tepatnya pada bulan November 2009. Baru kemudian disusul Nokia N8 yang muncul belakangan ini, tepatnya pada bulan November 2010. Seperti kekuatan keduanya jika diadu? Berikut pembahasannya :

Desain
Soal urusan ukuran bodi, bisa dibilang keduanya sepadan. Tapi N8 terasa lebih berat (135 gram) daripada Satio (126 gram). Ini lantaran N8 menggunakan bahan alumunium kesat di sekujur bodinya. Berbeda dengan Satio yang berbalut bahan plastik, tapi cukup kokoh juga. Perbedaan yang cukup mencolok di keduanya yaitu baterai di N8 menyatu dengan bodi, tidak bisa dilepas. Makanya slot SIM card di N8 diletakkan di bodi luar. Sedangkan Satio, baterainya bisa dicopot. Perbedaan lainnya yaitu pada masukkan charger dan kabel data, N8 menggunakan port MicroUSB. Sedangkan Satio mengadopsi Pop Port, yang juga biasa digunakan di ponsel Sony Ericsson terdahulu.

Layar
Sama berdesain layar sentuh luas, namun layar sentuh N8 berkekuatan AMOLED 16,7 juta warna, berresolusi  640X360 pixels, berukuran 3,5 inchi dan berjenis Capacitive. Sebenarnya Satio juga dibekali layar sentuh 16,7 juta warna 640X360 pixels, berukuran 3,5 inchi. Tapi teknologinya masih TFT dan jenisnya resistive, yang kalah peka dibandingkan capacitive jika disentuh jari, makanya Sony Ericsson Satio juga menyediakan stylush. Baik N8 maupun Satio sama-sama bersistem operasi Symbian. Tapi N8 sudah yang terbaru (Symbian^3), sedangkan Satio masih bersistem operasi Symbian S60 5th Edition. Tapi keduanya bisa mengaktifkan beberapa fitur sekaligus (multitasking) dan disuntikkan sensor gerak untuk autorotate.

Kamera
Kamera 12 megapixels di N8 berlensa Carl Zeis optics. Didukung fasilitas : Autofocus, Xenon Flash, Quality, Location, Close Up, Landscape, Sport, Night, Face Detection, Self Timer, Color Tone, White Balance, Exposure, ISO, Contrast, Sharpness, Digital Zoom dan Photo Editor. Bisa juga merekam video berresolusi 720f HD (high definition) dengan daya tangkap 25 fps. Juga dilengkapi Video Stabilisation dan Video Editor. N8 juga dilengkapi kamera sekunder berdaya VGA (640 x 480 pixels) untuk video call, memotret dan merekam video.

Kamera 12 megapixels di Satio ditemani fasilitas Autofocus, Touch Focus, Smile Detection, Face Detection, Best Pic, Panorama, Image Stabilizer, Xenon Flash, Digital Zoom, Photo Fix, Red Eye Reduction, Geo Tagging, Photo Editor, dan Video Editor. Tapi kamera ini hanya sanggup merekam video berresolusi 640 x 480 piksel (VGA), berformat MP4 dan berdaya tangkap 30 fps. Juga disediakan kamera sekunder untuk video call.

Adu HP: Pembuktian Kamera SE Satio vs Nokia N8
Internet
N8 dan Satio sama-sama mendukung jalur akses internet GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, WiFi. Browser keduanya mendukung Flash, dan bisa membuka beberapa situs sekaligus. Juga bisa untuk akses berbagai akun email, dan bisa diupdate tiap selang waktu tertentu. Browser di N8 bisa di-Zoom In/Out dengan ‘mencubit’ (pinch)  layar atau double tap. Sedangkan browser di Satio secara Pan & Zoom. N8 menyediakan fitur ‘Social Networking’ untuk membuka Facebook dan Twitter dalam satu tampilan. Satio menyediakan juga Facebook. Jika merasa kurang dengan fitur/aplikasi/konten yang ada, keduanya menyedia toko online. N8 dinamakan Ovi Strore, sedangkan Satio berupa PlayNow.

Hiburan
Fitur hiburan yang disediakan di N8 antara lain Music Player, Video Player dan FM radio. Juga ada FM transmiter untuk mendengarkan lagu yang diputar di ponsel pada speaker Radio Tape via frekuensi radio.  Selain itu ada WebTV untuk menonton TV online. N8 juga disuntikkan Dolby Digital Plus Surround. Juga menyediakan Come With Music, untuk mendownload 4 juta lagu . N8 juga menyematkan port HDMI  (High-Definition Multimedia Interface) untuk menghubungkan ke TV. Tidak ketinggalan lubang Jack 3,5 mm headset. Satio menyediakan Music Player, Video Player, Radio dan TrackID. Satio disematkan port TV Out biasa, dan untuk headset menggunakan Pop Port.

GPS & Maps
N8 dan Satio  sama-sama sudah ditanam GPS Receiver yang dibantu peta digital. Di dalamnya ada berbagai fasilitas, seperti mencari lokasi, menunjukkan rute jalan, dan lainnya. Bedanya peta digital di N8 berupa Ovi Maps, sedangkan Satio  menggunakan Google Maps. Selain itu Satio juga dilengkapi dengan aplikasi navigasi jalan berupa WisePilot Navigator.

Adu HP: Pembuktian Kamera SE Satio vs Nokia N8

Mobile Office
Fitur perkantoran yang dibawa N8, yaitu Quick Office untuk ‘mengolah’ file Word, Excel dan Power Point. Tapi sebatas membuka file Office. Agar bisa mengedit dan membuat file Office baru, maka harus membeli versi full-nya. Satio juga menyiapkan QuickOffice, yang ternyata bisa untuk membuka, mengedit, membuat file baru Microsoft Word/Excel/Power Point. Keduanya juga dilengkapi Adobe PDF Reader, Dictionary dan Zip.

Memori
Untuk menyimpan berbagai file, N8 dibekali memori internal berkapasitas 16 GB. Plus memori eksternal Micro SD yang mendukung hingga 32 GB. Satio berkapasitas memori internal 128 MB. Juga dilengkapi slot MicroSD yang dalam paket penjualannya disertakan 8 GB. Slot MicroSD mendukung hingga 32 GB.

Kesimpulan :
Bisa dikatakan kedua ponsel ini membawa fitur yang kurang lebih sama lengkapnya, kekuatannya pun terbilang tinggi. Namun Nokia N8 memiliki kemampuan yang agak lebih menonjol dibandingkan Sony Ericsson Satio. Dan ini dinilai cukup wajar mengingat Nokia N8 keluaran baru. Apalagi harga keduanya juga berbeda Nokia N8 dibandrol seharga Rp 4.950.000, sedangkan Sony Ericsson Satio berharga Rp 4.025.000.

review via [pilihponsel.com]

Note: ulasan ini tidak dibuat oleh [review1st.com]

Komentar Anda

Tentang Penulis

menulis 537 artikel di website ini.

Fans berat gadget dan smartphone email: portal.review1st@gmail.com twitter: @review1st

Copyright © 2014 review1st.com. All rights reserved.