Review Axioo PicoPad: Tablet Android Kreasi Anak Negeri

Review Axioo PicoPad: Tablet Android Kreasi Anak NegeriTak mau ketinggalan kereta, Axioo yang merupakan vendor asli Indonesia menyusul CSL BlueBerry untuk meramaikan pasar tablet 7 inci. Tablet bernama lengkap Axioo PICOpad ini diklaim dapat memberikan sensasi berbeda akan produktivitas dan hiburan dengan koneksi yang komplit. Benarkah?

Desain
Dilihat dari segi fisik, terlihat sama dengan tablet besutan CSL BlueBerry bernama CSL Handroid MI700. Mungkin hal tersebut dikarenakan mereka memiliki pabrik yang sama. Kami nilai desainnya cukup solid sehingga nyaman untuk dibawa kemanapun. Kontruksi bodinya dibalut stainless steel sehingga tampak tangguh dan eksklusif. Banyak yang berpendapat, sentuhan lengkung di keempat sisinya mirip iPhone 4. Memberikan kesan elegan dan tidak murahan!

Bagian atasnya berjajar tombol volume, slot memori SD, dan slot kartu sim yang tertutup rapi oleh pelindung. Sementara speaker diletakan di sektor kiri dan kanan atas tablet. Sedangkan tombol power disisipkan disebelah kiri, bersamaan dengan speaker kiri. Menoleh ke bawah, terdapat port audio 3.5 mm yang berdekatan dengan slot mini usb.

PICOpad membenamkan layar sentuh seluas 7 inci (800×480 piksel), dengan kedalaman warna 16M colors. Dirasa cukup pas mengakomodir keperluan Anda. Pancaran warna layar terlihat cerah di dalam ruangan, tetapi ketika terkena sinar matahari langsung, layarnya gelap dan nyaris tak terlihat.

Meski begitu layarnya memiliki kemampuan multitouch yang dapat merespon lebih dari 1 sentuhan. Namun saat dicoba, kemampuan multitouch-nya tak secanggih Samsung Galaxy Tab yang sanggup merespons hingga 4 sentuhan secara bersamaan. Layar Axioo PICOpad hanya sanggup merespon 2 sentuhan secara bersamaan.

Multimedia
Mobile Internet Device (MID) ini dilengkapi kamera depan dan belakang. Kamera depan masih beresolusi VGA yang dapat berfungsi sebagai video call. Sedangkan kamera belakang berkekuatan 3.2 megapiksel dengan autofocus. Hasil jepretan cukup memuaskan jika dalam kondisi pencahayaan yang cukup.

Namun, di tempat minim cahaya, hasilnya masih dipenuhi noise. Maklum, fasilitas kamera pada tablet ini tidak dilengkapi dengan lampu flash. Meski demikian, kedua kameranya memungkinkan Anda mengambil gambar dan video dengan kualitas yang cukup baik. Hiburan yang lebih mengasyikan adalah saat mendengarkan musik dan menonton video, karena output audio stereo yang dikeluarkan cukup mumpuni.

Konektivitas
Untuk koneksi tak diragukan lagi. Hampir semua ada di tablet ini. Ada HSDPA yang dapat mencapai kecepatan 7.2 Mbps atau setara dengan 3,5G serta WCDMA yang merupakan koneksi 3G. Tersedia pula koneksi internet berstandar WiFi. Sementara untuk koneksi wireless jarak dekat tersedia bluetooth BT2.1 + EDR.

Untuk koneksi dengan satelit, tersedia GPS dan A-GPS (Assisted-GPS). Untuk browser, PICOpad mengandalkan browser bawaan Android, dolphin browser. Performanya terbilang cukup baik untuk mengakses berbagai situs. Apalagi device ini sudah mendukung pinch to zoom yang cukup responsif.

Selain itu, browsernya juga sudah mendukung flash player, namun hanya flash yang hanya bisa mendeteksi banner-banner iklan (tak mampu membuka siaran TV online). Untuk meningkatkan kemampuan browser, Anda bisa mengunduh Dolphin browser HD dari market. Browser tersebut telah mendukung multi tab, sehingga Anda bisa membuka banyak situs secara bersamaan.

Koneksi lain, tersedia headset bluetooth. Aksesori ini sangat membantu Anda untuk bertelepon. Headset bluetooth juga sudah disertai dengan charger khusus untuk headset. Dan tentu saja tersedia juga aksesori-aksesori standar lainnya seperti headset, kabel data, travel charger, dan memori microSD.

Aksesoris Bawaan
Sang vendor menyediakan berbagai macam aksesori dalam paket penjualan. Sebagai produk tablet serba bisa, Axioo PICOpad disertai dengan berbagai tambahan aksesoris untuk menjaga produk ini tetap awet dan juga untuk memaksimalkan kemampuan serta memudahkan dalam penggunaannya.

Tersedia pula leather case sebagai pemanis sekaligus pelindung perangkat ketika sedang digunakan. Ditambah screen protector, semacam kain lap mungil nan halus untuk membersihkan permukaan layar dari debu-debu yang menempel.

Harga yang ditawarkan relatif murah, bersaing dengan tablet lokal lainnya. Apalagi untuk brand lokal sekelas Axioo, tablet ini patut Anda miliki. Paket penjualannya pun sangat lengkap, disediakan leather case, Bluetooth headset, dan screen protector. Layar seluas 7 inci-nya pun sangat nyaman digunakan.

Sayang, dari segi desain dan fitur produk, tak ubahnya CSL Handroid MI700 yang diberi label Axioo. Seharusnya, vendor sekelas Axioo mampu merancang desain sendiri. Flash player-nya pun dinilai kurang mumpuni.

Meskipun sudah ditingkatkan dengan menggunakan dolphin browser HD, tetap saja tidak berjalan dengan baik ketika membuka banyak tab. Kecepatan prosesor juga masih kurang cepat dibandingkan Dell Streak maupun Samsung Galaxy Tab.

Editor review
Overall rating:8.0
Design:8.0
Features: 8.0
Performance: 8.0
Value: 8.0

PRODUCT INFO

Brand Axioo
Model PICOpad
Price IDR 3.999.000,00

GENERAL

2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G Network HSDPA 900 / 1900 / 2100

SIZE

Dimensions 179.4 x 110 x 11.5 mm
Weight 375 gr

DISPLAY

Type TFT capacitive touchscreen
Resolution 800 x 480 pixels
Diagonal 7 inchi
Color Depth 16 M colors
Others - Accelerometer sensor for UI auto-rotate
- Ambient light sensor

SOUND

Ringtone AAC • MP3
Others - Built-in microphone & loudspeaker
- 3.5 mm audio jack
- Advance Eco Concellation for phone

MEMORY

Internal 512 MB, 512 MB DDR RAM
External microSD up to 32 GB

DATA TRANSFER

GPRS Class 12
EDGE Class 12
3G HSDPA, 7.2 Mbps
Bluetooth v2.1 with EDR
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g
USB Yes, v20 microUSB

CAMERA

Primary 3.15 MP, 2048×1536 pixels
Features Auto Focus
Secondary VGA, 640×480 pixels
Others - Video playback

OTHER FEATURES

OS Android OS, v2.2 (Froyo)
Processor Qualcomm MSM7227 600MHz
Messaging SMS • MMS • Instant Messaging • E-mail • Push E-mail
Browser HTML
GPS Yes, with A-GPS
Platform Support Java
Multimedia Music Player • Video Player • Flash Player
Others - Android Market
- Google Map
- Google Calender
- Gmail
- Set-up Wizard
- YouTube
- Google Street View
- Contact Sync
- Google Talk
- Google Top Search
- Google Voice Search

BATTERY

Capacity 3240 mAh
Standby Time 550 Hours

via [mediatren.com]

Bagikan Dengan Teman:

Komentar Anda

Tentang Penulis

menulis 528 artikel di website ini.

Fans berat gadget dan smartphone email: portal.review1st@gmail.com twitter: @review1st

Copyright © 2014 review 1st. All rights reserved.