Blackberry Onyx 2 Review: Versi Update Dengan OS 6.0 dan Kamera 5 MP

Blackberry Onyx 2 Review: Versi Update Dengan OS 6.0 dan Kamera 5 MPBlackberry Onyx 2 atau Blackberry Bold 9780 adalah penerus seri 9700 alias Onyx. Research in Motion (RIM) sengaja merilis smartphone ini sebagai penyempurna seri pertama itu. Anda tentu memaklumi jika keluarga Bold kerap diposisikan sebagai andalan dalam menggempur rival di segmen smartphone kelas atas. Jadi soal fitur termasuk lengkap dan mutakhir.

Memang ulasan kali ini sedikit terlambat, tapi tak jadi soal karena Blackberry Onyx 2 masih cukup pantas masuk review kami. Apalagi sampai sekarang ‘image’ Blackberry sebagai brand papan atas masih begitu menempel di benak pengguna ponsel tanah air. So, bagaimana performa dan kinerja smartphone ini, review1st memaparkannya untuk Anda.

First Impression | Kesan Pertama

Soal tampilan fisik, Blackberry Bold 9780 masih identik dengan versi pendahulunya (Onyx) bahkan nyaris tak ada perbedaaan berarti. Coba saja cermati struktur bodi, komposisi keypad dan panel navigasi (trackpad dan softkey), semuanya sama dan sukar dibedakan. Oh ya, Anda juga bisa membaca review Blackberry Onyx dalam postingan lalu.

Namun, kami juga tetap memperhatikan perbedaan yang dibenamkan ponsel ini. Antara lain sang vendor sudah menyisipkan kamera berkekuatan 5 megapiksel (versi sebelumnya hanya 3,2 megapiksel). Kami juga mendapati interface Blackberry Onyx 2 yang terlihat lebih segar dan interaktif berkat OS v6.0.

First Thing | Fitur Utama

OS & Prosesor: Versi 6.0 Membawa Penyegaran, Akselerasi memuaskan

Blackberry Onyx 2 menyiapkan diri dengan Blackberry OS 6.0. Anda bisa menjumpai banyak perubahan dari OS versi sebelumnya. Oh ya, sistem operasi ini sama dengan yang dibenamkan pada Blackberry 9800 Torch. Struktur antarmuka dan setting-nya cukup berbeda dengan OS versi lama.

Saat dicicipi langsung, Anda pengguna Blackberry dengan OS versi lama akan sedikit terpana dengan akeselerasinya. Terasa lebih bertenaga dan optimal, padahal urusan prosesor seri ini menawarkan clock speed 624 MHz yang sama dengan Blackberry Bold 9000 dan Blackberry 9700 Onyx.

Bahkan kombinasi prosesor dan OS ini mampu membuat baterai lebih irit ketimbang dua seri Bold lawas. Sayang, soal prosesor masih kalah dari rivalnya, di bawah Rp 3 jutaan, banyak smartphone yang sudah mengusung prosesor di atas 624 MHz.

Kamera: Lebih memuaskan dari Blackberry seri sebelumnya

Sektor kamera kerap jadi hal yang dicemaskan pengguna Blackberry. Namun, Onyx 2 bakal memuaskan Anda. Dengan kekuatan 5 megapiksel yang didukung LED flash, autofokus dan geotagging, ponsel ini jadi terasa berbeda. Hasil fotonya lebih bermutu dari Bold 9700 dan sekelas Torch 9800. dalam kondisi outdoor atau indoor hasilnya sama-sama lebih fokus dan natural.

Internet: Sudah Dijejali HSDPA 3,6 Mbps dan Wi-fi

Dengan dukungan browser versi terbaru (WebKit), Anda bisa menikmati jelajah internet lebih sempurna dalam Onyx 2. Paket layanan internet yang disuguhkan OS 6.0 ini terasa memuaskan ketimbang versi lawas. Tampilan browser halus dan nyaman, begitu juga dengan kehadiran Flash dan multi tab yang membuat pengalaman akses internet lebih kaya seperti di PC.

Jalur data bagaimana? Tenang saja, ponsel ini sudah ditunjang HSDPA dengan speed data maksimum mencapai 3.6 Mbps. Saat dijajal, kecepatan antara APN BlackBerry maupun operator (saat dalam kondisi jaringan optimal) hampir sama. Terlebih bekal Wi-fi siap menambah variasi layanan internet di Onyx 2.

Memori: Terbatas, jadi harus selektif memilih aplikasi yang hendak diinstal

Sektor ini masih sedikit mengecewakan. Meski sudah sedikit ada di atas Bold 9700 (Onyx) yakni dengan 512 RAM dan 245 MB storage, tapi masih kalah dari Bold 9000 yang sudah 1GB. Ini membuat aktifitas penyimpanan aplikasi jadi sedikit membuat gemas.

Anda harus pandai-pandai dalam menyematkan aplikasi supaya tak membuat kapasitas memori internal menipis sehingga membebani kinerja ponsel. Pokoknya, jangan sampai Blackberry Onyx 2 Anda lemot gara-gara kebanyakan aplikasi. Nah, buat memperbesar ruang penyimpanan data ada slot memori microSD dengan kapasitas hingga 32GB.

Blackberry Internet Service: Layanan Andalan nan Menjanjikan

Seperti biasa, layanan office dan perpesanan jadi nilai tambah utama Blackberry. Bagi pelanggan korporat Anda bisa menikmati BES (BlackBerry Enterprise Server). Dan, buat pelanggan umum, Anda bisa menikmati Blackberry Internet Service (BIS).

Beberapa fitur menarik antara lain Push Mail dimana Anda bisa menyematkan sampai 10 akun Email. Juga layanan messaging yang populer yakni BlackBerry Messenger (BBM) termasuk client Instant messaging lain seperti Yahoo Messenger, Google, AOL, MSN dan ICQ. Tapi semua ini hanya bisa dinikmati jika Anda berlanggan paket layanan Blackberry.

First Touch | Sentuhan Pertama

Kali pertama kami membuka menu Onyx 2, terlihat beberapa perbedaan interface dari OS versi sebelumnya. Menu bisa dibuka dari tombol khas Blackberry atau lewat area drop down atau menekan tanda panah di sisi bawah panel home screen. Menu utamanya pun terbagi dalam beberapa panel geser berisi fitur utama berdasarkan kategori.

Saat menjelajahi menu, ditemukan fasilitas untuk memantau penggunaan sistem operasi serta memori tanpa perlu kode khusus (kombinasi keyboard). Sangat memudahkan dalam menyortir aplikasi yang diperlukan atau tidak.

Di area multimedia, vendor menyematkan pemutar musik khas Blackberry dengan sinkronisasi media player PC seperti Windows Media Player atau iTune. Speaker-nya mampu memancarkan suara dengan keras tapi tetap empuk di telinga. Musik bisa dinikmati juga via jack audio 3.5 mm atau Bluetooth headset stereo yang support profile A2DP. Onyx 2 dibekali pula dengan Podcast dan Slacker Radio.

Nah, Anda bisa mentransfer file lewat Bluetooth atau port microUSB. Untuk urusan perkantoran sudah tersedia aplikasi editor file-file dokumen (Word, Excel dan Powerpoint) yakni DataViz Office To Go versi trial (untuk editor) dan free (untuk viewer), termasuk PDF viewer. Ponsel ini didukung juga layanan jejaring sosial dan GPS terintergasi plus Blackberry Maps. Ingin menambah aplikasi? Tinggal akses BlackBerry Applications World.

Smartphone ini cukup layak dimiliki bagi Anda pebisnis ulung. fitur BIS, push mail dan akses internet yang cukup stabil sangat membantu meski resikonya harus berlangganan paket Blackberry. Sayang, di sektor multimedia, banyak smartphone lain dengan harga di bawahnya sudah memiliki fitur lebih mutakhir dan kaya variasi.

Kelebihan: OS v6.0, BIS, pushmail, GPS, WiFi, HSDPA, Divx player, kamera 5 MP.
Kekurangan: Memori internal kecil, prosesor masih 624 MHz, harus berlangganan paket Blackberry

Spesifikasi Blackberry Bold 9780 aka Onyx 2:

Jaringan : GSM (850/900/1800/1900 MHz); Sistem Operasi : BlackBerry OS 6.0; Dimensi : 114 x 66 x 15 mm; Berat : 136 gram; Layar : TFT 2,4 inchi, 480 x 360 pixels; Memori Internal : 512 MB RAM; Memori Eksternal : micro SD hingga 32 GB, 2 GB included; Internet : GPRS, EDGE, HSDPA (max 10,2 Mbps), HSUPA (max. 2 mbps), WiFi; Koneksi : Bluetooth, kabel data microUSB; Kamera Utama : 5 Megapixels  (2592 x 1944 pixels); Video recorder:  Vga (640 x 480 pixels); Musik : MP3, AMR-NB, AAC-LC, AAC+, eAAC+, WMA, WMV, Flac, Ogg Vorbis; Fitur Lainnya : jack 3,5 mm, FaceBook, Twitter, BlackBerry Messenger, My Space, Social feeds, GPS, Application World, Yahoo Messenger, Google Talk, Office To Go, dl; Baterai : Lithium Ion 1.500 mAh

Komentar Anda

Tentang Penulis

menulis 538 artikel di website ini.

Fans berat gadget dan smartphone email: portal.review1st@gmail.com twitter: @review1st

Copyright © 2014 review1st.com. All rights reserved.