Jual iPad Di Kaskus, Dian dan Rendy Dibekuk Polisi

Jual iPad Di Kaskus, Dian dan Rendy Dibekuk PolisiMalang nasib Dian (42 tahun) dan Randy (29 tahun) keduanya dibekuk polisi gara-gara menjual dua unit iPad di situs jual beli www.kaskus.com. Kedua pria lulusan Insitut Teknologi Bandung (ITB) tersebut ditahan sejak Mei 2011.

Seperti dikutip dari tempointeraktif.com, kasus yang menimpa Dian dan Randy bermula saat keduanya menjual dua buah iPad 3G Wi-Fi 64 GB yang mereka beli saat berlibur di Singapura melalui situs jual-beli www.kaskus.com. Seorang aparat kepolisian bernama Eben Patar Opsunggu kemudian menyamar sebagai pembeli hingga terjadi transaksi di City Walk, Tanah Abang, pada 24 November 2010 lalu.

Saat itu mereka ditangkap, tapi penahanan baru dilakukan kemudian saat berkas dilimpahkan ke kejaksaan. Kasus itu kini tengah disidangkan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Persidangan telah masuk tahap pembuktian.

Keduanya didakwa telah melanggar Pasal 62 ayat 1 juncto pasal 8 ayat 1 huruf J Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen karena dalam peralatan yang mereka jual tidak ada buku manual berbahasa Indonesia.

Mereka juga dijerat Pasal 52 juncto pasal 32 ayat 1 Undang-Undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi karena iPad belum terkategori sebagai alat elektronik resmi di Indonesia. Ancaman hukuman seluruh pasal tersebut mencapai 5 tahun penjara.

Namun, banyak kalangan menilai jerat pasal-pasal tersebut janggal. Sebab, kendati belum termasuk secara resmi sebagai alat elektronik oleh Dirjen Pos dan Telekomunikasi, komputer tablet ini telah digunakan secara luas di Indonesia.

Bahkan, dalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 1999 menggunakan peranti yang belum terklasifikasi pun dapat dipidana. Jika undang-undang itu digunakan secara saklek, Presiden SBY (yang pernah menggunakan iPad saat berpidato) pun seharusnya dapat dijerat. Nah lho?

Komentar Anda

Tentang Penulis

menulis 531 artikel di website ini.

Fans berat gadget dan smartphone email: portal.review1st@gmail.com twitter: @review1st

Copyright © 2014 review 1st. All rights reserved.