Avanza-Xenia Ajrut-ajrutan, Nih Solusinya!

Avanza Xenia Ajrut ajrutan, Nih Solusinya!Kelemahan kaki-kaki pada Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia terletak pada per ulir belakang yang terlalu renggang. Inilah yang membuat mobil keluarga paling laris di Indonesia tersebut terasa kaku dan keras saat melewati jalanan tidak rata. “Idealnya jarak ulir per belakang lebih rapat sekitar 2-3 cm, sedangkan punya Avanza-Xenia sekitar 5 cm. Solusinya mengganti dengan per copotan mobil lain yang di custom,” papar Iqbal dari bengkel spesialis kaki-kaki Utama Jaya Shock, BSD Autopart, Tangerang.

Per copotan yang dimaksud adalah kepunyaan BMW 320 seharga Rp 1,2 juta atau milik Toyota Great Corolla dengan harga yang lebih terjangkau yaitu Rp 800 ribu. Agar seimbang, sebaiknya ganti juga per depan dengan menggunakan copotan serupa mobil diatas dengan harga yang sama pula. “Jika satu paket ganti per depan dan belakang harganya jadi Rp 1,5 juta saja, termasuk ongkos pasang dengan pengerjaan cepat sekitar 1,5 jam karena tidak usah membongkar ban belakang,” imbuh Iqbal.

Avanza Xenia Ajrut ajrutan, Nih Solusinya!

 

 

 

 

 

 

Avanza Xenia Ajrut ajrutan, Nih Solusinya!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pria ramah ini menambahkan jika ingin lebih maksimal lagi, ganti sokbreker bawaan pabrik yang masih menggunakan oli dengan sistem semi-gas. Kelemahan sokbreker oli bersifat single action sehingga tarikan keatas lebih keras. Sedangkan sistem sokbreker semi-gas bersifat double action yang membuat tarikan kebawah maupun keatas cukup lembut. Untuk sokbreker copotan bermerek Kayaba dibanderol Rp 750 ribu (depan) dan Rp 400 ribu (belakang). “Kalau Kayaba Ultra baru harganya Rp 1,2 juta untuk sokbreker depan dan Rp 450 ribu bagian belakang,” tutup Iqbal.
m.lulut@gmail.com

Komentar Anda

Tentang Penulis

menulis 1400 artikel di website ini.

Penggemar otomotif, hobi test drive dan test ride. Kontak Email: m.lulut@gmail.com

Copyright © 2014 review1st.com. All rights reserved.