Test Ride : Piaggio Liberty

Test Ride : Piaggio LibertyBertempat di Sentul City, PT. Piaggio Indonesia mengundang redaksi untuk mencoba produk-produk Piaggio seperti Zip 100, Vespa LX 125, Vespa LX 150 dan Piaggio Liberty. Model yang disebut terakhirlah yang diincar redaksi karena memiliki desain yang sangat modern dan sudah berteknologi injeksi. Skutik yang dilepas seharga Rp 22,5 juta ini menurut redaksi memiliki tampilan paling sporty dan sudah mengaplikasikan velg besar berukuran 15 inci. Sementara produk Piaggio lainnya menggunakan velg 10 inci.

Sosok Liberty sangatlah modern dan mencirikan cita rasa Italia. Tak ada kesan kaku dan klasik pada model ini. Lekukan desain bodinya cukup atraktif dan terlihat elegan dan mewah. Piaggio secara pintar memadukan lampu utama di setang yang berkukuran besar dan lampu sein pada bodi depannya. Begitu pula di bagian belakang, bentuk lampu rem, spakbor dan besi melingkar berkesan futuristik serta bergaya.

Saat duduk di jok yang cukup lebar untuk dua orang, posisi kaki bisa mendarat dengan sempurna ke tanah. Starter elektrik kemudian dinyalakan dan mendapatkan mesin Liberty cukup senyap saat kondisi idle. Secara perlahan, gas dipelintir dan skutik yang cukup bongsor ini berjalan di aspal mulus perumahan Sentul City.

Dek bawah sebagai pijakan kaki pengendara terasa lapang dan tidak licin. Untuk pembonceng, terdapat pijakan kaki khusus yang bisa dilipat sehingga menyatu dengan desain body samping Liberty. Pandangan kemudian dialihkan ke speedometer. Memang tidak berkonsep digital, karena informasi kecepatan hingga kondisi bahan bakar masih menggunakan manual, tetapi panelnya mudah terlihat.

Saat menarik gas lebih dalam, mesin berkapasitas 150 cc bersistem injeksi memberikan perlawanan berarti. Sangat terasa responsifitasnya dari skutik bertenaga 8,6 kW dan bertorsi 11,2 Nm ini. Sayangnya, karena pengujian dilakukan di kawasan perumahan, maka performanya tidak bisa dimaksimalkan, dan redaksi hanya bisa mencapai 80 km/jam saja dengan stabil.

Suspensi teleskopis hidrolik di depan dan monoshock di belakang bekerja sempurna di setiap tikungan. Pengendaliannya terasa mantap dan stabil di kecepatan tinggi. Begitu pula saat Liberty diarahkan ke jalan bergelombang dan berlobang, ayunannya terasa cukup lembut. Apalagi ditunjang dengan velg 15 inci yang dibalut ban berukuran 80/90 di depan dan 100/80 di belakang, merebah ditikungan menjadi lebih percaya diri. Oh iya, suspensi belakang ini bisa diatur ketinggiannya dengan 4 settingan.

Test Ride : Piaggio Liberty

Liberty dilengkapi rem cakram di belakang dan tromol di belakang. Terdapat bagasi luas dibawah joknya yang bisa memuat helm half face. Laci penyimpanan juga tersedia di bagian depan, tepatnya di bawah setang yang bisa dikunci untuk keamanan. Keistimewaan lainnya, kapasitas tangki bahan bakarnya mencapai 7 liter sehingga cocok digunakan untuk perjalanan jauh.

Untuk produk asal Italia, Piaggio Liberty dibanderol cukup murah yaitu Rp 22,5 juta. Liberty bermain sendirian di pasar skutik 150 cc, pasalnya Honda memiliki skutik premium yaitu PCX berkapasitas 125 cc namun harganya mencapai Rp 32 juta. Diiimpor secara utuh dari Vietnam, kualitas dan gengsi Liberty maupun produk Piaggio lainnya sudah tidak diragukan lagi. Inilah motor premium alternatif baru bagi eksekutif muda yang ingin tampil beda.
m.lulut@gmail.com

Komentar Anda

Tentang Penulis

menulis 1271 artikel di website ini.

Penggemar otomotif, hobi test drive dan test ride. Kontak Email: m.lulut@gmail.com

Copyright © 2014 review1st.com. All rights reserved.