Fantastis, Konsumsi BBM Ford Fiesta 20 km/liter

Fantastis, Konsumsi BBM Ford Fiesta 20 km/literSebuah konsep uji irit digulirkan PT. Ford Motor Indonesia untuk mengetahui sejauh mana efisiensi dari produk terbarunya yaitu Ford Fiesta. Ford menyatakan adalah salah besar jika pandangan selama ini yang menyatakan bahwa mobil-mobil asal Amerika identik dengan peminum yang haus alias boros. Terbukti dari hasil lomba irit dengan rute Jakarta-Semarang, Fiesta mencatatkan angka 1 : 20,341. Sebuah pencapaian yang cukup luar biasa untuk mobil dengan mesin 1.600 cc.

Pengujian ini bukan asal-asalan, karena melibatkan 10 jurnalis media otomotif nasional, termasuk redaksi www.review1st.com dan diawasi langsung oleh auditor independent dari Sucofindo. Dipilihnya rute Jakarta-Semarang karena Ford ingin pengujian bahan bakar ini dilakukan sesuai kondisi jalan yang sebenarnya seperti melewati jalan bebas hambatan maupun kemacetan akibat pasar tumpah di daerah Pantura pada 6-7 Oktober 2011.

Konsep pengujian konsumsi BBM sendiri menggunakan metode fuel-to-fuel. Artinya Fiesta sebelumnya diisi bahan bakar secara penuh dan tripmeter di angka 0. “Pengisian dilakukan sampai tuas BBM tidak mengalir lagi ke tangki Fiesta. Setelah itu penutup tangkinya disegel serta pengisian angin disamaratakan dan disegel pula. Agar lebih objektif lagi, kami meminta Ford untuk menyiapkan unit Fiesta yang benar-benar baru,” ujar Elfian Beta Jalesvevanto, perwakilan Sucofindo.

Penyegelan juga dilakukan pada kontrol pendingin atau AC agar tidak bisa diutak-atik oleh para 10 jurnalis yang menaiki 5 unit Ford Fiesta 1.6L AT Sport. Syarat lainnya adalah kecepatan rata-rata harus diatas dari 45 km/jam. Perjalanan yang menempuh jarak sekitar 500 km ini kemudian bahan bakarnya diisi kembali dengan metode yang sama ketika sampai di Semarang.

Dari pengujian tersebut kemudian diperoleh angka 20,341 km/liter yang diperoleh dari jarak dibagi jumlah BBM yang terpakai. Raihan tersebut dicapai oleh rekan jurnalis dari majalah Topgear dan Autocar dengan Fiesta unit 4. “Terbukti meskipun kapasitasnya cukup besar 1.600 cc namun Fiesta sangat irit karena telah dilengkapi teknologi canggih dan mesin efisien seperti penggunaan transmisi 6-speed Powershift dengan kopling ganda atau dual clutch,” tutur Bagus Susanto, Managing Director FMI.

Dengan demikian, Bagus menambahkan Ford Fiesta merupakan mobil yang tepat bagi mereka yang menginginkan performa tinggi namun dengan konsumsi bahan bakar irit seperti mobil dengan kapasitas dibawahnya. Mesinnya 1.600 cc Duratec DOHC, Ti-VCT 16-valve yang mempunyai tenaga 120 hp pada 6.000 rpm dan torsi 152 Nm pada 4.050 rpm dengan harga Rp 221 juta.

Fitur-fitur yang disematkan adalah Voice Command yang mampu memberi perintah melalui suara, Bluetooth, USB dan Aux di piranti hiburan serta ABS, EBD, Traction Control, EPAS dan Dual Airbag sebagai piranti keamanan alias safety. “Perlu dicatat juga Ford Fiesta merupakan mobil pertama dikelasnya yang sudah mengalikasikan teknologi ESP (elcectronic stability program),” imbuh Bagus.

Fantastis, Konsumsi BBM Ford Fiesta 20 km/liter

Fantastis, Konsumsi BBM Ford Fiesta 20 km/liter

Lalu bagaimana dengan pencapaian redaksi www.review1st.com. Sayangnya saat mengisi kembali tangki BBM yang diisi redaksi dan jurnalis majalah Motortrend, petugas SPBU ceroboh dengan mengisi terus tangki BBM hingga tumpah atau luber kemana-mana. Hal ini tentu berpengaruh pada jumlah BBM yang dipakai menjadi lebih banyak. Alhasil catatan redaksi hanya 14,707 km/liter. Padahal redaksi sudah semaksimal mungkin menerapkan metode pengendaraan yang ekonomis seperti menjaga rpm antara 1.500 – 2.000, tidak menginjak pedal gas dalam-dalam, tidak mengerem mendadak dan tidak agresif.
m.lulut@gmail.com

Komentar Anda

Tentang Penulis

menulis 1301 artikel di website ini.

Penggemar otomotif, hobi test drive dan test ride. Kontak Email: m.lulut@gmail.com

Copyright © 2014 review1st.com. All rights reserved.