Desain dan Mesin Baru SUV New Chevy Captiva Diesel

Desain dan Mesin Baru SUV New Chevy Captiva DieselSetelah meluncurkan New Chevrolet Captiva berbahan bakar bensin beberapa waktu lalu, General Motors Indonesia (GMI) lantas memperkenalkan varian diesel dengan desain eksterior dan interior yang sama dengan versi bensin. Mesin diesel yang digunakan merupakan pengembangan baru, berkapasitas 2.0 dengan teknologi terkini yang membuatnya makin bertenaga, irit dan responsive. Harga yang ditawarkan yaitu Rp 355 juta atau ada kenaikan sekitar 10 juta dari versi lama. Khusus untuk warna putih, harus tambah Rp 6 juta atau Rp 361 juta.

“Tidak ada target khusus untuk New Captiva Diesel ini, tapi akan tetap menjadi tulang punggung GM Indonesia. Selama tahun 2011, dari total penjualan Chevrolet sampai Oktober yang mencapai 2.691 unit, lebih dari setengahnya, yakni 1.996 unit merupakan hasil penjualan Captiva. Peluncuran ini juga terasa sangat istimewa karena bertepatan dengan 100 tahun Chevrolet di dunia,” Marcos Purty, President General Motors Indonesia saat peluncuran New Captiva Diesel di Proving Ground Bridgestone, Karawang 16 November 2011.

SUV 7-penumpang ini hadir dengan perubahan signifikan seperti desain baru pada grille yang lebih besar, lampu utama lebih modern, desain dashboard berkonsep dual cockpit layaknya pesawat terbang hingga fitur rem tangan yang kini menggunakan sistem electric. “Kami yakin mobil ini mampu memenuhi kebutuhan warga urban dan pecinta perjalanan antar kota di Indonesia dengan pertimbangan daya jelajah, keamanan dan daya angkut handal,” imbuh Purty.

Meskipun kapasitasnya tetap 2.0 liter, mesin diesel baru berimbuh turbo yang digunakan Captiva memiliki teknologi terbaru seperti konfigurasi DOHC dan penggunaan timing chain. Sedangkan Captiva diesel sebelumnya berkarakter SOHC dan menggunakan timing belt. “Teknologi DOHC membuat mesin lebih bertenaga dan piranti timing chain atau sering disebut rantai keteng menjadikan lebih tahan lama dibanding belt,” tutur Rico Lianggi, Service Manager GMI.

Rico menambahkan mesin turbodiesel 2.0 DOHC VGT, memiliki tenaga lebih besar yaitu 163 hp atau naik 9% dengan torsi 360 Nm atau naik 10% dibanding versi lama yang hanya 150 hp dan torsi 320 Nm. Rasio kompresi juga diturunkan menjadi 16.5:1, tekanan injeksi common rail dinaikkan menjadi 1.800 bar, fitur EGR Cooler yang membuatnya rendah emisi hingga meningkatkan sistem pendinginan dengan mode 3 kecepatan.

“Captiva diesel baru dibangun diatas chassis monoque yang artinya akan memberikan kenyamanan berkendara setara sedan. Mesin baru ini juga telah memenuhi kadar emisi gas buang Euro3,” imbuh Rico. Dengan standarisasi Euro3, New Captiva diesel ini tidak bisa jajan solar sembarangan. Pasalnya, solar biasa menurut Rico masih sedikit kotor dan memiliki kandungan aditif detergen untuk membersihkan ruang mesin yangcukup banyak. “Ini akan menyumbat injector dan mesin akan bermasalah dalam jangka panjang,” tukasnya.

Desain dan Mesin Baru SUV New Chevy Captiva Diesel

Solar yang direkomendasi GMI adalah Pertadex atau solar yang biasa dijual Shell, Petronas atau Total. Namun jika tidak ada, jenis Biosolar masih aman dikonsumsi new Captiva diesel. Sebenarnya solar masih bisa diminum, asalkan pemiliknya sering menguras tangki BBM untuk menghindari tersumbatnya injector.
m.lulut@gmail.com

Komentar Anda

Tentang Penulis

menulis 1330 artikel di website ini.

Penggemar otomotif, hobi test drive dan test ride. Kontak Email: m.lulut@gmail.com

Copyright © 2014 review1st.com. All rights reserved.