Toyota All-New Avanza Veloz Test Drive (II)

Toyota All New Avanza Veloz Test Drive (II)Sesi 2 test drive bersama All-new Toyota Avanza Veloz di Padang, digunakan sekaligus sebagai tamasya para jurnalis karena mengunjungi berbagai kebudayaan dan obyek wisata di ranah minang. Kota yang kerap disebut Minangkabau ini menawarkan pesona alam yang indah, budaya dan rumah yang khas, serta tentunya kelezatan masakan Padang.

Peranan All-new Avanza juga sangat sentral karena tidak hanya sebagai alat transportasi semata, namun bisa menjadi teman setia melalui fitur-fiturnya yang menawan.

Obyek wisata pertama yang dikunjungi bersama Avanza Veloz adalah Lembah Harau, sebuah ngarai di Payakumbuh, kabupaten Limapuluh Koto. Lembah Harau termasuk kawasan nasional cagar alam dan suaka margasatwa sejak 1993 seluas 270 hektar. Tebing-tebing terjal dengan kemiringan hampir 90 derajat dengan ketinggian hingga 200 meter tersebut, sangat indah dan kondisi alamnya terjaga. Klimaks dari Lembah Harau adalah air terjun yang jernih dan sejuk dari atap tebing.

Rasanya belum ke Padang jika belum melihat Jam Gadang yang sangat terkenal. Terletak di Bukittingi, menara jam ini dibangun pada 1926 oleh arsitek Yazid Sultan Gigi Ameh atas perintah Ratu Belanda untuk hadiah Rook maker, seorang sekretaris kota Bukittinggi di masa pemerintahan Hindia Belanda. Perjalanan kemudian berlanjut ke kota Padang Panjang untuk mengunjungi museum Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau.

Sepanjang perjalanan, berada di kabin Avanza Veloz serasa nyaman. Desain interior baru yang lebih dinamis dan sporty serta panel meter modern, membuat penumpang merasa lebih percaya diri. Panel meter tersebut memadukan sistem digital tripmeter, shift indicator jam dan analog tachometer. Pada fitur Multi Information Display (MID), dilengkapi dengan mode Range, Avg, konsumsi bahan bakar secara aktual serta jarak tempuh kendaraan. Hebatnya lagi, Avanza Veloz sudah dilengkapi kontrol audio di setir, sehingga seperti mobil mewah saja.

Mampir di pusat kebudayaan Minangkabau, terdapat berbagai artikel maupun foto-foto masa lampau mengenai kebudayaan Minangkabau. Medianya mulai dari buku-buku, foto maupun microfilm. Games bernuansa padang yaitu lomba memakai pakaian adat Padang, membuat perjalanan kian seru dan menyenangkan. Selepas menengok sejarah Minangkabau, Avanza generasi kedua ini menuju pusat keramaian, tepatnya di pusat oleh-oleh makanan khas bernama Christine Hakim dan toko Silungkang, sebuah toko yang menjual bergam pernak-pernik dan souvenir.

Menyusuri kota Padang menggunakan Avanza terbaru terbukti sangat menyenangkan. Apalagi kini pergerakan lingkar kemudinya lebih presisi dan tidak terlalu ringan maupun terlalu berkat, karena sistem kemudinya berbeda dengan Avanza sebelumnya. Hal ini berkat pengaplikasian Electric Power Steering (EPS) yang menggantikan sistem hidrolik. Fitur ini dipercaya membuat perjalanan makin nyaman dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

All-new Toyota Avanza juga sekarang semua variannya telah dilengkapi Double Blowe AC untuk menciptakan kesejukan yang lebih optimal sampai bangku belakang. Sedangkan bagi penyuka musik, Avanza baru kini telah memiliki penghubung atau USB hub untuk memudahkan koneksi ke gadget atau pemutar musik digital milik penumpang.
m.lulut@gmail.com

Komentar Anda

Tentang Penulis

menulis 1226 artikel di website ini.

Penggemar otomotif, hobi test drive dan test ride. Kontak Email: m.lulut@gmail.com

Copyright © 2014 review1st.com. All rights reserved.