Jika Darurat, VW New Caravelle dan Touareg Bisa Minum Solar Biasa

Jika Darurat, VW New Caravelle dan Touareg Bisa Minum Solar BiasaPT Garuda Mataram Motor (GMM), Agen Pemegang Merek (APM) Volkswagen di Indonesia secara resmi meluncurkan varian facelift dari Caravelle dan Touareg di Amarone Café, Kemang Jakarta 11 April 2012. MPV dan SUV mewah terbaru bermesin diesel ini disebutkan akan mampu memenuhi kebutuhan kalangan pebisnis akan mobil berpeforma tinggi dan kenyamanan. Di Eropa, kedua produk ini berspesifikasi Euro4, namun khusus untuk Indonesia dibuat Euro3. Jadi meskipun tidak disarankan, new Caravelle dan Touareg bisa minum solar biasa.

“Idealnya new Caravelle dan Touareg ini menggunakan solar Pertadex atau solar milik Shell dan Total. Namun jika dalam keadaan darurat, solar biasa juga bisa,” ujar Andrew Nasuri, President & CEO GMM. Andrew menambahkan, new Caravelle terdiri dari dua model yaitu Short dan Long dengan harga Rp 998 juta dan Rp 1,098 milyar. Sedangkan new Touareg dipatok Rp 1,2 milyar. “Semuanya off the road,” imbuh Andrew.

Jika keseringan meminum solar biasa dijelaskan Eko Yulianto, Technical & Training Manager GMM, dikhawatirkan akan merusak mesin. Selain itu, performa kedua mobil tersebut juga akan menurun. “Solar biasa memiliki kadar sulfur sangat tinggi, sehingga pembakaran tidak akan sempurna dan itu bisa menyebabkan kerusakan pada mesin yang disebabkan sisa karbon yang tidak terbakar sempurna,” ucap Eko.
 
Pihak GMM mengaku, Indonesia mendapat kuota yang terbatas dalam pengirimannya dari Jerman. Untuk new Caravelle disebutkan mendapat jatah 50 unit untuk versi Long Wheel Base (LWB) dan 50 unit untuk Short Wheel Base (SWB). Sedangkan new Touareg hanya 40 unit saja.

New Caravelle LWB memiliki kapabilitas layaknya limousin dengan separator kaca, meja meeting, jok fleksibel serta fitur entertainment yang cukup lengkap. Urusan jantung mekanis, new Caravelle diperkuat mesin 2.0 Bi-Turbo TDI yang mampu memproduksi tenaga sebesar 180 hp dengan torsi 400 Nm. Mesin ini akan dikawinkan dengan transmisi 7 percepatan DSG Dual-Clucth.

Sementara new Touareg dipersenjatai mesin 3.0 TDI yang sanggup menyemburkan tenaga 240 hp dan torsi 550 Nm. Selain itu telah diperkuat teknologi 4XMOTION dan ABSPlus. Mobil yang menjadi juara Dakar Rally 3 tahun berturut-turut (2009-2010-2011) ini juga dilengkapi transmisi otomatis 8-speed Tiptronic dan 6 airbags untuk keselamatan.
m.lulut@gmail.com

Komentar Anda

Tentang Penulis

menulis 1220 artikel di website ini.

Penggemar otomotif, hobi test drive dan test ride. Kontak Email: m.lulut@gmail.com

Copyright © 2014 review1st.com. All rights reserved.