Telepon Murah ke Luar Negeri Menggunakan VoIP

Telepon Murah ke Luar Negeri Menggunakan VoIPTak bisa dipungkiri jika industri selular mampu menyumbangkan sebuah sarana komunikasi praktis bagi masyarakat. Bisa dibilang komunikasi menjadi semakin merdeka tanpa batasan jarak dan waktu. Ini yang membuatnya kian sulit dipisahkan dari kehidupan.

Sebagian dari Anda tentu masih ingat era kejayaan telepon tetap (PSTN) alias wire line atau fixed line? Terbayang komunikasi yang kerap tersendat karena perangkat telepon tetap tak bisa dibawa kemana-mana. Biaya tak bisa diirit karena belum tersedia layanan pesan pendek. Pengeluaran kadang tak bisa dikontrol karena belum ada sistem prabayar.

Apalagi kalau sudah bicara hitung-hitungan biaya yang mesti dikeluarkan saat menelepon ke luar negeri. Siap-siap saja kantong kebobolan. Untungnya, kondisi mulai berubah setelah layanan jasa komunikasi tanpa kabel menyeruak ke negeri ini pada akhir 1993.

Kala itu PT Telkom memulai proyek percontohan seluler digital Global System for Mobile (GSM) di Pulau Batam dan Pulau Bintan. Lantas pada 1994, PT Satelit Palapa Indonesia (Satelindo) beroperasi sebagai operator GSM pertama Indonesia yang mengawali kegiatan bisnisnya di Jakarta dan sekitarnya.

Di 1995, Telkomsel menyusul ke dalam industri ini menjadi operator GSM nasional bersama Satelindo. Berturut-turut pada akhir 1996, PT Excelcomindo Pratama (Excelcom) pun beroperasi menjadi operator GSM nasional ketiga di Indonesia.

Pada 1997, Telkomsel memperkenalkan kartu prabayar GSM pertama di Indonesia yang dinamai Simpati sebagai alternatif dari kartu pasca bayar Kartu HALO. Menyusul Excelcom meluncurkan kartu prabayar Pro-XL serta Satelindo dengan kartu prabayar Mentari.

Akhirnya kartu prabayar pun mengalami booming, karena lebih praktis ketimbang pasca bayar. Munculnya operator baru serta kompetisi yang semakin memanas mendorong munculnya perang tarif yang di satu sisi cukup menguntungkan masyakarat.

Meski masih dalam tanda kutip, masyarakat kini bisa menikmati tarif murah untuk voice. Bahkan, tak hanya di dalam negeri, Anda kini bisa melakukan percakapan internasional dengan tarif ‘murah’ atau dengan kata lain terjangkau.

Di era telepon tetap (PSTN), biaya yang mesti dirogoh untuk melakukan percakapan internasional kerap menjadi momok menakutkan. Kini? Anda bisa menikmati percakapan internasional dengan tarif lebih murah melalui fasilitas yang diberikan operator selular.

Salah satunya lewat VoIP (voice over internet protocol). Teknologi ini memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet dengan biaya murah. Data suara diubah menjadi kode digital, lalu dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data. Jadi, bukan lewat sirkuit telepon biasa.
Sebenarnya bagi pengguna PC, penggunaan VoIP ini sudah sangat familiar dan kerap dipakai. Khususnya kalangan yang kerap online menggunakan akun di layanan chatting semisal Yahoo Messenger atau Skype.

Dari layanan itu, menelepon dari PC ke PC relatif gratis dan hanya memakan koneksi data. Sementara untuk menelepon ke telepon rumah atau ponsel tetap harus merogoh kocek (kecuali pengguna memakai akun VoIP yang sama dalam ponselnya).

Nah, terkait VoIP ini, Direktur Commerce XL, Joy Wahyudi sempat berujar bahwa secara teknologi, VoIP memang mampu memberikan solusi yang bermanfaat atas persoalan mahalnya tarif telepon ke luar negeri. XL juga beranggapan keberadaan layanan telekomunikasi melalui jaringan komunikasi data ini membuat tarif lebih murah.

Tak heran, XL mulai menyuguhkan tarif promo menelepon ke luar negeri berbasis VoIP. Untuk dapat memanfaatkan promo tarif murah ini, Anda harus menekan kode akses 01000 diikuti Kode Negara kemudian Nomor Tujuan, dan selanjutnya tekan OK atau dial.

Sebagai pemikat, XL menawarkan program promo khusus seperti ‘Pake 3 Menit, GRATIS 2 Menit Nelpon ke 5 Negara!’. Xl mengklaim pelanggannya dengan penawaran menelepon selama 3 menit akan mendapat tarif telepon Rp 0,01 untuk menghubungi operator ponsel di Malaysia, Singapura, Bangladesh, Sri Lanka dan Kamboja yang bermitra dnegan XL.

Sebagai contoh jika menelepon ke Malaysia dengan kode 01000 > Kode Negara > = 60 (Kode Negara: Malaysia) > Nomor tujuan= 126666111 (Nomor ponsel di Malaysia, hilangkan angka 0 didepan). Jadi menghubungi ke Handphone Malaysia-Celcom adalah sebagai berikut: 01000 60 126666111. Jika Anda menelepon ke pengguna nomor operator Celcom di Malaysia maka Anda dikenakan tarif Rp 90 per 6 detik selama tiga menit dan dua menit selanjutnya gratis.

Selain menawarkan promo dengan mitra operator, XL pun menyediakan VoIP untuk bertelepon murah ke berbagai negara. Caranya adalah dengan menekan 01000 diikuti Kode Negara diikuti Kode Area diikuti Nomor Tujuan.

Contoh jika Anda menelepon ke PSTN Australia-Sydney , dengan nomor 87654321. Anda tinggal menekan 01000 > Kode Negara= 61 (Kode Negara: Australia) > Kode Area= 2 (Kode Area: Sydney) > Nomor Tujuan= 87654321 (Destination Number)
Cara menghubungi ke PSTN Australia adalah sebagai berikut: 01000612 87654321.

Setiap negara memiliki mekanisme berbeda-beda dalam hal tarif. Menelepon ke Cina, Hongkong atau AS misalnya Anda akan dikenakan tarif Rp 48/6 detik. Beda lagi jika Anda menelepon ke Taiwan atau India yang dikenakan tarif Rp 60/6 detik.

Beda lagi dengan Indosat, meski sudah memiliki Layanan SLI 001 dan 008 tetap menyediakan layanan 01016 yang merupakan sambungan telepon Internasional berbasis teknologi VoIP (Voice over Internet Protocol). Dengan Flatcall 01016, pelanggan tetap dapat menikmati layanan telepon internasional dengan harga lebih hemat.

Untuk tarif Flatcall 01016 ini, Indosat memberlakukan promo khusus ke berbagai negara tujuan favorit mulai dari China, Hongkong, Singapura, USA, Kanada, Malaysia, Thailand, Brunei, India, Korea Selatan, Australia, Jepang, Taiwan, Vietnam, Macao dan beberapa negara di kawasan Timur Tengah yaitu Arab Saudi, Emirat Arab, Yordan, Kuwait, Qatar dan Mesir.

Untuk mengaksesnya Anda tinggal tekan 01016 > Kode negara > Nomor tujuan. Contoh: 01016966123456. Sementara untuk tujuan telpon rumah (PSTN): tekan 01016 > Kode negara > Kode area > Nomor tujuan. Adapun kode negara Arab Saudi adalah 966.

Indosat mengenakan tarif flat Rp 250/6detik untuk layanan percakapan internasional ini. Namun, Indosat juga menawarkan program promo khusus berupa gratis menelepon hingga 5 menit telepon ke mancanegara untuk panggilan ke 21 negara. Program ini diberlakukan sampai 31 Januari 2011.

Contoh jika Anda menelepon ke Cina, Hongkong atau AS dengan kode 01016, selama satu menit pertama akan dibebani tarif Rp 30/detik. Setelah itu lima menit berikutnya tak akan dikenakan biaya dan berlaku pengulangan.

Jika menelepon ke negara seperti India, Korea Selatan dan Malaysia selama dua menit pertama Anda akan dikenakan tarif Rp 30 per detik lantas 5 menit berikutnya gratis juga berlaku pengulangan. Tarif yang dikenakan berbeda-beda tergantung negara tujuan yang masuk dalam program ini.

Telkomsel pun menyediakan akses VoIP 01052 untuk panggilan internasional melalui jalur VoIP dengan harga murah. Dalam rangka komersialisasi VoIP 01052 ini Telkomsel meluncurkan paket murah telpon ke luar negeri untuk Kartu As melalui kode akses 01052.

Untuk mengaksesnya Anda harus mengetik SMS ke 8999 dengan format Voip<spasi> Sub<spasi> harga paket. Contoh:Voip Sub 1000. Namun, untuk mendaftar Anda harus melakukan pada jadwal pukul 00:00 – 17:00 WIB setiap harinya. Cara pemakaian bonus menit untuk panggilan internasional adalah dengan menekan 1052+kode negara+nomor tujuan. Contoh : 01052656272xxx

Pemakaian terakhir dapat dicek melalui *887# dan status paket dapat dilihat dengan mengetik SMS ke 8999 dengan format Voip<spasi> Info. Dan, sisa paket yang dimiliki dapat dicek melalui *889#. Sayang, masa berlaku paket adalah sehari (sampai dengan pukul 24:00 pada hari saat melakukan pembelian)

Sementara Pengguna kartu operator Tri bisa menikmati layanan VoIP lewat kode akses 01088. Operator in terbilang agresif dalam menawarkan program menelepon ke luar negeri lewat VoIP. Tri mengklaim Tarif yang disodorkan pun terbilang menggiurkan ke 200 negara. Mulai dari Rp 299 per menit untuk menelepon ke rumah atau ponsel.

Salah satu penawarannya adalah tarif Rp 299 per menit untuk menelpon ke Malaysia. Cara menelepon adalah dengan menekan kode akses 01088 > kode negara > kode area > nomor tujuan.

Selain itu, Tri menggelar pula program khusus ‘nelpon sepuasnya hanya Rp 110 ribu per bulan’ ke lebih dari 20 negara. Untuk bisa menikmatinya Anda harus berlangganan dulu dengan cara mengetik MAU spasi DUNIA kirim ke 234. Namun Tri menerapkan batas pemakaian wajar 700 menit per bulan per pelanggan.

Axis pun tak mauh kalah dengan para seniornya. Tengok saja penawaran layanan VoIP-nya yang tak kalah menggiurkan. Operator ini menggelar tarif promo lewat kode akses 01012 > kode negara tujuan > nomor tujuan (rumah/ponsel).

Menelepon ke Singapura misalnya, Anda bisa menikmati tarif Rp 188 per menit. Ke AS dan Kanada beda lagi, hanya sekitar Rp 99 per menit. Arab Saudi bisa ditelepon dengan tarif Rp 1388 per menit. Malaysia Rp 420/menit, Cina dan Hongkong Rp 288 per menit.

Jika dihitung-hitung, Axis adalah operator yang paling berani memberikan penawaran miring untuk beberapa panggilan internasionalnya. Pilihan kode aksesnya yang ditawarkannya pun cukup beragam.

Penawaran operator selular ini bukan tak memiliki kekurangan. Pasalnya, hampir semua operator tak memberikan penjelasan detil dan akurat tentang tata cara menggunakan layanan VoIP, negara tujuan dan masa berlaku promo yang ditawarkan. Anda terpaksa harus menghubungi call center untuk mendapatkan informasinya.

Selain itu, rata-rata operator tetap mewanti-wanti bahwa kualitas layanan melalui kanal GSM masih jauh lebih baik ketimbang VoIP. Kualitas suara yang dihasilkan saat menggunakan layanan VoIP ini lebih rendah dari kanal GSM.

Pasalnya, suara dikompresi kemudian dikirimkan ke penerima. Sehingga kian tinggi kompresi suara, kualitas makin memburuk. Selain itu, kecenderungan pembicaraan terputus di tengah jalan (drop call) lebih besar.

Nah, buat Anda pengguna ponsel Android misalnya, Anda juga sebenarnya bisa memasang aplikasi Skype atau Tango yang memanfaatkan layanan data internet untuk komunikasi voice bahkan video. Untuk membaca-baca aplikasi ini dan cara downloadnya bisa klik di sini: Download Tango Skype dan YM. Aplikasi ini memanfaatkan layanan data internet, jadi Anda harus pintar-pintar memilih layanan yang cocok, Anda bisa berburu paket internet operator di sini: Pilih Paket Internet Operator. Selamat mencoba!

Bagikan Dengan Teman:

Komentar Anda

Tentang Penulis

menulis 528 artikel di website ini.

Fans berat gadget dan smartphone email: portal.review1st@gmail.com twitter: @review1st

Copyright © 2014 review 1st. All rights reserved.