Chevrolet Trax, Pesaing Baru Toyota Rush dan Nissan Juke

Chevrolet Trax, Pesaing Baru Toyota Rush dan Nissan JukeGeneral Motors ternyata kepincut juga untuk membuat adik dari Chevrolet Captiva yang akan menyasar pasar SUV kecil. Saat ini, SUV compact memang berkembang dari sebelumnya hanya Toyota Rush dan Daihatsu Terios, kini pabrikan lainnya seperti Nissan menciptakan SUV kecil melalui Juke dan Ford dengan EcoSport. Chevrolet Trax, begitu  produk barunya ini disebut, akan menjadi mobil global yang akan dijual di banyak negara.

Chevrolet Trax akan mengawali debut resminya pada Paris Motor Show di September 2012 mendatang. Dengan kapasitas angkut lima penumpang dan ruang kargo paling besar di kelasnya, Trax akan memenuhi kebutuhan konsumen di lebih 140 pasar di dunia, dimana Kanada dan Meksiko akan menjadi pasar pertama yang meluncurkan SUV ini pada semester keempat 2012.

“Trax  mengantarkan Chevrolet masuk ke dalam segmen SUV kecil yang sedang tumbuh dan menyajikan fleksibilitas, sangat hemat bahan bakar, serta pengalaman berkendara senyaman sedan yang dibutuhkan oleh kaum urban di seluruh dunia,” ujar Mary Barra, GM Senior Vice President of Product Development.

Pada awal tahun ini Chevrolet telah memperkenalkan sedan mid-sized Malibu, pick-up  Colorado, mid-sized SUV Trailblazer, Cruze station wagon¸ serta MPV Orlando. Trax juga akan memiliki semangat pionir dan desain ekspresif yang menjelaskan ciri dari masing-masing produk Chevrolet baru. 

Trax menampilkan ketangguhan SUV serta kemampuannya dalam bentuk  kecil melalui desain eksterior yang kekar dan kedudukan atletis yang lebar. Sementara bentuk kontemporernya membuat evolusi desain estetis Chevrolet global, interior serta detail Trax akan dibuat sama seperti yang ditemui pada kendaraan-kendaraan yang lebih mahal harganya.

Untuk sistem penggeraknya, pihak GM belum membocorkannya. Namun kabarnya akan menggunakan mesin yang sama dengan Chevrolet Equinox yang dijual di Amerika, yaitu 4 silinder, 2.4-liter dengan tenaga 182 PS dan torsi 233 Nm. Dari hasil ujicoba yang dilakukan, penggunaan bahan bakar diklaim mencapai 9,35 km/liter untuk konsumsi dalam kota. Pihaknya juga tengah mempertimbangkan pemakaian mesin lebih kecil 1.4-liter turbo atau diesel.
m.lulut@gmail.com

Komentar Anda

Tentang Penulis

menulis 1153 artikel di website ini.

Penggemar otomotif, hobi test drive dan test ride. Kontak Email: m.lulut@gmail.com

Copyright © 2014 review 1st. All rights reserved.