9 Tablet Android Murah: Kelebihan dan Kekurangan

9 Tablet Android Murah: Kelebihan dan Kekurangan Berikut kami tampilkan 9 tablet android lokal murah beserta kelebihan dan kekurangannya. Antara lain Tipad Justin, Advan Vandroid T1, Nexian Genius, IMO Tab X-1, Websong M008, IMO Tab X-3, Tabulet Troy, Tabulet Octa 2 dan Dgtel 718.

Buat yang merasa tertarik untuk membeli tablet lokal tapi kebingungan dengan banyaknya pilihan varian yang beredar di pasaran, daftar ini mungkin akan membantu. Ulasan yang hadir kali ini akan membawakan perbandingan 9 tablet lokal yang beredar di pasaran domestik. Tapi sebelumnya, Anda bisa baca tips sebelum membeli tablet . Dan untuk paket internetnya Anda bisa baca di sini: Pilih Paket Internet.

1.TiPad Justin

Kelebihan
Dengan bodi besar, TiPad mampu menghadirkan kelebihan di sisi koneksi yang lengkap seperti kemampuan membaca flashdisk serta dapat dihubungkan pula dengan mouse PC. Selain kelebihan disisi hardware, Tiphone juga membekali Justin dengan ragam konten menarik seperti T-Book, T-Mail, T-Messenger dan T-Market. Tak ketinggalan pula link shortcut ke situs gudang konten yang menyediakan beragam konten audio, video, wallpaper dan screensaver. Pemutar audio yang dimiliki Justin juga sudah dilengkapi dengan setting equalizer.

Kekurangan
Tak seperti kebanyakan tablet lokal lain yang sudah dibekali dengan fitur panggilan telepon dan sms, TiPad Justin ternyata tidak dapat digunakan untuk bertelepon atau berkirim sms. Slot kartu SIM yang dimilikinya hanya dapat digunakan untuk mengakses internet via paket data operator. Sementara dari sisi fisik, Justin memang memiliki bobot yang lebih berat sehingga kurang nyaman bila dibawa mobile.

Kesimpulan
Berada pada kisaran harga dua juta, Justin memang cukup dapat diandalkan dari sisi audio. Absennya fitur panggilan telepon dan pengiriman sms pada Justin memang sangat disayangkan. Belum lagi bobot yang cukup berat memang cukup mengurangi daya tarik dari tablet ini.

2.Advan Vandroid T1C

Kelebihan
Hadir dengan bodi plastik yang ringan, Vandroid memang sangat cocok untuk yang lebih sering mobile. Vandroid juga sudah dilengkapi dengan fitur untuk melakukan panggilan telepon dan mengirim sms. Anda yang ingin berselancar di dunia maya juga dapat memanfaatkan jalur koneksi Wi-Fi dan 3G HSDPA dari operator GSM.

Kekurangan
Meski sudah menggunakan layar sentuh berjenis kapasitif respon layar yang dimilikinya memang tak begitu baik. Ketika kami mencoba menekan layar sentuhnya, Vandroid salah memposisikan lokasi penekanan disisi layarnya.

Kesimpulan
Walaupun telah dibekali dengan layar berjenis kapasitif namun ternyata kinerjanya dalam merespon sentuhan tidak begitu baik. Vandroid bahkan salah dalam menentukan lokasi sentuhan jari yang dilakukan oleh BG. Namun begitu dengan bekal slot kartu SIM, Anda dapat dengan leluasa menjelajahi dunia maya dengan memanfaatkan jalur koneksi 3G HSDPA dari operator.

3.Nexian Genius

Kelebihan
Datang dengan ukuran bodi yang identik dengan Vandroid, Genius juga memiliki desain yang sangat mirip. Fitur panggilan telepon dan mengirim sms juga dimiliki pula oleh Genius. Di sisi depan layar terdapat empat buah tombol fisik back, menu, home dan search. Sebagai pelengkap, Genius juga sudah dijejali dengan portal News (Kompas, Detik, Bisnis Indonesia, Bintang Indonesia, Kapanlagi), aplikasi Facebook dan browser internet opera mini.

Kekurangan
Untuk mengabadikan momen, Anda dapat menggunakan kamera belakang berkekuatan 2 megapiksel yang sudah disandangnya. Namun begitu, amat disayangkan Genius hanya mampu merekam gambar beresolusi CIF (352 x 288 piksel) dengan durasi sebatas 30 menit saja.

Kesimpulan
Sebagai salah satu vendor lokal ternama, Nexian mencoba turut bersaing di pasar tablet Android yang semakin populer. Namun begitu banderol harga yang cukup tinggi serta tidak disertakannya USB dongle dalam paket penjualan memang membuat tablet ini tampak kurang menarik.

4.IMO Tab X1

Kelebihan
IMO Tab X1 adalah tablet Android pertama di tanah air yang diklaim memiliki kemampuan dual SIM GSM dual standby. Untuk akses data, Anda dapat memanfaatkan jalur data operator sekelas HSDPA dengan kecepatan maksimal hingga 7,2Mbps. IMO juga tak lupa menyematkan fitur TV Analog yang dapat diisi dengan 15 stasiun televisi.

Kekurangan
Meski sudah dibekali dengan kemampuan dual SIM GSM, IMO Tab X1 tak seragam dalam hal dukungan koneksi data. SIM pertama pada IMO Tab X1 dapat digunakan untuk terhubung ke internet melalui jalur 3G HSDPA. Sedangkan untuk SIM 2 hanya dapat digunakan untuk berinternet melalui jalur GPRS. Kekurangan lain yang kerap dijumpai pada IMO Tab X1 adalah performanya yang kurang gesit dalam menjelajah menu. Hal ini cukup dapat dimaklumi karena IMO Tab X1 memang masih menggunakan prosesor dengan kecepatan sebatas 600MHz.

Kesimpulan
Berada pada rentang harga dibawah dua juta, IMO Tab X1 cukup dapat diandalkan dengan keberadaan dua slot kartu SIM yang selain dapat digunakan untuk melakukan panggilan telepon juga dapat Anda manfaatkan sebagai sarana untuk menjelajah internet. Sayang sekali IMO tidak membekali Tab X1 dengan kemampuan untuk membaca flashdisk.

5.Websong M008 9.7 inci

Kelebihan
Anda yang ingin memiliki tablet Android berlayar lebar berharga miring dapat mencoba Websong M008 sebagai salah satu pilihan. Datang dengan layar 9,7 inchi, M008 memiliki resolusi WSVGA 1280 x 720 piksel yang mampu menyajikan gambar dengan kualitas grafis yang cukup baik. Dengan layar lebar yang dimilikinya, M008 dapat memainkan video beresolusi 1280 x 720 piksel. Websong juga menyediakan  dongle USB dan Ethernet LAN yang dapat Anda gunakan untuk membaca flashdisk dan tersambung ke internet melalui LAN.

Kekurangan
Sayang sekali untuk dukungan aplikasi, M008 belum dibekali dengan Android Market yang kini telah berganti nama menjadi Play Store. Beruntung Websong masih berbaik hati dengan menyediakan sederet aplikasi seperti App Market, YouTube, Genial Writing, Skype Beta, Search, WmtWeather, iReader, pro OfficeSuite dan lain sebagainya.

Kesimpulan
Dilepas dengan harga sekitar 1,6 juta rupiah, Websong M008 memang cukup layak Anda miliki. Dengan modal layar lebar plus USB on the go, Anda dapat leluasa menikmati tontonan video tanpa perlu mengkhawatirkan batasan memori internal yang kecil. Ketiadaan Android Market pada M008 masih dapat disiasati dengan melakukan modding.

6.IMO Tab X3

Kelebihan
Tablet yang dibanderol dengan harga dibawah sejuta ini datang dengan sederet kelebihan yang dimililki oleh sistem operasi Android. Sederet aplikasi bawaan seperti App Market, Youtube, Fring, Search, WmtWeather, iReader, Office Suite dan sebagainya juga turut disematkan oleh IMO ke X3. Disisi hardware sendiri, IMO juga telah disertai dengan USB dongle yang selain dapat membaca flashdisk juga dapat dihubungkan ke kabel LAN serta modem 3G dongle.

Kekurangan
Hadir dengan harga murah X3 memang tidak memiliki slot kartu SIM sehingga tidak dapat langsung digunakan untuk berinternet melalui langganan paket data operator. Untuk menyiasatinya, Anda dapat membeli modem secara terpisah yang compatible dengan X3. Kekurangan lain yang cukup menonjol dari X3 adalah ketiadaan Android Market  serta layar resistif yang hanya dapat menanggapi input satu sentuhan.

Kesimpulan
Anda yang ingin berinternet dengan menggunakan jalur data 3G HSDPA harus siap-siap kecewa karena X3 memang tidak membekali slot kartu SIM. Namun, alternatifnya bisa menggunakan modem 3G dongle yang dihubungkan menggunakan dongle USB. Sementara disisi dukungan aplikasi, X3 memang belum dilengkapi dengan Android Market. Sebagai gantinya, IMO telah menyediakan app market yang berisi ragam aplikasi yang dapat Anda unduh secara gratis setelah melakukan pendaftaran terlebih dulu.

7.Tabulet Octa 2

Kelebihan
Sebagai penerus Octa generasi pertama, Octa 2 sudah dilengkapi dengan fitur panggilan telepon, pengiriman pesan sms dan bluetooth. Datang dengan sistem operasi Android 2.3 gingerbread, Octa 2 sudah dilengkapi dengan port mini USB, HDMI, slot kartu memori dan kartu SIM.
Di sisi pemutar musik, Anda dapat mendengarkan lagu yang sedang diputar dengan sangat nyaman dalam posisi volume maksimal meski belum dibekali dengan setting equalizer. Demikian pula dengan pemutar video yang dapat menampilkan subtitle serta dapat memainkan video HD720p dalam format MKV. Browser bawaan yang dimilikinya juga sudah dibekali dengan flash player.

Kekurangan
Meski mempunyai sederet kelebihan bukan berarti Octa 2 bebas dari kekurangan. Bobot Octa 2 yang cukup berat ternyata menjadikannya kurang nyaman saat dipegang dalam waktu yang cukup lama. Sementara jika menilik harga yang disandangnya, Octa 2 memang masih memiliki beberapa kekurangan disisi kamera dan layar yang kurang cerah.

Kesimpulan
Menyasar segmen pengguna menengah, Octa 2 cukup berhasil menghadirkan tablet berkelas dengan harga yang sangat kompetitif. Disertakannya USB dongle atau USB on the go juga membuat Octa 2 terlihat makin menonjol. Secara keseluruhan Octa 2 memang memiliki kemiripan dengan Octa generasi pertama dengan penambahan disisi kemampuan panggilan telepon, pesan sms dan konektivitas bluetooth.

8.DGTel  718

Kelebihan
Meski dilepas dengan harga dibawah satu juta, 718 sudah dibekali dengan lumbung aplikasi Android Market dari Google. Kehadiran app market juga turut memperkaya ragam pilihan Anda dalam mendownload aplikasi. Dengan layar 7 inchi berjenis resistif, 718 sudah mendukung input multitouch dua jari. Sama seperti IMO X3, 718 juga sudah disertai dengan USB dongle yang dilengkapi pula dengan konektor ethernet LAN.

Kekurangan
Dibanderol dengan harga yang murah, 718 memang tidak menyediakan jalur koneksi 3G HSDPA serta kemampuan melakukan panggilan telepon dan mengirim sms. Namun begitu, Anda tetap dapat menggunakan modem usb dengan bantuan USB dongle yang telah disertakan pula dalam paket penjualan. Alternatif lain, Anda dapat juga menggunakan kabel LAN ethernet yang umumnya digunakan pada PC di rumah.

Kesimpulan
Bermain dikisaran harga 800 ribu, 718 sanggup menghadirkan tablet dengan layar berkemampuan multitouch serta toko aplikasi resmi Android Market yang kini sudah berganti nama menjadi Play Store. Jika dibandingkan secara langsung dengan IMO X3, 718 memang lebih unggul disisi layar dan kelengkapan Android Market didalamnya.

9.Tabulet Troy

Kelebihan
Datang pada kisaran harga 1,5 juta, Troy memang merupakan produk yang cukup fenomenal dengan prosesor yang cukup powerfull. Penyematan GPU Mali 400 didalamnya juga membuat kinerja grafisnya cukup dapat diandalkan. Anda juga dapat menggunakan pemutar multimedia Troy untuk memainkan video beresolusi HD720p lengkap dengan subtitle. Memori internal sebesar 2,7GB yang dimilikinya juga sangat mendukung Anda dalam mengakomodasi hobi Anda dalam menikmati tontonan video. Jika Anda tak puas, dapat menggunakan USB dongle yang disertakan agar dapat dihubungkan dengan flashdisk atau bahkan hardisk portabel.

Kekurangan
Penyematan CPU dan GPU yang cukup mumpuni di Troy ternyata tidak diimbangi dengan bekal layar kapasitif yang mendukung input multitouch. Ya, layar Troy memang hanya berjenis resistif yang belum mendukung multitouch. Kekurangan cukup menonjol yang dapat Anda temui pada tablet ini adalah alpanya slot kartu SIM sehinggatidak dapat mengakses internet menggunakan jalur 3G HSDPA dari operator. Beruntung dengan bantuan USB OTG , Anda dapat menggunakan modem USB agar dapat terhubung ke koneksi data HSDPA operator.

Kesimpulan
Walaupun dibekali dengan prosesor dan GPU yang cukup mumpuni, Troy rupanya kurang cocok untuk dibuat bermain game karena layar yang belum mendukung multitouch . Demikian pula untuk keperluan mengakses internet, Anda mungkin akan sedikit mengalami kerepotan. Namun dengan harga yang ringan, tablet ini rupanya sangat cocok untuk digunakan sebagai sarana untuk menonton video.

Nama Produk

Layar

CPU dan GPU

OS

Kamera

Fitur

Tipad Justin 8” TFT touchscreen 800×600 piksel 600M ARM 9+600M DSF, Chipset RK2818 1GHz Android 2.2 Froyo 2 MP 3GHSDPA, Wi-Fi, USB On The Go
Advandroid T1 8”TFT 800 X 400 WVGA(resistive touch panel ) QUALCOMM MS M7227-1 ARM11, 600 MHZ Android 2.2 Froyo 2 MP Telepon, sms, 3GHSDPA, Wi-Fi
Nexian Genius 7” Multitouch Capacitive LCD Screen Qualcomm 600 MHz Processor Android 2.2 Froyo 2 MP Telepon, sms, 3GHSDPA, Wi-Fi
IMO Tab X1 7”LED-backlit LCD, capacitive touchscreen, 16M colors, 480×800 pixels CPU MT6573 650MHz & MT6513 650 MHz ARMv6 GPU PowerVR SGX 531 Android 2.3.4Gingerbread 2 MP (Belakang)VGA (depan) Dual SIM ON Standby, 3GHSDPA (SIM1), Wi-Fi, TV
Websong M008 9.7″High-brightness 16:9 widescreen 1280 x 720 piksel VIA ARM926EJ 800Mhz Android 2.2 Froyo VGA Wi-Fi, USB Dongle+Ethernet LAN
IMO Tab X3 7″800 x 480 piksel (16:9) WVGA wide-screen WM8650,High-performance 800MHZ CPU+400MHZ DSP Android 2.2 Froyo VGA Wi-Fi, USB Dongle+Ethernet LAN
Tabulet Octa 2 8” Layar Kapasitif, 1024×768 pixel ARM Cortex A8 1.0 Ghz Android 2.3 Gingerbread 2 MP Telepon, sms, 3GHSDPA, Wi-Fi, USB On The Go
DGtel 718 7“TFT Resistive Touchscreen WVGA wide screen (800×480 piksel), 16:9, two point touch WM8650 High Performance 800 MHz, CPU 400 MHZ DSP Android 2.2 Froyo VGA Wi-Fi, USB Dongle+Ethernet LAN
Tabulet Troy Layar Resisitive 7 inchi, 800 x 480 pixel Amlogic ARM Cortex A9 800 Mhz, GPU MALI-400 Android 2.2Froyo - Wi-Fi, USB Dongle+Ethernet LAN

sumber: Tabloid BG

Komentar Anda

Tentang Penulis

menulis 538 artikel di website ini.

Fans berat gadget dan smartphone email: portal.review1st@gmail.com twitter: @review1st

Copyright © 2014 review1st.com. All rights reserved.