Review LG Optimus L7: Gaya dan Smart

Review LG Optimus L7: Gaya dan SmartLG sudah menghadirkan Optimus L7 ke pasar Indonesia sejak beberapa pekan lalu. Smartphone Android yang sudah dibekali dengan OS Ice Cream Sandwich ini tampil dengan bentuk premium dan stylish. Menariknya, harga jual LG Optimus L7 tidak terlalu mahal dan masuk di segmen menengah. Penasaran kan? berikut saya review sedikit kinerja dan kemampuan Optimus L7.

Desain Stylish Tapi Casing Plastik

Secara fisik bentuknya candybar tipis dengan sudut menyiku. Casingnya terbuat dari material plastik keras cukup bermutu. LG Optimus L7 dilengkapi port audio 3,5 mm, port charger, tombol daya dan tombol volume tapi tak menyediakan tombol shutter kamera. Pas di bawah layar, LG Optimus L7 mempunyai 3 tombol fisik untuk menuju back, home serta menu.

Layar Jumbo 4,3 Inci

LG Optimus L7 yang juga memiliki kode P705 ini mengusung layar jumbo 4,3 inci. Teknologi layarnya adalah LCD IPS resolusi 480 x 800 piksel dengan kepadatan 217 ppi Lantas LG menambahkan gorilla glass sebagai pelindung dari goresan. Layarnya capacitive-nya mendukung multi touch yang sanggup merespon sentuhan 10 jari sekaligus.

Pada bagian user interface, saya menemukan 5 buah halaman homescreen. Sektor ini didukung 7 pilihan efek transisi halaman khas seperti carousel, accordion, panorama, jenga dan lain-lain. Di halaman menu, Optimus L7 menampilkan grid horizontal terbagi dalam tiga kategori, application, widget serta downloads.

Prosesor 1Ghz dan OS Ice Cream Sandwich

Spesifikasi LG Optimus L7 di bagian hardware cukup menjanjikan. Tertanam ARMv7 Processor (VFPv3, Neon) CPU hardware LGE MSM7x27a U0 dengan clockspeed 1Ghz, GPU chipset Qualcomm dengan renderer Adreno 200.

Sementara untuk sistem operasi, Optimus L7 mengadopsi Android 4.0 Ice Cream Sandwich yang didukung RAM sebesar 512MB. Alhasil, kinerjanya cukup mantap saat dipakai menjalankan beberapa program dan aplikasi sekaligus tetap tak tersendat.

Internet HSDPA 7,2 Mbps dan HSUPA 5,76 Mbps

Ponsel ini belum mendukung jaringan LTE tapi tetap relevan untuk saat ini. Anda bisa memanfaatkan teknologi HSDPA 7,2Mbps dan HSUPA 5,76Mbps. WiFi nya sudah mendukung versi b/g/n. Pada browsernya, saya bisa membuka 4 halaman sekaligus dan menikmati flash player.

DLNA dan Wifi

Anda bisa menghubungkan LG Optimus L7 dengan gadget lain lewat standar DLNA. Untuk bertukar data, Wi-Fi direct memungkinkan pengguna mengirimkan file via Wi-Fi antara dua perangkat.

Kamera 5 MP Tapi Rekam Video Masih VGA

LG membenamkan kamera 5 MP (2592?1944 piksel) yang didukung LED flash dan kamera depan resolusi VGA yang bisa dipakai video call di Skype atau Googla Talk. Sayang sekali, kemampuan kamera sebesar ini hanya bisa dipakai merekam video sekelas VGA saja.

Fitur Lain

LG Optimus L7 P705 disuntik pemutar musik yang dilengkapi equalizer, efek suara dan playlist. Tersedia juga fitur radio FM yang harus dibantu headset sebagai antena. Terdapat pula pemutar video, tapi hanya bisa memutar video dengan resolusi maksimal VGA.

Play Store, toko aplikasi khas LG Smartworld bisa dipakai untuk melengkapi koleksi aplikasi. Untuk mengelola dokumen, LG telah membekali Optimus L7 dengan Polaris Office versi full. Fitur lain seperti sensor magnet kompas, LG Smartshare untuk berbagi dan menonton file multimedia melalui koneksi DLNA.

Uji Kemampuan Melalui Benchmark

Uji kinerja CPU dengan Antutu Benchmark v2.8.3, LG optimus L7 P705 mendapai skor 2956 di atas Samsung Galaxy S versi awal. Sementara dengan Quadrant Standart diperoleh nilai 1951 atau lebih baik dari HTC Desire HD.

Kesimpulan

LG Optimus L7 P705 cukup menjanjikan dengan layar 4,3 inci, prosesor 1GHz dan Android 4.0 (Ice Cream Sandwich) yang terbilang baru. Sayang sektor kamera kurang memuaskan. Ponsel ini bersaing dengan Sony Xperia Neo L, HTC Desire C, dan HTC One V yang sama-sama mengadopsi Android Ice Cream Sandwich dan harganya tak jauh berbeda.

Kelebihan:

- OS Android 4.0
- DLNA dengan LG Smartshare
- Wi-Fi Direct

Kekurangan:

- Rekam video sekelas VGA
- Tidak memiliki shutte kamera
- bahan casing plastik

Harga LG Optimus L7:

Rp 2.900.000

Spesifikasi LG Optimus L7:

Jaringan: Quadband GSM, HSDPA; Dimensi: 125.5 x 67 x 8.7 mm; Berat: 122 gr; Layar: TFT Capacitive Touch Screen 4.3″, 16 juta warna, 480 x 800 piksel, 4.3 inchi; Kamera utama: 5 MP, 2592?1944 piksel, autofocus, LED flash, geo-tagging, touch focus, video VGA@30fps; Memori: 4 GB (2.79GB user available) Expandable to 32GB Micro SD Card, 512 MB RAM; OS: Android 4.0.3; Prosesor: Qualcomm MSM7227A  Snapdragon 1 GHz; 3G: iKonektivitas: Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v3.0 with A2DP, EDR, micro USB v2.0, DLNA, Wi-Fi Direct; Fitur lain: Polaris Office Full Version, Compass; Baterai: Li-Ion 1700 mAh

Bagikan Dengan Teman:

Komentar Anda

Tentang Penulis

menulis 528 artikel di website ini.

Fans berat gadget dan smartphone email: portal.review1st@gmail.com twitter: @review1st

Copyright © 2014 review 1st. All rights reserved.