Wow, Skutik Honda BeAT FI Irit Banget! Tembus 90 km/liter

Wow, Skutik Honda BeAT FI Irit Banget! Tembus 90 km/literTidak lama setelah peluncuran perdana Honda BeAT FI di Jakarta beberapa waktu lalu, PT. Astra Honda Motor (AHM) langsung melakukan pengujian seberapa besar tingkat penghematan dari skutik berteknologi injeksi tersebut. Berlokasi di kawasan Gading Serpong, Tangerang, sebanyak 16 jurnalis otomotif nasional dari berbagai media ditantang dalam event Honda BeAT FI UnBeATable Econo Riding dengan jarak sekitar 14 km.

Wow, Skutik Honda BeAT FI Irit Banget! Tembus 90 km/liter

Dalam adu lomba irit ini, pihak Honda menerapkan beberapa persyaratan, diantaranya jarak yang ditempuh toleransi kekurangan dan kelebihannya hanya 500 m dan batas waktu maksimal adalah 1 jam 30 menit. Jalur yang dilalui pun cukup beragam dan merupakan jalur umum di kawasan Gading Serpong, Tangerang. Artinya Honda ingin mendapatkan konsumsi bahan bakar di kondisi yang sebenarnya.Wow, Skutik Honda BeAT FI Irit Banget! Tembus 90 km/liter

Metode yang digunakan adalah full-to-full atau pengukuran dimulai dari tangki bahan bakar penuh, kemudian motor dijalankan, lalu diisi kembali hingga penuh. Hasilnya nanti akan didapat dari data jarak dibagi dengan penggunaan bahan bakar yang terpakai atau km/liter. Untuk menjaga agar pengukuran akurat dan menghindari kecurangan, pihak Honda memberikan segel pada penutup tangki bahan bakar dan kunci kontak.

Hasilnya dari penilaian dewan juri, skutik berkapasitas 110 cc milik jurnalis Otomotifnet, Reza Syadri menjadi paling irit dengan mencatatkan konsumsi bahan bakar sebesar 90,32 km/liter. Juara kedua kemudian diraih Indra Prabowo dari Dapurpacu dengan angka 79,42 km/liter dan ketiga jatuh pada Sutiyo dari koran Pos Kota sebesar 71,79 km/liter. Redaksi Review1st sendiri berada di posisi ke-5 dengan pencapaian 69,20 km/liter, lumayan.

Wow, Skutik Honda BeAT FI Irit Banget! Tembus 90 km/literGM Marketing Planning & Analysis Division AHM, Agustinus Indraputra manyatakan hasil yang dicatat dalam kegiatan The All New BeAT FI UnBeATable Econo Riding ini mencerminkan bahwa teknologi injeksi Honda mampu memberikan penghematan konsumsi bahan bakar yang luar biasa. Hal ini terbukti dari pengujian yang dilakukan jurnalis otomotif nasional yang sudah berlangsung sejauh 14 km.

“Teknologi PGM-FI Honda sudah dikenal hemat oleh masyarakat. Dan sekarang semakin terbukti. The All New BeAT FI dengan teknologi injeksi terbaru yang digabungkan dengan cara berkendara econo riding mampu menghasilkan konsumsi BBM yang luar biasa,” ujar Indraputra di Mal Summarecon, 27 Oktober 2012.

Honda BeAT injeksi disokong mesin 4-langkah, OHC pendingin dengan kipas, dengan kapasitas 108 cc yang mampu menghasilkan daya hingga 8,52 ps pada 8.000 rpm dengan torsi 8,68 Nm pada 6.500 rpm. Tangkinya menampung bahan bakar 3,7 liter. Harganya Rp 13,5 juta untuk varian combi brake system (CBS), Rp 12,9 juta untuk cast wheel (CW), dan Rp 12,1 juta untuk varian spoke wheel (SW).

m.lulut@gmail.com

Komentar Anda

Tentang Penulis

menulis 1344 artikel di website ini.

Penggemar otomotif, hobi test drive dan test ride. Kontak Email: m.lulut@gmail.com

Copyright © 2014 review1st.com. All rights reserved.