Honda Vario 125 CBS Idling Stop System Test Ride

Honda Vario 125 CBS Idling Stop System Test RideSaat Honda mengeluarkan Vario 125 versi Idling Stop System (ISS), terbersit harga skutik ini akan mahal seperti harga Honda PCX 125 atau PCX 150 yang berada di kisaran Rp 33 juta. Namun ternyata Vario versi ISS ini hanya dibanderol Rp 16,35 juta saja dan konsumen akan mendapatkan fitur-fitur canggih, seperti mesin akan mati otomotis setelah berhenti 3 detik, sistem pengereman combi brake, hingga teknologi injeksi.

Honda Vario 125 ISS ini memiliki desain eksterior yang sama dengan Vario versi standar. Begitu pula dimensi jok yang lebar, membuat pengendara dengan tinggi 170 cm pun akan sedikit jinjit. Namun jok lebar ini akan berfungsi maksimal saat Vario berjalan karena membuat posisi duduk menjadi lebih nyaman. Lanjut, sebelum starter dihidupkan, aktifkan fitur idling stop dengan menekan tombol di setang sebelah kanan.

Saat memutar gas, akselerasi Vario 125 ISS tidak berbeda dengan Vario biasa, tetap responsif dan bertenaga. Selama berkendara dan sekali-kali membetot gas lebih kencang, skutik ini cukup senyap dan tidak terdengar dengkuran atau ngorok seperti yang dikeluhkan banyak konsumen Vario regular. Ternyata pihak Honda sudah menyempurkan kipas mesin sejak lama agar tidak lagi mendengun.

Vario ISS tampak lincah meliuk-liuk di lalu lintas Bumi Serpong Damai (BSD), sebagai tempat berlangsungnya pengujian. Tenaganya berasal dari mesin berkapasitas 125 cc SOHC 2-klep berpendingan cairan dengan daya 11,3 PS pada 8.500 rpm. Pengereman bersistem combi brake system (CBS) juga berfungsi sempurna, sekali mengerem belakang dengan menekan tuas kiri, maka rem belakang dan depan.

Sampai di lampu merah, rem ditekan sampai Vario berhenti dan tunggu selama 3 detik. Benar saja, Vario ISS langsung berfungsi dan otomatis mesin mati. Saat mesin mati, lampu hijau di panel indikator akan berkedip. Untuk menyalakannya kembali tinggal putar selongsong gas secara perlahan. Wow sungguh menyenangkan layaknya skutik premium Honda PCX. Fitur ini tentunya akan membuat bahan bakar lebih irit.

Dengan fitur ini, Honda menyebutkan konsumsi bahan bakarnya bisa lebih hemat hingga 7%. Pengetesannya dilakukan dengan metode ECE R40, dengan catatan konsumsi BBM Honda Vario Techno CBS 125 ISS mencapai 55,8 km/liter. Lebih irit dari Vario Techno 125 tanpa ISS dengan 52,1 km/liter. Skutik ini juga tetap mempertahankan teknologi dan fitur canggih, seperti eSP engine (Enhanced Smart Power), Teknologi ACG (Alternating Current Generator) Starter yang memberikan lebih halus saat dinyalakan.

Motor ini juga menawarkan nilai fungsional terbaik di kelasnya, termasuk kapasitas bagasi terbesar di kelasnya yaitu 18 liter yang mampu memuat helm full face dan kapasitas tangki bensin 5,5 liter. Kini juga tersedia warna baru tricolor RWB (Red White and Blue) untuk menemani warna Sonic White Blue, Titanium Black, Lunar Red, dan Swift White Silver.
m.lulut@gmail.com

Komentar Anda

Tentang Penulis

menulis 1301 artikel di website ini.

Penggemar otomotif, hobi test drive dan test ride. Kontak Email: m.lulut@gmail.com

Copyright © 2014 review1st.com. All rights reserved.