Astra Toyota Agya Test Drive : Lincah di Bandung

Astra Toyota Agya Test Drive : Lincah di BandungPasca meluncurkan mobil murah dan ramah lingkungan, yaitu Astra Toyota Agya, PT Toyota Astra Motor (TAM) langsung memboyong sejumlah jurnalis ke Bandung untuk melakukan sesi test drive. Mengusung tema Agya Totally You, Toyota mengajak redaksi Review1st membelah kota Kembang yang terkenal macet saat weekend datang, sekaligus merasakan gaya hidup pemilik Agya.

Toyota menghadirkan tiga pilihan Agya, yaitu tipe E, G, dan TRD S yang paling sporty dengan aero kit, dengan harga mulai dari Rp 99,9 juta sampai Rp 120,75 juta dan diposisikan bagi segmentasi konsumen pembeli pertama atau anak muda yang dinamis. Meski menjadi mobil paling murah yang dijual Toyota, namun kami berani jamin, desain dan fitur-fiturnya tidaklah murahan. Terbukti, banyak fitur dan teknologi modern disematkan pada Agya.

Astra Toyota Agya Test Drive : Lincah di BandungTampilan eksterior mobil compact ini terlihat sporty dan modern. Kesan aerodinamis juga tersirat dalam lekukan yang dinamis dari depan ke belakang. Grille dan bumper depan berdesain layaknya model-model Toyota lainnya. Sementara logo Toyota di kap mesin, diganti logo yang terinspirasi dari burung Garuda, sehingga menciptakan rasa Indonesia. Sedangkan bagian belakangnya memiliki kombinasi desain dan bumper yang unik sehingga lebih menarik.

Masuk kedalam kabin, tidak terlihat aroma material murahan. Semua dibuat secara serius dan berkualitas. Desain interiornya juga terlihat mewah untuk mobil seharga Rp 100 jutaan. Panel instrument lengkap dengan desain berkelas. Agya Dibekali head unit 2Din, kontrol AC/penyejuk udara, dan lubang AC yang modern. Bahkan Toyota menyediakan port USB yang bisa dihubungkan dengan flashdisk untuk memutar lagu favorit.

Astra Toyota Agya Test Drive : Lincah di BandungDi jok pengemudi dan penumpang depan terlihat ergonomis dengan konsep semi-bucket seat berbahan facric untuk menopang tubuh dengan sempurna. Di depan pengendara, terdapat panel meter dengan tiga bulatan penunjuk informasi speedometer, putaran mesin/rpm, hinga tangki bahan bakar secara analog. Instrument analog ini dipadukan dengan Multi Informastion Display (MID) digital yang berisi beragam informasi.

Saat mesin dihidupkan, suara jantung mekanis berkode 1 KR berkapasitas 999 cc, DOHC fuel injection terdengar halus. Padahal mesinnya berkonfigurasi 3-silinder yang biasanya berkarakter memiliki getaran kencang dan suara mesin keras. Tapi ini tidak terjadi pada Agya. Ternyata setelah ditanyakan pada Dadi Hendriadi, General Manager Technical Service Division TAM, mesin Agya ini mengambil basis dari mesin Toyota Aygo yang beredar di Jepang dan memiliki kualitas tinggi, sehingga mesinnya halus dan bertenaga.

Astra Toyota Agya Test Drive : Lincah di BandungPertama redaksi Reeview1st mendapatkan unit uji Agya TRD S dengan transmisi manual 5-speed. Begitu pedal gas diinjak, mesin bertenaga 65 hp dengan torsi 85 Nm langsung bereaksi mengeluarkan segenap kemampuannya. Ringan dan responsif menjadi karakter Agya ini. Rasio transmisi yang pendek, membuat Agya akan cepat mencapai top speed dan membantu saat  harus menghadapi tanjakan.

Dari segi kemudi, kesan ringan juga terasa pada setir yang telah mengadopsi teknologi Electric Power Steering (EPS) ini. Di tengah kemacetan kota Bandung yang semrawut pada saat weekend, fitur EPS ini sangat berguna dan membantu pengemudi melakukan manuver mendadak untuk menari-nari diantara kepadatan lalu lintas dengan putaran lingkar kemudi yang ringan. Pengendaliannya juga mengasyikkan, lincah, gesit dan stabil. Apalagi ditunjang bodi nya yang compact, sangat mudah meliuk-liuk dan memasuki jalanan sempit.

Astra Toyota Agya Test Drive : Lincah di BandungSelanjutnya redaksi berpindah ke Agya TRD S bertransmisi otomatis 4-speed. Tak kalah responsifnya tipe otomatis ini memiliki jeda yang tidak memakan waktu lama. Perpindahannya juga cukup halus dan presisi. Oh iya, bukti lain bahwa Toyota serius dalam memenuhi standar keselamatan global, semua model mobil murah ramah lingkungan Agya telah dilengkapi dengan kantung udara untuk pengemudi dan penumpang depan, alias dual airbags.

Selanjutnya giliran kabin penumpang di jok kedua di belakang yang menjadi target redaksi. Meskipun dimensinya terlihat kecil dari luar, ternyata Agya menawarkan ruang yang cukup luas bagi 2 orang dewasa di belakang. Ruang kaki atau legroom dan ruang kepala atau head room saat duduk, masih menyisakan ruang yang cukup luas saat redaksi duduk. Hembusan AC juga terasa merata sampai bangku kedua.

Fitur lainnya yang terdapat pada Agya, antara lain spion electric yang dapat diatur secara otomatis melalui tombol dekat pengemudi, indikator eco riding yang akan mengingatkan pengemudi untuk mencapai tingkat konsumsi bahan bakar paling efisien, velg alumunium berukuran 14 inci 6-spoke yang dibalut ban GT Radial berukuran 175/65 R14, hingga 6 pilihan warna, yaitu white, silver metallic, black, gray metallic, light blue, dan blue metallic.

m.lulut@gmail.com

Komentar Anda

Tentang Penulis

menulis 1226 artikel di website ini.

Penggemar otomotif, hobi test drive dan test ride. Kontak Email: m.lulut@gmail.com

Copyright © 2014 review1st.com. All rights reserved.