Duh, Aplikasi Favorit Kita Ternyata Bikin Boros Kuota Internet!

Bukan rahasia lagi jika smartphone yang kita pegang banyak dijejali beragam aplikasi. Selain aplikasi favorit, banyak aplikasi tambahan lain yang memang dibutuhkan. Tapi tahukah Anda jika cukup banyak aplikasi yang sangat haus kuota. Bahkan, ada aplikasi favorit kita yang bikin boros kuota internet.

Sudah bukan hal aneh kalau kita sekarang sangat tergantung pada smartphone, ponsel, handphone dan perangkat sejenisnya. Apalagi dengan ‘kepintarannya’ smartphone nyaris bisa menjadi teman kita dalam melakukan bermacam hal mulai dari komunikasi, hiburan hingga curhat sekalipun. Tinggal pasangi saja aplikasi yang dibutuhkan.

Aplikasi Favorit Android Boros Kuota Internet

Selidik punya selidik, ternyata ada sebagian aplikasi yang tergolong sangat doyan menyedot kuota internet. Buat kita yang sering uring-uringan karena paket data cepat habis, mungkin harus mulai mempertimbangkan ulang dalam memakai beberapa aplikasi tertentu. Pasalnya, sebagian penyedot kuota internet tergolong aplikasi favorit.

Instagram

aplikasi boros kuota internet 1Ya ampun, hari gini tanpa Instagram. Mungkin itu yang ada di benak anak millenial kalau dipaksa harus menghapusnya. Tapi yang jelas, fitur kirim pesan, timeline yang sesak dengan foto dan video sangat menyedot kuota lho. Jadi, jangan sering-sering buka video-nya deh kalau mau irit. Haha.

Facebook

aplikasi boros kuota internet 2

Duh, bakal berabe kalau harus uninstall aplikasi ini. Termasuk gw tentu saja. Secara, Facebook adalah aplikasi sosial media yang dipakai sebagian besar orang-orang di sekeliling kita.

Beberapa fitur yang menyedot internet dalam aplikasi ini antara lain postingan video dan notifikasi terus menerus. Nah, solusinya kalau memang tak ingin menghapusnya, matikan fitur autoplay video. Atau pakai saja aplikasi Facebook Free dan Facebook Lite.

Twitter

aplikasi boros kuota internet 3

Aplikasi ini tak kalah menjebol kuota internet. Sama seperti Facebook, aplikasi ini punya fitur autoplay video. Nah, solusinya sama, matikan saja fitur autoplay-nya lewat bagian Settings – Data, lalu pilih autoplay hanya saat terkoneksi pada WiFi.

YouTube

aplikasi boros kuota internet 4

Tak perlu banyak komentar lagi. YouTube sudah jelas merupakan aplikasi yang sangat gemar menyedot kuota internet. Sebagai aplikasi yang berorientasi pada video sudah barang tentu YouTube boros kuota. Kalau masih ingin pakai aplikasi ini yang resolusi paling rendah saat nonton videonya.

Path

aplikasi boros kuota internet 5

Diam-diam, Path adalah salah satu aplikasi yang gemar menyedot kuota internet secara perlahan. Bagaimana tidak, dalam Path, rata-rata pengguannya kerap berbagai foto, meme dan beragam video.

Nah, benar kan? Gw jamin semuanya adalah aplikasi favorit yang sering kalian pakai. Setidaknya, kalau sudah tahu kalau aplikasi tersebut boros kuota, kalian bisa lebih bijak menggunakannya. Lumayan, bisa irit kuota kan. Kalau memang tak ingin kuota cepat habis tinggal hapus saja. Hihi.

Komentar Anda

Hari P

Fans berat gadget dan smartphone email: portal.review1st@gmail.com twitter: @review1st