BBM Messenger Update Fitur Buat Senggol WhatsApp

REVIEW1ST.com – BBM Messenger mulai melakukan perombakan untuk kembali meraih posisi menjadi aplikasi pesan instan favorit. Ya, setidaknya bisa sedikit-sedikit menyenggol posisi WhatsApp yang benar-benar berkacak pinggang dengan sombong sebagai penguasa.

BBM Messenger kembali memperbarui aplikasi dengan beragam penyempurnaan fitur. Versi terbaru yang sudah tersedia di Google Play dan App Store ini, memungkinkan pengguna untuk berbagi foto dan video, penyempurnaan tampilan dan suarana obrolan, serta kemampuan untuk menyunting Custom PIN.

Custom PIN yang dapat disunting

BBM Messenger WhatsappKini pengguna dapat membuat Custom PIN yang bisa diubah sesering mungkin, hanya dengan cara mudah yaitu cukup buka tab “Me” atau “Profile” untuk mengakses fitur tersebut.

Jika PIN baru telah dipilih, BBM Messenger akan membuat feed baru untuk pengguna sehingga mereka dapat memberi tahu kontaknya.

PIN adalah unik, maka PIN baru yang dipilih tidak akan sama dengan yang digunakan orang lain dan Custom PIN lama pengguna akan tersedia bagi orang lain setelah PIN baru didapatkan oleh pengguna.

Berbagi Foto dan Video

Versi terbaru ini memungkinkan para pengguna untuk mengirim dan menerima foto dan video di BBM Messenger tanpa harus khawatir akan resolusi foto atau video yang rendah, karena kini berbagi foto dan video secara otomatis tersedia dalam resolusi setinggi mungkin.

Pilihan untuk Simpan, Gunakan sebagai Latar Belakang atau Hapus

BBM telah membuat beberapa pembaruan yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna, dimana pengguna dapat melihat preview video, melihat foto dalam format landscape atau portrait, dan menambahkan keterangan foto di obrolan BBM Messenger pengguna.

Di tampilan foto untuk obrolan one-to-one dan multi-person. Di samping itu, pengguna BBM Messenger dapat menyimpan gambar, membuatnya sebagai gambar profil BBM Messenger pengguna atau menghapusnya untuk menghemat ruang pada ponsel pengguna.

Mengomentari Gambar di Grup

Fitur ini kembali hadir dalam versi terbaru BBM Messenger, memungkinkan pengguna untuk menambahkan komentar pada gambar, yang dibagikan di Grup, cukup dengan menekan ikon komentar.

Ikon tersebut terletak di kanan bawah layar Grup, yang akan membuka tampilan tempat pengguna dapat menambah komentar dan membaca tanggapan orang lain. Dalam fitur ini, pengguna juga dapat menyukai (“like”) atau menyimpan gambar yang dibagikan di Grup.

Tampilan dan Suasana Obrolan

BBM Messenger FiturTimestamps dan Lebih Banyak Pilihan Latar Belakang (Termasuk Hitam!)

Dalam update terbaru ini, BBM Messenger menambahkan “tag” tanggal baru untuk memisahkan pesan yang dikirim pada hari berbeda. Tag tersebut, seperti “Kemarin” atau “Hari ini”, dapat memudahkan pengguna dalam merujuk obrolan sebelumnya dan menemukan yang dicari.

Di samping itu, pengguna juga dapat menyesuaikan dan meninjau warna dan pola latar belakang langsung dari menu obrolan dibandingkan melalui layar “Settings”. Terlebih lagi, pengguna juga bisa memilih warna hitam, yang sebelumnya tidak tersedia, sebagai latar belakang.

Perubahan Panel Keyboard

Kini pengguna Android maupun iOS dapat merasakan layar obrolan yang lebih jernih. Hal ini dimungkinkan karena versi terbaru BBM Messenger meletakkan panel keyboard di balik tanda tambah, yang sebelumnya, memiliki lebih banyak pilihan pada layar tersebut.

Walaupun pilihan itu masih tersedia, tapi tidak akan mengganggu jika pengguna tidak membutuhkannya. Saat ini, pilihan panel keyboard termasuk menambah media (foto atau video), mengatur waktu pesan, membuat janji atau daftar, dan membagikan kontak, dokumen, acara, atau tempat keberadaan pengguna.

Huruf Tebal Hanya untuk Obrolan Baru

Jika dalam BBM Messenger versi sebelumnya, setiap judul pada daftar obrolan pengguna muncul dalam huruf tebal (bold). Dalam versi terbaru, hanya judul untuk obrolan baru tampil dalam huruf tebal.

Integrasi Panggilan iOS

BBM Voice dan video call sekarang terjalin dengan lebih baik ke dalam pengalaman iOS karena BBM Messenger terhubung dengan iOS CallingKit. Sekarang, pengguna iOS akan menerima pemberitahuan untuk panggilan BBM, yang terlihat seperti panggilan telepon dan FaceTime.

Ketika pengguna keluar dari panggilan BBM untuk melihat aplikasi lain pada perangkat iOS pengguna, tanda panggilan berwarna hijau akan muncul pada bagian atas layar, memudahkan pengguna untuk kembali ke panggilan hanya dengan satu ketukan. Panggilan suara dan video, yang diterima pengguna di BBM Messenger, juga akan muncul pada aplikasi ponsel iOS sebagai “Recents”.

Jadi bagaimana? Mau nggak ganti dari WhatsApp ke BBM Messenger?
(press release)

Komentar Anda

Iman

Jurnalis ganteng dengan banyak kesibukan. Masih aktif di media nasional, bergelut di berbagai segmentasi berita mulai dari politik, ekonomi, otomotif hingga teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.