5 Alasan Mengapa ASUS ZenFone 3 ZE552KL Layak Menjadi Pilihan

ArenaLTE.com – Tak terhitung banyaknya model smartphone dari berbagai merek yang bersaing di pasaran Indonesia. Meski menguntungkan dari sisi pengguna, karena banyak opsi yang bisa mereka pilih, namun kadang kondisi tersebut juga membuat bimbang saat akan menentukan smartphone mana yang paling tepat untuk mereka miliki. Berikut ini beberapa alasan yang membuat ASUS ZenFone 3 ZE552KL layak menjadi pilihan:

Android 7.0 Nougat

Saat ini, ASUS ZenFone 3 ZE552KL sudah dipasarkan di Indonesia dengan menggunakan sistem operasi Android 6.0.1 atau Marshmallow. Sistem operasi yang dirilis resmi pada Oktober 2015 lalu menawarkan fitur unggulan yakni manajemen daya yang lebih baik, yang disebut dengan Doze. Ia berfungsi untuk mengurangi tingkat aktivitas aplikasi yang berjalan di latar belakang saat perangkat mendeteksi bahwa aplikasi tersebut sedang tidak aktif dijalankan oleh pengguna.

Dalam waktu dekat, Android 7.0 atau Nougat, yang pertamakali diresmikan pada 22 Agustus 2016 juga akan dihadirkan oleh ASUS pada lini produk ZenFone 3 termasuk ZE552KL. Sistem operasi baru ini menawarkan perubahan yang cukup signifikan dari sisi sistem operasi dan juga platform pengembangannya.

Beberapa di antaranya adalah kemampuan untuk menampilkan split-screen view terhadap beberapa aplikasi yang sudah bisa memanfaatkan split-screen, dukungan untuk reply langsung dari notifikasi, hingga update sistem yang lebih mudah pada perangkat-perangkat yang didukung. Saat ini, Android 7.0 atau Nougat pada ZenFone 3 series sedang dalam tahap pematangan dan akan segera dirilis ke publik jika sudah berjalan stabil.

Smartphone Flagship Harga Mainstream

Ada begitu banyak smartphone yang mengklaim sebagai produk flagship. Dengan berbagai jenis spesifikasi, tentu saja mereka menawarkan harga yang mahal. Sebagian bahkan ada yang bisa dibilang harganya selangit.

ASUS ZenFone 3 ZE552KL, hadir sebagai pesaing dari smartphone-smartphone flagship namun dengan harga yang kompetitif. Harga kompetitif di sini tidak berarti mengandalkan harga yang terjangkau saja, tetapi smartphone dengan layar FullHD berukuran 5,5 inci ini juga dilengkapi dengan berbagai teknologi yang biasanya hanya terdapat di smartphone premium.

Performa tinggi dengan prosesor octa-core performa tinggi namun efisien dalam penggunaan energi, tampilan desain yang elegan, layar berkualitas yang mampu menampilkan warna-warna cerah, kemampuan multimedia audio dan video mumpuni, serta kamera yang responsif dan mampu menghasilkan foto-foto berkelas merupakan beberapa di antaranya. Penggunaan RAM 4GB, storage internal sebesar 64GB dan dapat ditingkatkan dengan menggunakan microSD hingga berkapasitas 2TB merupakan nilai plus yang membedakannya dengan kompetitor.

Sudah mendukung teknologi 4G LTE Cat 7

Untuk teknologi komunikasi mutakhir, ASUS ZenFone 3 sudah mendukung jaringan 4G LTE. Dengan konektivitas jaringan ini, pengguna bisa berselancar lebih cepat dan melakukan telekomunikasi suara yang lebih jernih.

Adapun untuk komunikasi data, ASUS juga sudah memberikan upgrade terhadap kemampuan jaringan yang didukung. Dibanding sebelumnya, ASUS ZenFone 3 ZE552KL sudah mendukung 4G LTE Cat 7 yang menawarkan kecepatan download hingga 300Mbps.

ASUS ZenFone 3 tidak hanya kompatibel dengan beberapa operator yang menggelar 4G, tetapi sudah semua operator 4G di Indonesia. Adapun frekuensi yang didukung oleh ASUS ZenFone 3 adalah  FDD-LTE (Band 1, 3, 5 dan 8) serta TD-LTE (Band 40). Dengan semakin lengkapnya frekuensi yang didukung, maka pengguna akan bisa menikmati akses internet terbaik yang sudah dihadirkan oleh berbagai operator seluler di Indonesia.

Dual SIM 4G-3G support

ASUS ZenFone 3 dilengkapi dengan fitur Dual SIM seperti yang sudah umum digunakan di Indonesia. Dengan kehadiran dual SIM, diharapkan pengguna dapat memaksimalkan fitur ini untuk medapatkan kelebihan terbaik dari dua operator yang berbeda. Misal, operator satu menawarkan layanan voice yang lebih terjangkau, dan operator lainnya menawarkan paket data yang paling cocok untuk kita.

Yang menarik, tak seperti smartphone 4G LTE dual SIM lainnya, ASUS ZenFone 3 mendukung 4G LTE di kedua slot SIM yang disediakan. Tak cukup sampai di situ, jika pengguna mematok opsi 4G pada salah satu kartu SIM, maka kartu SIM lainnya bisa diset pada layanan 3G. Tak banyak yang menawarkan fitur ini. Umumnya, jika satu kartu SIM sudah diset di jaringan 4G, maka kartu SIM lainnya dipaksa hanya berjalan di 2G. Ini merupakan langkah antisipasi ASUS yang melihat bahwa ke depan, teknologi 2G sudah tidak lagi disediakan oleh operator seluler.

Inovasi tiada henti di bidang kamera

Saat ini, kemampuan kamera adalah salah satu faktor terpenting sebelum konsumen membeli sebuah smartphone. ASUS dalam hal ini sudah menciptakan gebrakan baru dalam produknya dengan menyematkan sensor Sony IMX 298 di ASUS ZenFone 3 (ZE520KL dan tentunya juga ZE552KL).

Sensor Sony yang digunakan dapat meningkatkan kemampuan kamera dalam memgambil foto dan video. Selain Sony IMX 298, ASUS juga menyematkan teknologi OIS dan EIS untuk membantu kita yang sering mengalami tremor atau gemetar saat menggunakan kamera. Selain itu, ASUS ZenFone 3 juga mampu melakukan perekaman dengan kualitas 4K.

Ada yang menarik dari bagian kamera lini ASUS ZenFone 3 dengan resolusi 16MP ini, yakni penggunaan aperture f/2.0 dan 6 element largan lens. Penggunaan teknologi tersebut dipastikan akan menjadikan kamera pada ASUS ZenFone 3 menjadi kamera yang superior. Termasuk saat dalam kondisi pencahayan kurang (low light mode).

Melengkapi kemampuan kamera, ASUS juga membenamkan fitur yang disebut dengan TriTech Auto-Focus. Seperti diketahui, laser auto-focus adalah teknologi laser yang digunakan oleh smartphone untuk mendapatkan bidikan yang cepat terhadap suatu objek.

Fitur laser auto-focus ini akan sangat membantu para fotografer mobile untuk berkarya dengan ASUS ZenFone 3. Khususnya saat mereka perlu mengabadikan momen berharga yang hanya berlangsung dalam sekejap.

Laser auto-focus ini bisa membantu kita untuk mendapatkan fokus secepat 0.03 detik sehingga kita tidak akan melewatkan momen sesingkat apapun. Kelebihan lainnya adalah, pada versi ini, jarak obyek yang bisa didapat dengan cepat mencapai 3x lebih jauh.

Tak hanya laser auto-focus, untuk para fotografer, ASUS juga memanjakan mereka dengan fitur phase detection auto-focus dan continuous auto-focus. Ketiga teknologi auto-focus tersebut membentuk teknologi yang disebut sebagai TriTech Auto-Focus sehingga membuat ZenFone 3 disebut-sebut sebagai smartphone yang designed for photography.

Pada Phase Detection Auto-focus, kamera menggunakan sensor untuk mendeteksi kontras dari cahaya yang masuk ke lensa. Mendeteksi kontras dilakukan dengan cara membelokkan cahaya dari lensa menggunakan cermin menuju dua buah sensor autofokus (bukan sensor foto).

Adapun Continuous Autofocus menggunakan laser auto-focus untuk tetap secara realtime melakukan focus terhadap objek yang ada di depan. Continuous auto-focus ini akan akan membantu pengguna untuk mengambil gambar obyek yang sedang bergerak.

Sensor pada ZenFone 3 akan mendeteksi perbedaan fase cahaya yang masuk, saat mereka belum berimpit maka lensa akan terus digerakkan. Saat fase cahaya sudah berimpit (yang artinya gambar sudah fokus), maka sensor fokus akan memerintahkan kamera untuk menghentikan gerakan lensa dan mengunci fokus.

Nah, dengan 5 faktor kuat di atas, tidak ada alasan lain bagi Anda untuk tidak memilih smartphone ASUS ZenFone 3 ZE552KL sebagai smartphone utama Anda. Baik untuk penggunaan sehari-hari, sebagai perangkat pendukung multimedia, ataupun sebagai perangkat pendukung hobi fotografi Anda.

Komentar Anda

Hari P

Fans berat gadget dan smartphone email: portal.review1st@gmail.com twitter: @review1st