Implementasi LTE di Spektrum 2.1 GHz Semakin Diminati

Global mobile Suppliers Association (GSA) menerbitkan laporan status perkembangan LTE di spektrum 2.1 Ghz atau lebih dikenal dengan 3GPP band 1. Menurut GSA, spektrum 2.1 Ghz mulai memiliki daya tarik untuk LTE dan mengalami pertumbuhan positif. Spektrum 2.1 GHz umumnya digunakan untuk mengimplementasikan jaringan 3G di berbagai belahan dunia, dengan WCDMA-HSPA sebagai teknologi yang dominan dipakai.

Kini jumlah operator yang menggunakan kanal di spektrum 2.1 GHz untuk menyebarkan layanan mobile broadband 4G/LTE mengalami peningkatan. Baik untuk single band atau untuk multi band jaringan LTE-Advanced melalui teknologi carrier aggregation. Dengan cara ini operator bisa mendongkrak performa jaringan LTE dan kecepatan data, sehingga user experience menjadi lebih baik.

Sebagian besar regulator mulai memfasilitasi penggunaan spektrum 2.1 GHz untuk sistem 4G dengan mengadopsi kebijakan teknologi netral. Dan, lisensi teknologi netral 2.1 GHz sudah mulai diterima di beberapa negara. GSA mengharapkan trend ini berlanjut dan mempertimbangkan jika 2.1 GHz akan dipakai lebih banyak operator lagi dalam menyebarkan jaringan LTE.

Bagaimana status pasar LTE 2100 (LTE yang dioperasikan di spektrum 2.1 GHz)? GSA melaporkan jika 15 operator di 11 negara sudah meluncurkan secara komersial sistem dan layanan LTE menggunakan spektrum 2.1 GHz. Meningkat dua kali lipat jika dibandingkan tahun sebelumnya. Beberapa operator tengah mengembangkan dan mempertimbangkan 2.1 GHz untuk menyebarkan jaringan LTE secara komersial jika memungkinkan.

Menurut data GSA, lebih dari 36 persen perangkat LTE bisa beroperasi di spektrum 2.1 GHz (band 1) dibandingkan tahun lalu yang hanya 28 persen. Sekitar 1185 perangkat LTE2100 sudah diumumkan ke pasar oleh 142 pabrikan.

Alan Hadden, VP of Research di GSA mengatakan:

“The number of LTE2100 compatible devices more than doubled over the past year (118% higher). Band 1 is the third most supported band for LTE devices, following 1800 MHz (band 3) and 2.6 GHz (band 7).”

Tika M

The strongest actions for a woman is to love herself, be herself and shine amongst those who never believed she could.”