Mengintip Lebih Dekat Kemampuan Kamera Galaxy Note 8

Samsung dikenal dengan vendor yang sangat memperhatikan kualitas kamera dalam setiap smartphone flagship besutannya, termasuk kamera Galaxy Note 8. Mungkin kami salah satu yang tetap percaya dengan itu, meski di sisi lain kami juga percaya kalau harga smartphone Samsung sedikit lebih mahal dari smartphone merek lain. Haha.

Samsung jelas telah menetapkan standar terbaru buat kamera smartphone dari sisi hardware dan software lewat amunisi terbaru mereka Galaxy Note 8. Seri ini adalah smartphone pertama dengan dua kamera belakang 12MP yang dilengkapi Optical Image Stabilization (OIS) di kedua lensa wide-angle dan telephoto.

Dengan tingkat optical zoom 2X dan digital zooming 10X, gambar yang dihasilkan terlihat lebih tajam dan jelas, bahkan saat menangkap gambar dari jarak jauh atau pada pencahayaan rendah. Selain itu, fitur Live Focus dan Dual Capture baru memberikan kreativitas lebih atas foto yang diambil.

Dual Camera Pada Galaxy Note 8

Seperti namanya, Dual Camera adalah dua kamera berbeda yang mempunyai dua sensor yang saling melengkapi kemampuannya. Secara umum, satu kamera berfungsi seperti kamera umumnya, menangkap warna seperti biasa. Sementara kamera kedua, digunakan untuk menambahkan elemen yang tidak bisa ditangkap oleh sensor utama.

Saat pengguna mengambil foto, kamera Galaxy Note 8 menangkap dua foto berbeda. Kombinasi dari kedua gambar inilah yang memproduksi gambar yang jelas dan berkualitas tinggi dan memiliki depth of field yang lebih besar.

Bekerja dengan harmonis, dua kamera Galaxy Note 8 memanfaatkan kedua lensanya, lensa wide-angle dan lensa telephoto secara bersamaan untuk hasil yang optimal.

Cara Kerja Zoom Kamera Galaxy Note 8

Dengan kemampuan optical zoom 2X dan digital zooming 10X, Dual Camera dari Galaxy Note 8 mempu menangkap gambar close-up yang jelas, dan berkualitas tinggi.

Ini karena lensa telephoto menggunakan optik dari kamera, atau optical zoom, untuk membuat objek foto terlihat lebih dekat tanpa memperbesar porsi gambar lainnya seperti yang dilakukan digital zoom. Dengan begitu, optical zoom memproduksi gambar yang terlihat professional tanpa kehilangan kualitasnya, bahkan saat objek foto berada di jarak jauh. Contohnya, saat mengambil foto sebuah konser band, pengguna dapat memakai kamera Galaxy Note8 untuk melakukan zoom dan melihat detil dari panggung konser.

Didukung Dua Pixel Technology

Sebagai tambahan kemampuan melakukan zoom, dual camera dengan lensa F1.7 wide-angle yang cepat dilengkapi Dual Pixel technology dan F2.4 telephoto lens, dapat dengan cepat dan akurat menentukan objek gambar yang menjadi fokus, oleh karena itu foto yang lebih tajam dan terang dapat diambil meskipun dalam kondisi pencahayaan rendah.

Lalu, dengan dual OIS, pengguna dapat memperoleh gambar yang tajam dan fokus di segala kondisi pencahayaan, bahkan saat mengambil foto dengan tangan yang tidak stabil.

Fitur kamera tambahan Galaxy Note 8 juga memberikan pengguna kebebasan berkreasi untuk menciptakan foto unik yang lebih menonjol dibanding foto lainnya.

Contohnya, dengan Live Focus, pengguna dapat menyesuaikan efek bokeh – kualitas estetika dari buramnya bagian gambar diluar objek foto – dengan mengubah depth of field. Pengguna dapat mengontrol intensitas dari efek buram dan mengaplikasikannya sebelum dan sesudah gambar diambil.

Saat banyak pengguna lebih suka untuk membuat objek fotonya menonjol memakai efek buram, terkadang latar belakang dari objek sama pentingnya dengan objek foto, sama seperti sedang mengambil foto orang terdekat di bangunan terkenal dunia. Dengan Dual Capture mode, kedua kamera belakang bisa bekerja secara bersamaan untuk menangkap dua gambar berbeda. Pengguna dapat mengakses kedua hasil gambar versi zoomed-in dan wide-angle dari galeri.

Kamera Galaxy Note 8 juga dilengkapi dengan autofocus F1.7 8MP di kamera depan yang terdepan di industri untuk selfie dan video chat yang lebih tajam. Lensanya yang terang membuat detil foto lebih jelas bahkan saat pencahayaan rendah, sementara Smart Auto Focus mendeteksi wajah pada gambar.

Memadukan Dual Camera Samsung yang terbaik dikelasnya dengan dual OIS pada kedua lensa, serta fitur baru Live Focus dan Dual Capture, Galaxy Note 8 adalah perangkat yang cukup menjanjikan untuk mengambil foto. Foto yang diambil lebih tajam dan jelas agar momen spesial pengguna bisa diabadikan seperti gambaran nyata.

Komentar Anda

Hari P

Fans berat gadget dan smartphone email: portal.review1st@gmail.com twitter: @review1st