Canggih, Truck Baru Isuzu Giga FVR, FVM dan FTR Bermesin Commonrail

Semakin berkembangnya pasar kendaraan komersial di Indonesia dijawab PT. Isuzu Astra Motor Indonesia dengan meluncurkan tiga truk sekaligus. Ketiga produk yang termasuk kedalam kelas medium truck tersebut adalah Isuzu Giga FVR, FVM dan FTR. Hebatnya, truk tersebut sudah mengaplikasikan mesin diesel commonrail dan menjadikannya sebagai yang pertama di Indonesia.

Ketiga truk menengah Isuzu ini akan melengkapi keluarga Giga sebelumnya yang diluncurkan tahun 2011 kemarin yaitu Giga FVZ dan FRR. Isuzu berharap varian baru FVR, FVM dan FTR bisa mendongkrak penjualan pada 2012 di kelas medium truck menjadi 24.500 unit dari sebelumnya di tahun 2011 23.142 unit.

Keyakinan Isuzu bukan tanpa alasan. Pasalnya, selain menjadi pelopor medium truck pertama di Indonesia yang sudah dilengkapi mesin diesel commonrail, juga tiga produk barunya ini telah melalui proses pengujian oleh insinyur terbaik Jepang dan Indonesia selama dua tahun. Pengetesan dilakukan mulai dari tes bahan bakar, tes performa mesin, chassis, suspensi dan daya angkut.

“Isuzu Giga FVR, FVM dan FTR merupakan produk terbaik di kelasnya untuk menunjang bisnis para pengusaha tambang, kelapa sawit, logistik dengan daya angkut luar biasa. Hasil tes menunjukkan tiga produk kami lebih efisien 10%-11% dibanding kompetitor dan suspensinya lebih bagus. Truk dengan mesin commonrail ini juga telah disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan pasar Indonesia,” ujar Yohannes Nangoi, Presiden Direktur Isuzu Astra Motor Indonesia di Jogyakarta, 18 Januari 2012.

Isuzu Giga FTR merupakab medium truck 4×2 dengan kapasitas mesin 5.193 cc, 4 silinder segaris, OHC, direct injection diesel dengan tenaga 210 hp pada 2.600 rpm dan torsi besar 65 kgm di rpm 1.600-2.600. FTR berada di kelas GVW 14 ton dan telah dilengkapi pre fuel filter dan main fuel filter untuk menangkap semua kontaminasi negatif di dalam solar, sehingga aman dari buruknya kualitas solar di Indonesia.

Untuk Isuzu Giga FVR juga termasuk 4×2 bermesin 7.790 cc, 6 silinder segaris, OHC, direct injection diesel, GVW 16 ton, bertenaga 240 hp dan torsi 72 kgm. Sedangkan tipe FVM bermesin 7.790 cc, 6 silinder, OHC, direct injection diesel, GVW 24 ton, berdaya 240 hp dan torsi 72 kgm.

FTR ini cocok untuk aplikasi open cargo, wing box dan Cargo dengan harga mulai dari Rp 408 juta. FVR cocok untuk steel box, dump, tangki dan full trainer dengan harga mulai dari Rp 462 juta. Terakhir FVM cocok untuk angkutan transportasi jarak jauh sampau antar pulau dengan harga mulai dari Rp 560 juta. Semua harga tersebut off-the road Jakarta.

m.lulut@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.