Mesin Diesel Jeep Wrangler 2012 Aman Minum Solar Biasa

Butuh hampir setahun prinsipal Chrysler di Amerika mengembangkan mesin diesel yang sesuai dengan kualitas bahan bakar solar yang ada di Indonesia. Kini setelah semuanya siap, PT Garansindo Inter Global atau Chrysler Indonesia, baru berani meluncurkan Jeep Wrangler 4 Door Platinum 2012 bermesin diesel 2.8 liter Common Rail Diesel (CRD) untuk mendampingi mesin bensin Pentastar 3.6 liter, V6 DOHC.

“Harusnya tahun lalu kita luncurkan varian diesel ini, tapi terkendala kualitas bahan bakar. Akhirnya prinsipal mempercepat proses R&D agar mesin dieselnya sesuai dengan solar di Indonesia dengan melakukan beberapa penyesuaian. Tidak ada target khusus, pokoknya sebanyak-banyaknya,” ujar Muhammad Al Abdulah, COO PT Garansindo Inter Global, saat peluncuran Jeep Wrangler 2012 di Atrium, Senayan City Jakarta, 7 Maret 2012.

Pria yang akrab disapa Memet ini menambahkan, meskipun tidak masalah meminum solar biasa, namun tenaganya sangat besar 200 hp dengan torsi 350 Nm yang berasal dari mesin diesel berkode ‘Cheetah’ berkapasitas 2.8 liter. Berkat pengembangan teknologi pula, mesin diesel ini diklaim lebih irit 10% dibanding model sebelumnya dari 7 km/liter dalam kota dan 8 km/liter luar kota, menjadi 8 km/liter dalam kota dan 10 km/liter luar kota.

Selain menawarkan mesin bensin dan diesel baru, Jeep Wrangler keluaran tahun 2012 telah mengalami pergantian transmisi dari sebelumnya 4-speed otomatis, menjadi 5-speed otomatis. Transmisi ini disempurnakan dengan Command-Trac NV241 part time, 2-speed transfer case bergigi rasio rendah 2,72:1 untuk yipe Wrangler Sport dan Sahara. Sedangkan varian tertinggi Wrangler Rubicon, dibekali transfer case rock-Trac NV241, 2-speed dengan transfer case bergigi rasio rendah 4,0:1.

Untuk mesin bensin Pentastar 3.6 liter berdaya maksimum 285 hp, naik 80 hp dari generasi sebelumnya, dengan torsi puncak 350 Nm. Mesin ini sebenarnya lebih kecil 200 cc, namun memiliki kenaikan daya hingga 41%, sehingga akselerasinya lebih cepat 3 detik untuk 0-100 km/jam. Kuncinya material mesin diganti dari besi menjadi alumunium agar rugi mekanis dan panas dapat direduksi.

Jeep Wrangler 2012 terbagi dalam 3 varian yaitu Sport, Sahara dan Rubicon dengan pilihan 3 warna baru, yellow dozer, orange crush dan black forest green. Untuk Wrangler Sport dibagi lagi menjadi 3 tipe yaitu Sport X, Renegade dan Sport Platinum. Fitur standarnya meliputi electronic stability control (ESC), hill descent control (HDC), heavy duty brake dan hill assist start (HAS).

Untuk harga Jeep Wrangler versi bensin dimulai dari Rp 670 juta sampai Rp 865 juta. Sedangkan versi diesel Jeep Wrangler Sport 4 Door Platinum Diesel dijual Rp 795 juta. Semua harga tersebut off-the road.
m.lulut@gmail.com

Bayu W

Fans of sport cars and MotoGP. Also gadget enthusiast.

Leave a Reply

Your email address will not be published.