New Foton View Cocok Untuk Perusahaan Travel

PT. Foton Mobilindo menjadi Agen Pemegang Merek (APM) kedua yang meluncurkan model baru di tahun 2012, setelah Toyota dengan New Alphard. Bertempat di showroom Foton Slipi, Jakarta, Foton melansir New View High Roof, sebuah minibus yang telah mengalami penyempurnaan dari segi eksterior dan interiornya. Foton menjamin, MPV bongsor yang pertamakali diluncurkan pada 2009 lalu tersebut, kini dibuat lebih berkualitas dan lebih nyaman.

Perubahan paling signifikan yang terjadi pada Foton View terdapat pada desain atap yang lebih tinggi. Hal ini diungkapkan Hendry Marzuki, Chief Executive Officer PT. Foton Mobilindo, tentunya akan memberikan kenyamanan lebih kepada para penumpangnya, sehingga dapat difungsikan sebagai kendaraan niaga, blind van, ataupun ambulance. Hendry juga menjamin soal kualitas keseluruhan dari New View jauh lebih baik dibanding View sebelumnya, karena pihaknya telah ganti vendor perakitan.

“Dulu dirakit di PT. Gaya Motor kurang maksimal, sehingga kami pindahkan proses perakitannya ke PT. Delima Jaya per Juni 2011. Di tempat baru ini, setelah dirakit, kami bisa melakukan penyempurnaan seperti proses detailing, pendempulan, pelapisan anti karat, penambahan soundproof (peredaman) hingga pengecatan. Kami juga menghilangkan pintu penumpang sebelah kanan untuk menghilangkan intrusi suara,” ujar Hendry di Jakarta, 11 Januari 2012.

Komitmen meningkatkan kualitas dan kenyamanan juga dibuktikan dengan penggantian piranti penyejuk udara atau AC menjadi produk buatan Jepang, Nippodenso. Pesaing Kia Pregio ini masih mengandalkan mesin turbo diesel 4JB1 2.800 cc dengan tenaga puncak 110 hp dan torsi maksimal 202 Nm. “Soal mesin, jangan khawatir karena sudah terbukti tangguh dan bandel. Sebab tipe mesin ini adalah mesin Isuzu,” imbuh Hendry.

Foton New View High Roof memiliki 4 varian yaitu Standar, Deluxe, Blind Van dan Ambulance. Untuk versi standar hadir dengan kapasitas tempat duduk 14 orang dan Deluxe 9 tempat duduk. Sedangkan Blind Van dan Ambulance diciptakan sesuai fungsinya untuk mengangkut barang ekspedisi atau peralatan medis dan pasien. Untuk harganya, View Standar Rp 235 juta, Deluxe Rp 250 juta, Blind Van 250 juta dan Ambulance Rp 315 juta.

Melalui New View High Roof, Foton akan lebih serius menggarap pasar travel, perhotelan, transportasi awak pesawat hingga rumah sakit. Targetnya diharapkan dapat terjual hingga 100 unit sepanjang tahun 2012. “Untuk itulah pada peluncuran ini kami undang juga pihak dari travel serta telah meminjamkan dua unit untuk dicoba maskapai penerbangan Lion Air sebagai alat transportasi pramugarinya. Bahkan travel Trans Sulawesi di Makassar sudah pesan 50 unit untuk Foton New View High Roof ini,” tutup Hendry.
m.lulut@gmail.com

Mustafa Iman

penulis | pengelana

Leave a Reply

Your email address will not be published.