Test Drive : Toyota Sienta Buktikan Kenyamanan dan Kemewahannya

REVIEW1ST.COM, Bandung – Kesempatan untuk mencoba Toyota Sienta akhirnya datang juga setelah PT. Toyota-Astra Motor (TAM) mengajak redaksi REVIEW1ST.COM diajak ikut serta dalam perjalanan dari Jakarta menuju Bandung, 21 Juli 2016. Toyota menawarkan 4 tipe pada Sienta ini dengan pilihan transmisi otomatis CVT dan transmisi manual. Sienta ditawarkan dengan 4 grade yaitu E, G, V dan Q dan semuanya memiliki mesin berteknologi baru NR Engine.

Mobil dengan kapasitas 7 penumpang ini memiliki eksterior yang stylish dan modern. Bagian depannya dihiasi dengan lampu Bi-Beam LED Projector Headlamp with LED clearance lamp & auto leveling. Lampu belakang juga hadir dengan LED bersama LED line guide. Kaki-kaki terlihat sporty dengan velg berukuran 16 inci berdesain dua nada untuk tipe Q dan V yang diapit rem cakram di keempat rodanya. Jujur saja, tampilannya tampak memikat dan mengesankan.

Sienta DriveBeragam fitur terkini disematkan . Misalnya untuk pintu untuk akses penumpang bisa dioperasikan secara elektronik dan mengusung sliding door untuk semua tipe dan power sliding door untuk tipe Q, V dan G. Sienta ini ditawarkan kepada konsumen dengan 7 pilihan warna, yaitu dark brown mica metallic, quartz brown metallic, orange metallic, super white 2, silver metallic, gray metallic dan attitude black mica.

Untuk interior, tipe Q dan V, Sienta tampil mewah dan setirnya sudah dilapisi dengan kulit dan terdapat tombol-tombol operasi di setirnya. Tampilan cluster meter menerapkan layar TFT berukuran 4.2 inci dan segala informasi yang dibutuhkan pengendara tersedia di layar MID. Khusus tipe Q, V dan G, Sienta dilengkapi sistem audio layar sentuh berukuran 7 inci. Sistem audio bisa mengakses DVD AVX dengan MP3, USB, AUX, iPod dengan mirroring over Wi-Fi, internet browser, dan voice command.

Sienta Drive 3Untuk menyalakan mesin, cukup menekan tombol Smart Start-Stop Button. Selain itu, penumpang bagian belakang juga lebih nyaman dengan double blower AC khusus tipe Q, V dan G. Terdapat tiga pilihan interior sesuai tipenya, yaitu black trim & dark brown seat untuk tipe Q dan V, Fromage Trim & Brown Seat untuk tipe Q dan V serta Blact Trim & Black Seat untuk tipe E dan G. Sienta ini tidak berkonsep captain seat, dengan alasan untuk menciptakan kapasitas penumpang yang lebih banyak.

Sienta menggendong mesin NR generasi baru yaitu mesin 2NR-FE. Mesin ini sudah berteknologi Dual VVT-i. Mesin 4 silinder segaris, 16 katup, DOHC, Dual VVT-i ini dikembangkan di Indonesia. Mesin Sienta berkapasitas 1.497cc. Tenaganya mencapai 107 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 14,3 kgm pada 4.200 rpm. Mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual atau otomatis. Untuk transmisi manual memiliki 6-speed, sementara transmisi otomatis berupa CVT dengan 7-speed Sport Sequential Shiftmatic.

Sienta Drive 6Kemampuan mesin ini dibuktikan di jalanan di sepanjang tol Cipularang. Sienta seakan tidak pernah kehabisan nafas untuk mengeluarkan dayanya dalam menaklukkan tanjakan panjang di sepanjang perjalanan. Kestabilan juga patut dipuji, berkat racikan pas pada setingan suspensi, wheelbase dan ground clearance yang dimiliki Sienta.

Kombinasi tersebut menciptakan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang. Gejala limbung tidak terlalu terasa didalam kabin. Oh iya, sistem peredaman Sienta juga sangat baik dan patut diacungi jempol. desiran angin, suara mobil lain dari luar, dan intrusi ban, dapat diminimalisir dengan baik.

Komentar Anda

M Lulut

Penggemar otomotif, hobi test drive dan test ride. Kontak Email: m.lulut@gmail.com