Review Blackberry Motion: Fitur Security Jadi Ujung Tombak

REVIEW1ST.com – Blackberry Motion adalah masa depan. Meski mungkin sebagian besar generasi milenial kurang begitu akrab dengan smartphone besutan Blackberry, tapi generasi yang lebih ‘dewasa’ kalau enggan dibilang tua (hehe) mungkin ada yang belum bisa ‘move on’ dan setia menanti.

Sempat mengisi lembaran sejarah industri smartphone sebagai merek papan atas meski kini nyaris terlupakan. Dan, Blackberry Motion muncul untuk membuka mata generasi masa kini, sekaligus mengingatkan generasi pendahulunya bahwa mereka masih ‘bernafas’.

Baca Juga:

Review Tinggal.com: Destinasi Baru Buat Berburu Hotel Bujet Favorit

Tips Root Android di Smartphone Tanpa Ribet Pakai PC atau Laptop!

Dan, inilah sebuah insight sekaligus ulasan tentang Blackberry Motion. Sekedar memberikan gambaran, seperti apa sih smartphone anyar besutan Blackberry yang mengadopsi sistem operasi Android ini.

spesifikasi blackberry motion

Keamanan Blackberry Motion Jadi Kata Kunci

Blackberry masih percaya bahwa ‘security’ masih bisa jadi magnet untuk menjaring peminat. Meski kini beralih memakai sistem operasi Android, tapi fokus pada keamanan dan produktivitas masih jadi senjata Blackberry Motion.

Buat yang masih mengikuti sepak terjang Blackberry terkini, tentu kenal dengan Blackberry Priv dan KEYone. Bicara ‘Blackberry’ keduanya terlihat sangat revolusioner dalam hal desain. Bahkan Blackberry KEYOne adalah kombinasi antara smartphone layar sentuh modern dengan gaya klasik Blackberry. Keypad QWERTY fisik.

Tapi, seri baru bernama Blackberry Motion ini muncul berbeda dari sang kakak. Standar atau mengadopsi pakem smartphone saat ini, mengemas konsep full touch screen. Seperti apa sih?

Desain Blackberry Motion Dibungkus Material Anti Air

spesifikasi blackberry motion

Desain Blackberry Motion terlihat sangat konvensional. Mirip dengan smartphone Android lain yang ada di pasaran saat ini. Konstruksinya mengadopsi pola tradisional tanpa elemen keypad QWERTY fisik.

Pada bagian depan punya layar 5,5 inci tanpa sudut lengkung, bezelnya pun minimalis. Aspek rasio layarnya pun biasa saja. DI depan atas tertanam earpiece, kamera, sensor.

Sementara di bawah layar tersaji tombol kapasitif yang ditunjang lampu backlight dimana pada bagian tengah ada tombol home yang sekaligus berfungsi sebagai fingerprint.

Di ruas kiri menyelip microSD atau SIM tray, sebaliknya di area sebelah kanan dipasangi tombol volume, power dan convenience key. Di ruas bawah menempel grill speaker, port USB Type C dan port audio.

Desainnya cenderung flat alias menyiku di sepanjang sisi bodi, kecuali bagian atas yang cenderung sedikit membulat. Sementara bagian belakangnya dibungkus material berpola yang lembut, kecuali bagian atas dibungkus lapisan logam sebagai tempat bertahta kamera utama dan LED flash.

Oh ya, salah satu elemen berbeda yang menonjol dari perangkat ini adalah daya tahan terhadap air. Blackberry Motion mengantongi sertifikasi IP67 yang membuatnya tahan terhadap air dalam kondisi tertentu.

BlackBerry Motion disuntik panel LCD dengan bentang layar 5,5 inci. Biasa-biasa saja hanya disuntik dengan resolusi 1080×1920 piksel alias full HD. Kualitas tampilannya pun tak begitu istimewa. Jadi di sektor ini tak ada yang eksepsional sama sekali.

Antarmuka dan Fitur Blackberry Motion

Seperti sudah disebutkan di atas, keamanan Blackberry Motion jadi fokus utama sang vendor. Blackberry menjadikan Android 7.1 sebagai platform utama perangkat ini. Tapi tentu saja sudah dikostumisasi denga ciri khas mereka.

Software yang dibenamkan dalam perangkat ini persis seperti yang dimiliki saudaranya: BBM, Productivity Tab, DTEK security hub dan kumpulan shortcut untuk mengakses aktivitas umum.

Keberadaan convenience key cukup berguna karena sangat membantu mengakses aplikasi pilihan cukup dengan menekan tombol khusus. Tombol ini bisa juga dimanfaatkan untuk kebutuhan spesifik saat kita di rumah, saat berkendara atau saat meeting.

Prosesor Blackberry Motion Kelas Menengah, Memori Biasa Saja

prosesor blackberry motionBlackberry Motion sepertinya memang bukan diperuntukkan buat kalangan yang menginginkan performa istimewa. Tak heran jika sang vendor hanya menyusupkan prosesor kelas menengah. Sang vendor menanamkan chipset Snapdragon 625. Untung saja tandemnya adalah RAM 4GB sehingga lumayan membantu.

Sementara memori internal Blackberry Motion punya kapasitas 32GB. Serupa dengan para rival sekelasnya di pasaran. Untuk menambah besaran ruang penyimpanan, kita bisa menambahkan memori microSD. Saat diuji menggunakan AnTuTU, smartphone ini mencatatkan angka di kisaran 60 ribuan.

Untuk internetan, perangkat ini sudah didukung dengan jaringan 4G LTE. Selain itu, pengguna juga bisa memanfaatkan Wi-Fi sebagai jalur alternatif akses internet jika kebetulan ada hotspot yang tersedia.

Baterai Blackberry Motion Cukup Impresif

Untuk urusan baterai, sepertinya perangkat ini bisa membuat penggunanya sedikit tersenyum lega. Pasalnya, sang vendor menyematkan baterai berkapasitas 4000mAh. Daya tahan baterainya bisa dibilang cukup menjanjikan dan berada di atas rata-rata smartphone lain sekelasnya.

Waktu pengecasan yang dibutuhkan dari kondisi kosong sampai penuh pun masih relatif menjanjikan hanya butuh waktu sekitar dua jam.

Kamera Blackberry Motion Kurang Greget

kamera blackberry motionMemang Blackberry bukan diposisikan sebagai perangkat dengan kamera handal. Pasalnya, di luar sana masih banyak vendor yang bermain di rentang harga setara tapi punya kamera yang jempolan. Setidaknya, Blackberry Motion tetap berusaha memberikan yang terbaik.

Sang vendor mencoba mempersembahkan kamera utama dengan resolusi 12MP yang punya aperture f/2.0. Sementara di area depan Blackberry mematri kamera depan berkekuatan 8MP dengan aperture f/2.2. Jadi, tak perlu berharap terlalu banyak di sektor ini.

Blackberry Motion punya beberapa opsi dalam rekam video. Cukup menjanjikan dengan kemampuan recording yang bisa menjangkau kualitas 4K @30 fps. Sementara untuk rekaman 1080p kita bisa menikmati kecepatan 60fps. Didukung juga dengan electronic stabilization untuk meredam getaran.

Kesimpulan Blackberry Motion?

Blackberry Motion hanya sekedar mengikuti trend smartphone layar sentuh berbasis Android. Biasa saja, tak ada loncatan besar dari Blackberry yang bisa menjadi highlight buat para penggila teknologi. Hanya perangkat lunak dengan sektor keamanan mumpuni yang bisa ditonjolkan dari Blackberry Motion.

Fitur lain seperti kamera, kemampuan layar atau prosesor relatif setara dengan rival bahkan mungkin berada di bawah rival dengan harga setara. Untung saja, smartphone ini punya baterai dengan kapasitas yang cukup besar sehingga bisa jadi nilai tambah.

Buat generasi yang masih belum bisa ‘move on’ dari merek ini, mungkin Blackberry Motion bisa jadi pengobat rindu dengan sentuhan teknologi lebih mutakhir. Sementara buat milenial, sepertinya masih banyak merek lain yang lebih menggiurkan untuk dibeli.

Tika M

The strongest actions for a woman is to love herself, be herself and shine amongst those who never believed she could.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.