Review Tinggal.com: Destinasi Baru Buat Berburu Hotel Bujet Favorit

REVIEW1ST.COM – Adalah Tinggal.com, sebuah pilihan menarik yang muncul di tengah keriuhan situs booking hotel yang kini bertebaran.  Sedikit berbeda dengan para kompetitor dan mungkin sesama penyedia bisnis yang sama, Tinggal.com memilih menjadi wadah operasional utama buat mencari Hotel Bujet favorit. Hmmm, menarik sepertinya.

Oleh pendirinya, Tinggal.com dirancang sebagai sebuah pasar online bagi para wisatawan untuk memesan hotel-hotel independen berkualitas tinggi. Berdiri sejak awal tahun lalu, Tinggal.com berangkat dengan misi sebagai penyedia akomodasi penginapan terbaik di Indonesia. Hmm, konsep seperti ini sangat cocok dengan tipe gw yang juga ‘independen’. Halah.

TinggalSelanjutnya, situs ini memiliki visi untuk menjadi sistem operasional utama bagi hotel bujet, menjembatani kesenjangan antara banyaknya hotel bujet dengan konsumen masa kini yang terus menggunakan teknologi inovatif. Dari penelusuran gw, memang banyak pilihan yang ada dalam situs ini. Padahal menurut pengakuan Tinggal.com, mereka awalnya hanya mempunyai beberapa mitra hotel. Tapi sekarang sudah menawarkan lebih dari 400 hotel dengan 3.000 pilihan kamar berkualitas tinggi setiap harinya di lebih dari 16 kota di Indonesia.

Menurut gw sih, kesuksesan mereka merupakan bagian dari kontribusinya untuk membantu membangun dan mengelola hotel bujet favorit di Indonesia demi menyasar target konsumen yang tepat. Tinggal.com melihat kesempatan ini dengan menawarkan hotel berkualitas tinggi di semua destinasi utama Indonesia seperti Bali, Jakarta, Surabaya, Bandung, Lombok, Bogor, Manado, Yogyakarta, dan Malang.

Gw sedikit ngelantur ya, pariwisata saat ini merupakan salah satu fokus dan prioritas utama bagi pemerintah Indonesia, selain manufaktur dan pertanian. Pemerintah yang menargetkan 20 juta wisatawan pada tahun 2019, mendorong Indonesia untuk segera mengembangkan dan memperluas propertinya serta menghubungkannya ke internet untuk memenuhi kebutuhan wisatawan masa kini yang tak bisa lepas dari dunia digital.

Menurut keterangan resmi yang  gw terima, Arjun Chopra, Co-Founder Tinggal.com sempat ngomong kalau mereka percaya pada potensi besar pariwisata yang dimiliki Indonesia. Tinggal.com yang berfokus di Indonesia dapat memberikan peningkatan pemesanan sebanyak 40% setiap bulannya bagi mitra hotel mereka. “Ini menunjukkan bahwa segmen travel bujet di Indonesia sangat besar. Saat ini, ada sekitar 40.000 hotel bujet di Indonesia dan diharapkan akan tumbuh sebesar 30% dalam 2-3 tahun kedepan.”

Bukan rahasia lagi jika sebagian besar dari hotel bujet favorit merupakan usaha keluarga yang sering kali mengalami kesulitan dengan penjualan, pemasaran, dukungan dan operasional. Tinggal.com cukup cerdik dengan menjaring kerjasama erat dengan mitra hotel, bahkan membantu mereka meningkatkan standar hotelnya.

“Caranya adalah dengan memastikan adanya kontrol kualitas, memaksimalkan pengunaan wadah kami, membuat konten berkualitas tinggi dan menjangkau konsumen yang tepat, sehingga mitra hotel dapat menawarkan dan memberikan pengalaman menginap terbaik,” ujar Arjun.

Ia menambahkan, Tinggal.com memberikan akses berupa sarana kepada semua mitra hotel, membantu mengelola bisnisnya. Mulai dari segi penjualan, pemasaran, pendapatan dan manajemen pemesanan untuk membantu mereka meninjau dan mengelola ketersediaan kamar serta harga.

Tak sampai di situ, Tinggal.com juga ternyata memakai teknologi VR (Virtual Reality) lho. “Dengan gambar berkualitas tinggi, konten yang disesuaikan dengan informasi tren penginapan terkini yang memberikan kesempatan untuk kami untuk memposisikan properti mereka secara kompetitif. Alhasil, Tinggal dapat memberikan penawaran terkini kepada pelanggan dan membantu mitra hotel untuk mendapatkan keuntungan yang sesuai,” seloroh Arjun.

Jika mengintip ke dalam situs ini, terungkap jika pelanggan akan mendapatkan kamar berkualitas yang bersih mulai dari Rp. 125.000. Didukung tempat tidur yang nyaman, air-conditioning, Wi-Fi gratis, kamar mandi di dalam kamar dan layanan pelanggan 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Selain itu, Tinggal.com juga membuat proses pemesanan yang mudah dan nyaman karena Tinggal berkomitmen untuk menyediakan pengalaman menginap yang terbaik di hotel bujet favorit.

Hal menarik lain yang gw temukan, Tinggal.com juga menggandeng beberapa mitra seperti Bank Permata, PegiPegi, Booking.com, Expedia Line dan Matahari Mall untuk memberikan penawaran lebih kepada penggunanya. Lebih dari itu, Tinggal.com ternyata menjadi label utama pada kategori travel di Qoo10 Indonesia yang menawarkan hotel berkualitas tinggi dan paket eksklusif.

Komentar Anda

Hari P

Fans berat gadget dan smartphone email: portal.review1st@gmail.com twitter: @review1st