Bedah Fitur Fotografi Kamera ASUS ZenFone 3 ZE552KL

REVIEW1ST.COM – Sebenarnya, tidak ada yang terlalu istimewa dari bedah yang gw lakukan kali ini. Hanya saja, pihak ASUS memberikan saya beberapa catatan yang rasanya sayang untuk dibuang.

Secara garis besar apa yang dibedah kali ini hanya dari sisi teknis dan spesifikasi ASUS Zenfone 3 ZE552KL. Siapa tahu bermanfaat buat kalian yang penasaran, makanya gw bagikan.

asus-zenfone-3-homeFitur kamera pada sebuah smartphone sudah bukan lagi sebagai fasilitas pelengkap. Dengan kemajuan teknologi yang ada, dan juga menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna saat ini, fungsi kamera pada telepon genggam sudah menjadi fitur krusial. Kondisi ini memicu sejumlah produsen smartphone menghadirkan fitur kamera hebat pada perangkat besutannya.

Sebagai salah satu pemain utama di industri smartphone, ASUS pun tak ketinggalan untuk terus memperkuat kemampuan teknologi kamera pada lini ZenFone yang fenomenal. Pada ZenFone 3 ZE552KL, ASUS menghadirkan kemampuan fotografi terbaik untuk smartphone di segmen mainstream. Berikut ini beberapa buktinya.

Kamera Mumpuni dengan Sensor Sony

Kamera adalah salah satu faktor terpenting sebelum konsumen membeli smartphone. ASUS dalam hal ini sudah menciptakan gebrakan baru dalam produknya dengan menyematkan sensor Sony IMX 298 di ASUS ZenFone 3 (ZE520KL dan ZE552KL).

Sensor Sony ini dapat meningkatkan kemampuan kamera dalam memgambil foto dan video. Selain Sony IMX 298, ASUS juga menyematkan teknologi OIS (Optical Image Stabilization) dan EIS (Electronic Image Stabilization) pada smartphone terbarunya tersebut.

OIS merupakan mekanisme dari sisi hardware, yang digunakan untuk menstabilkan gambar yang direkam dengan memvariasikan jalur optik ke sensor. Pada prakteknya, meskipun tanggan bergetar atau bergerak, jika fitur OIS aktif, maka objek yang akan difoto akan tetap fokus di satu titik yang sudah ditentukan sebelumnya.

Adapun EIS sendiri merupakan teknik pengoptimalan gambar menggunakan proses elektronik. EIS berfungsi untuk meminimalisir blur akibat getaran ataupun goyangan perangkat. Misalnya saat kamera bergerak maju, mundur, mendongak ke atas atau menunduk ke bawah, bergeser ke kiri atau kanan, atau sedikit berubah posisi secara vertikal dan horizontal. Fitur ini sangat bermanfaat saat pengguna sedang mengambil video.

Dari sisi perekaman video, ASUS juga tidak main-main saat menghadirkan fitur tersebut pada ZenFone 3 ZE552KL. Meskipun dipasarkan di harga mainstream, kamera pada smartphone ini sudah mampu melakukan pengambilan video dengan resolusi 4K. Tak hanya dengan resolusi Full HD.

Selain itu, kamera ASUS ZenFone 3 ZE552KL yang punya resolusi 16MP tersebut memiliki bukaan atau aperture sebesar f/2.0. Dilengkapi dengan 6 element Largan lens, kombinasi keduanya akan menjadikan kamera pada smartphone ini puna kemampuan yang superior, termasuk saat mengambil foto dalam kondisi pencahayaan kurang (low light).

TriTech auto-focus untuk fotografi instan dan akurat

Laser auto-focus adalah teknologi laser yang digunakan oleh smartphone untuk mendapatkan bidikan yang cepat terhadap suatu objek. Fitur laser auto-focus ini akan sangat membantu para fotografer mobile untuk berkarya dengan ASUS ZenFone 3. Khususnya saat mereka perlu mengabadikan momen berharga yang hanya berlangsung dalam sekejap.

Laser auto-focus ini bisa membantu kita untuk mendapatkan fokus secepat 0.03 detik sehingga kita tidak akan melewatkan momen sesingkat apapun. Kelebihan lainnya adalah, pada versi ini, jarak obyek yang bisa didapat dengan cepat mencapai 3x lebih jauh.

Tak hanya laser auto-focus, untuk para fotografer, ASUS juga memanjakan mereka dengan fitur phase detection auto-focus dan continuous auto-focus. Ketiga teknologi auto-focus tersebut membentuk teknologi yang disebut sebagai TriTech Auto-focus sehingga membuat ZenFone 3 disebut-sebut sebagai smartphone yang designed for photography.

Pada Phase Detection Auto-focus, kamera menggunakan sensor untuk mendeteksi kontras dari cahaya yang masuk ke lensa. Mendeteksi kontras dilakukan dengan cara membelokkan cahaya dari lensa menggunakan cermin menuju dua buah sensor autofokus (bukan sensor foto).

Adapun Continuous Autofocus menggunakan laser auto-focus untuk tetap secara realtime melakukan focus terhadap objek yang ada di depan. Continuous auto-focus ini akan akan membantu pengguna untuk mengambil gambar obyek yang sedang bergerak.

Sensor pada ZenFone 3 akan mendeteksi perbedaan fase cahaya yang masuk, saat mereka belum berimpit maka lensa akan terus digerakkan. Saat fase cahaya sudah berimpit (yang artinya gambar sudah fokus), maka sensor fokus akan memerintahkan kamera untuk menghentikan gerakan lensa dan mengunci fokus.

PixelMaster 3.0 untuk mobile photography

PixelMaster 3.0 adalah aplikasi kamera buatan ASUS yang hanya terdapat di smartphone ASUS. Aplikasi PixelMaster ini sangat bermanfaat untuk pengguna yang memiliki hobi fotografi. Tanpa harus membeli DSLR yang harganya cukup mahal, pengguna bisa menikmati mode-mode pemotretan yang mirip seperti yang ada pada kamera profesional.

Bagi yang senang dengan setting khusus, pada ASUS PixelMaster Camera 3.0 tersedia fitur manual mode untuk mendapatkan hasil terbaik sesuai keinginan pengguna. Pada Manual mode, ada opsi untuk mengatur white balance, EV, ISO, Speed Shutter.

Adapun dengan manual mode, kita bisa mengambil foto seperti di bawah ini. Gambar di  bawah adalah hasil foto bulan purnama yang tertutup awan, diambil pada malam hari.foto-malam

Berikut adalah contoh foto-foto lain yang diambil oleh kamera ZenFone 3:

foto-indoor foto-biasaSeperti kita lihat di atas, fitur-fitur serta kemampuan kamera pada ZenFone 3 ini merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya. Jadi, tidak salah kalau ASUS ZenFone 3 ZE552KL merupakan smartphone yang diciptakan khusus untuk fotografi.

Nah, bagaimana bedah ASUS ZenFone 3 ZE552KL-nya? Memang tidak terlalu mendalam dan masih cenderung teknis, tapi setidaknya bisa memberikan gambaran buat kita seputar kemampuan fotografinya.

Komentar Anda

Hari P

Fans berat gadget dan smartphone email: portal.review1st@gmail.com twitter: @review1st