Review Asus Zenfone 4 Max Pro: Punya Kamera Ganda dan Baterai 5000 mAh

REVIEW1ST.COM – Asyik, gw baru saja kedatangan amunisi baru dari ASUS. Yups, keluarga Zenfone 4 sudah mulai menjajaki pasar Indonesia. Salah satu yang sudah resmi masuk dan tengah sy pegang adalah ASUS Zenfone 4 Max Pro.

Tanpa banyak basa-basi, ASUS telah mendaratkan seri yang membuat para rival ketar-ketir. Masuk ke segmen menengah di kisaran harga 2-3 jutaan, Zenfone 4 Max Pro menurut gw merupakan satu dari segelintir smartphone yang benar-benar punya value for money cukup bagus. Ah, simak saja deh review gw.

ASUS Zenfone 4 Max Pro hadir dengan tagline We Love Photo dan We Love Energy. Jika diartikan mungkin seperti ini, ‘ASUS Zenfone 4 Max Pro ini adalah smartphone yang punya kemampuan fotografi handal dan baterai besar’. Hehe.

Desain dan Layar ASUS Zenfone 4 Max Pro

ASUS Zenfone 4 Max Pro ini punya tampilan yang mirip dengan ASUS Zenfone Zoom S.Oh ya, seri ini punya 3 tombol navigasi fisik dengan ‘home’ di tengah sekaligus berfungsi sebagai sensor sidik jari.

Melihat bodinya, ponsel ini realatif memiliki ukuran yang tak terlalu bongsor tapi juga tak bisa dibilang seksi alias ramping. Tapi jika mengingat kapasitas baterainya yang besar, Zenfone 4 Max Pro bisa dibilang mampu menjaga tampilan teta ergonomis.

Rasio layar terhadap bodi pada ASUS Zenfone 4 Max Pro ini sekitar 70.4%. Bagian depan dibungkus kaca cembung 2.5D. Tubuh bagian belakangnya dibalut material seperti logam yang juga terasa keras.

Di bagian touchscreen, ASUS Zenfone 4 Max Pro hadir dengan teknologi IPS yang memiliki bentang layar 5,5 inci plus resolusi full HD (1080 x 1920 piksel). Oh ya, kerapatan pikselnya sudah mencapai 401 ppi lho. Jadi gambar yang tertampil di layar ponsel ini sangat tajam dan detil.

Oh ya, layar ASUS Zenfone 4 Max Pro sudah dilindungi dengan lapisan anti gores Gorilla Glass. Jadi, setidaknya bisa melindungi dari goresan benda tajam dan gesekan-gesekan ringan yang dikhawatirkan membuat layar jadi baret. Ini adalah sebuah peningkatan dimana Zenfone 3 Max hanya dilindungi lapisan oleophobic coating.

Layar sentuhnya sanggup menampilkan gambar optimal dalam keadaan di luar ruangan terkena sinar matahari langsung saat disetel ke setting brightness tertinggi. Layarnya bisa merespon dengan baik sentuhan jari. Pokoknya sensitif dan nyaman dioperasikan.

Layar sentuh ini bisa menerima 10 titik sentuhan sekaligus alias punya kemampuan multi sentuh yang dapat mengenali sampai dengan 10 jari secara simultan. Harap diperhatikan bahwa ada juga layar sentuh yang hanya bisa menerima dua titik sentuh saja.

Kekuatan lain dari ASUS Zenfone 4 Max Pro adalah dukungan di sektor security berupa keberadaan sensor sidik jari. Fitur ini cukup nyaman digunakan dan tak merepotkan. Bahkan bisa membuka layar dengan secepat kilat hanya dengan menyentuhkan jari kurang dari satu detik.

Sistem Operasi ASUS Zenfone 4 Max Pro

Smartphone ini sudah mengandalkan sistem operasi Android 7.1.1 Nougat yang di atasnya berjalan antarmuka Zen UI. Ciri khas ASUS sangat terlihat membuat tampilan terlihat atraktif serta simpel. Buat penggemar ASUS, pokoknya akan langsung terbiasa dengan tema dan gaya seperti ini.

Seperti biasa pengguna bisa memilih berbagai macam tema yang bisa disesuaikan.Tampilan, warna, screensaver, icon dan lainnya dapat diubah sesuai selera. Semua dapat diunduh dari galeri tema atau tema yang tersedia di internet. Dengan demikian, jika kita sudah bosan dengan tampilan smartphone, kita hanya perlu untuk mengganti tema agar terasa seperti smartphone baru.

Kamera ASUS Zenfone 4 Max Pro

ASUS ZenFone 4 Max Pro menggunakan kombinasi dua buah kamera 16MP di bagian depan dan di bagian belakang. Untuk kamera belakangnya sendiri, terdapat pula tambahan satu buah kamera wide yang bisa menangkap gambar hingga sudut 120 derajat.

ZenFone 4 Max Pro didesain dengan advanced dual-camera system yang membuat fotografi mobile naik ke level berikutnya. Kamera utamanya 16MP dengan aperture f/2.0 mampu menangkap foto dengan jernih. Lensa wide 120 derajat yang tersedia memungkinkan lebih banyak orang masuk dalam frame saat memotret di dalam ataupun luar ruangan.

Untuk memudahkan, pengguna juga bisa mengatur secara instan ingin memotret dengan kamera normal ataupun kamera wide hanya dengan menekan satu tombol saja. dalam opsi wide, hasil fotonya menjadi luas dan lebih banyak area yang bisa tertangkap kamera.

Hasil foto dari ponsel ini benar-benar bisa diandalkan, tajam, detil dan memiliki warna yang alami. Baik dalam kondisi indoor yang minim cahaya, atau dalam keadaan terang di luar ruangan, foto-foto yang dihasilkan memuaskan.

Smartphone ini menyediakan beberapa mode antara lain Auto (default), Pro, Super Resolution, Panorama, GIF Animation, Time pase dan Beauty. Buat rekam video, kalian bisa mendapatkan film dengan resolusi full HD pada 30fps.

Sementara kamera depan yang juga punya kualitas terbaik sudah dilengkapi dengan lampu kilat, buat menambah penerangan dalam kondisi gelap.
Buat yang gemar selfie dalam kondisi malam, tentu kehadiran LED flash ini akan sangat membantu.

Baterai Powerful ASUS Zenfone 4 Max Pro

ASUS Zenfone 4 Max Pro punya baterai yang sangat galak. Bahkan, seperti diketahui, ponsel ini punya fungsi powerbank yang bisa mengecas smartphone atau perangkat lain. Dengan menyambungkan perangkat lewat konektor USB on-the-go (OTG) yang tersedia di paket penjualan, maka baterai smartphone yang terhubung akan bisa iisi ulang oleh Zenfone 4 Max Pro.

Sebagai standar, smartphone ini punya beberapa fitur optimalisasi baterai. Antara lain Power-safe Technology, Battery Modes dan Battery-saving modes. Di Battery Modes misalnya terdapat banyak pilihan untuk meningkatkan masa standby baterai.

Sebagai informasi saja, kapasitas baterai ASUS Zenfone 4 Max Pro ini sangat besar yakni mencapai 5000 mAh. Artinya, ASUS kembali lagi ke track seperti Zenfone Max generasi awal. Pasalnya, ASUS Zenfone 3 Max hanya mengandalkan kapasitas 4130 mAh.

Tentu saja daya tahannya sangat menjanjikan. Smartphone ini sanggup bertahan sampai 1,5-2 hari tergantung pemakaian. Lebih baik dari rata-rata smartphone yang ada di pasaran saat ini. Lebih jauh lagi, pengguna bisa melakukan banyak hal, mulai dari browsing lebih banyak, menonton video lebih lama ataupun berbicara sesering mungkin tanpa khawatir kehabisan baterai di tengah hari.

Dalam pengujian, ZenFone 4 Max Pro bisa digunakan selama 26 jam non-stop untuk menjelajah web via Wifi, memutar film selama 22 jam non-stop, atau berbicara di jaringan 3G selama 40 jam berturut-turut. Jika dibiarkan standby sambil tetap terhubung ke jaringan 4G, baterainya bisa bertahan hingga 46 hari.

Fitur pengisian daya cepat disisipkan pula dengan charger 10W (5V/2A) yang disertakan dalam paket penjualan.

Performa dan Konektivitas ASUS Zenfone 4 Max Pro

ASUS Zenfone 4 Max Pro didukung prosesor Qualcomm SMS8937 Snapdragon 430. Chipset ini punya delapan inti yang memiliki clockspeed 1.4 Ghz dan mendukung teknologi 64-bit. Untuk pengolahan gambar, ASUS Zenfone 4 Max Pro ditanami dengan GPU Adreno 505.

Buat menunjang kinerjanya, ASUS Zenfone 4 Max Pro mengandalkan RAM 3GB dan memori internal 32GB. Performanya sangat mulus, tak ada lag ataupun malfungsi. Semuanya berjalan lancar saat dipakai bermain game maupun menjalankan banyak aplikasi. Pooknya seri ini bisa berjalan dengan oke dalam berbagai kondisi 3D, mobile experience, ataupun productivity.

Oh ya, ASUS Zenfone 4 Max Pro ini sudah memiliki jaringan 4G di Indonesia. LTE yang dipakai sudah kategori 4 dengan kecepatan up to 150Mbps. Frekuensi yang didukung oleh Asus Zenfone 4 Max Pro adalah LTE Band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 40(2300).

Untuk urusan konektivitas,, ASUS Zenfone 4 Max Pro sudah dilengkapi fitur seperti WLAN 802.11 b/g/n, BT 4.0 with A2DP, Wi-FI Hotspot Capability (Tethering), MicroUSB (USB OTG), 35 mm earjack, GPS hingga GLONASS.

Kesimpulan

Smartphone ini benar-benar merupakan pilihan menarik di segmen 2-3 jutaan. Buat yang punya mobilitas tinggi sekaligus produktif, ASUS Zenfone 4 Max Pro adalah pilihan yang layak. Karena selain irit baterai juga punya performa yang layak buat dipakai mendukung urusan pekerjaan atau hiburan.

Beberapa fitur bahkan melebihi ekspektasi seperti keberadaan kamera ganda dan kamera selfie berkekuatan besar di area depan. Tak hanya itu, smartphone inijuga punya tampilan yang elegan dan stylish dibungkus bodi berkualitas tinggi.

Komentar Anda

Hari P

Fans berat gadget dan smartphone email: portal.review1st@gmail.com twitter: @review1st