4 Keunggulan Aplikasi Otomoto untuk Pemilik Motor

#kamisukareview – Satu lagi platform aplikasi digital untuk dunia otomotif hadir di Indonesia. Otomoto namanya. Resmi diluncurkan di Jakarta, Rabu (3/10/2018)

Aplikasi yang bisa diunduh melalui play store Android ini membuat pemilik motor—lazim disebut bikers–untuk menjadikan motor mereka aset untuk pelbagai keperluan, meminjam uang tunai misalnya.

Dengan mengandalkan teknologi Price Engine yang dimilikinya, mampu membuat taksiran atau valuasi harga motor sesuai harga jualnya saat ini (real time).

Founder dan board of advisor Otomoto, Marwoto Soebiakno, mengungkap bahwa aplikasi ini merupakan pengembangan dari aplikasi mobile yang mereka rilis pada April 2017, yakni Sumo 365.

Otomoto, sambung Marwoto, dirancang menggunakan data analitik, algoritma, dan otomatisasi guna menghadirkan user journey yang maksimal.

Karena telah disempurnakan, aplikasi ini pun menawarkan empat fitur unggulan. Yakni, Price Engine, Smart Inspection, Booking Service dan Loan.  

Price engine

Sebagai yang pertama dan satu-satunya di Indonesia, fitur ini memungkinkan pengguna aplikasi mengetahui harga jual motornya dengan akurat tergantung kondisi. 

Cukup dengan memasukkan tipe kendaraan, tahun produksi, dan jumlah kilometer, dalam hitungan detik, maka perkiraan harga motor dapat dilihat di layar ponsel.

Smart inspection

Pengguna juga dapat memeriksa kondisi fisik motornya dengan detail melalui fitur ini. Sebuah rangkaian pengecekan kondisi motor melibatkan mekanik profesional bersertifikat dari mitra bengkel Otomoto. 

Dari hasil inspeksi tersebut, pengguna memiliki pilihan untuk meningkatkan kondisi motor dengan melakukan perbaikan.

Laporan Smart Inspection dibagi ke dalam lima kategori, yakni grade A, B, C, D, dan E yang dapat dipakai sebagai acuan harga. Baik saat pengguna hendak menjual motor ke diler motor bekas maupun pembeli potensial.

Loan

Fitur ini menghubungkan pengguna aplikasi ke berbagai perusahaan pembiayaan tepercaya berskala nasional. Bahkan pengguna juga bisa mendapatkan pinjaman untuk kebutuhan di luar pembelian motor. 

Saat ini Otomoto bekerja sama dengan satu lembaga pembiayaan dan dalam proses tiga lembaga pembiayaan.

Booking service

Fitur ini membawa kemudahan bagi pemilik motor melakukan perawatan rutin. Layanan ini juga memungkinkan pengguna mengetahui lokasi bengkel berkualitas terdekat. 

Selanjutnya melakukan pemesanan jadwal kunjungan sesuai lokasi, hari, hingga jam yang diinginkan.

Untuk mengembangkan aplikasi ini, Dennis Wu, Head of Technology Otomoto, menyatakan pihaknya turut menggandeng jaringan mitra bengkel motor di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Bali.

Kerjasama itu memungkinkan pengguna aplikasi dapat memanfaatkan promo diskon bengkel bersangkutan. 

Kedepannya, sambung Wu, Otomoto akan dapat dinikmati oleh semua pengguna aplikasi ponsel pintar saat ini, termasuk pengguna iOS.

Leave a Reply

Your email address will not be published.