ASUS Resmi Rilis ZenFone 6, HP Dengan Kamera Flip-up

#kamisukareview – Persaingan di ranah HP semakin sengit belakangan ini, ketika sejumlah pabrikan ramai-ramai merilis HP dengan desain kamera selfie model Pop-up, kini giliran ASUS yang menghadirkan HP dengan kamera selfie model Flip-up. Lewat produk teranyarnya, ZenFone 6, ASUS ingin memberikan desain yang lebih ‘segar’ dari yang sudah ada di pasaran saat ini.

Pabrikan elektronik asal Taiwan itu baru saja merilis HP teranyar mereka, bertajuk ASUS ZenFone 6 yang hadir dengan dukungan hardware mumpuni namun ditawarkan dengan harga yang lebih kompetitif.

Secara umum, desain dari HP ZenFone 6 ini nyaris serupa dengan sejumlah HP yang dirilis akhir-akhir ini, layar full-screen tanpa poni dengan bezel yang tipis, alih-alih menggunakan kamera model pop-up, pihak ASUS telah membenamkan kamera model flip-up. Saat terlipat, kamera ini berfungsi layaknya kamera utama yang nangkring dibagian belakang, namun ketika dibuka, ia bisa berfungsi sebagai kamera depan yang difungsikan untuk mengambil foto selfie atau panggilan video.

Kamera Flip-up pada ASUS ZenFone 6
Kamera Flip-up pada ASUS ZenFone 6

Sama seperti kebanyakan HP flagship yang dirilis belakangan ini, jeroan ASUS ZenFone 6 telah ditopang dengan prosesor Snapdragon 855 serta dukungan RAM 8GB dan media penyimpanan internal sebesar 256GB, menariknya pihak ASUS masih menyertakan slot microSD jika pengguna ingin menambahkan kapasitas penyimpanannya.

ZenFone 6 mengusung layar berukuran 6,4 inci beresolusi FHD+ dengan dukungan HDR10, namun jenis modul yang digunakan bukan type AMOLED dan tidak memiliki fitur pembaca sidik jari dibawah layarnya.

Sebagai catu dayanya, ZenFone 6 telah ditenagai dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang ditemani dengan dukungan pengisian cepat 18W, Hal ini tentu membuat ASUS ZenFone 6 juga cocok untuk mereka yang ingin memiliki HP yang dapat bertahan lebih dari satu hari. Tentunya saat digunakan untuk memainkan game, bisa saja tidak bertahan sehari. Namun menariknya, HP ini juga dapat difungsikan sebagai power bank yang bisa mengisi daya untuk perangkat lain melalui kabel USB Type-C yang tersedia.

Bergeser ke bagian kamera, pihak ASUS telah memercayakan bagian ini pada lensa berkemampuan 48-megapiksel dengan aperture f / 1.79 (dengan fokus laser) dan kamera ultra-lebar 125-derajat berkemampuan 13-megapiksel plus flash dual-LED. Lantaran mengusung desain model flip-up maka ia juga bisa digunakan sebagai kamera depan, namun sayangnya tidak ada fitur satbilizer di dalamnya tetapi keduanya mampu untuk digunakan merekam video dengan kualitas hingga 4K.

ASUS ZenFone 6
ASUS ZenFone 6

Tentu kamu bertanya, apakah kamera dengan desain flip-up ini bisa awet jika sering digunakan?, jangan khawatir, pihak ASUS telah mengujinya dimana mekanisme ini telah dicoba dan bisa bekerja dengan baik setelah dicoba sebanyak 100.000 kali flip.

HP ini mengunakan antarmuka ZenUI 6 di atas platform Android 9 Pie, dan karena ASUS telah masuk kedalam program Android Beta, seharusnya HP ini akan bisa di-update ke Android Q bahkan Android R saat platform tersebut resmi dirilis ke publik nanti.

Sementara sejumlah pabrikan lai telah membaderol HP flagship
mereka dengan harga dikisaran $800, pihak ASUS masih menggunakan skema harga yang cukup rasional dengan hanya membanderol ZenFone 6 ini mulai dari harga $557 untuk spesifikasi terendah yang memiliki kombinasi RAM 6GB / 64GB.



Leave a Reply

Your email address will not be published.