Kamera Putar Samsung Galaxy A80, Latah atau Inovatif?

#kamisukareview – Samsung Electronics baru saja meluncurkan Galaxy A80. Sebuah smartphone dengan kamera putar. HP terbaru yang sempat digosipkan punya nama Galaxy A90 ini sudah resmi diumumkan dengan nama tersebut di atas.

Sepertinya Samsung punya rencana lain untuk Galaxy A90. Mungkin bakal lebih radikal lagi. Mungkin bakal lebih atraktif. Atau mungkin tak akan ada Galaxy A90? Entahlah, pastinya jika mereka sedang memang sedang menggarap Galaxy A90, wajib lebih ekstrim dari HP terbaru di keluarga A series ini.

Kamera putar Galaxy A80 antisipasi sepak terjang rival

samsung galaxy a80 1

Bicara soal kamera putar Samsung Galaxy A80, sulit rasanya jika harus mengesampingkan pengaruh vendor Cina. Sepak terjang HP Cina seperti Xiaomi, OPPO, Vivo, Huawei hingga Honor berdampak besar terhadap arah strategi dan taktik Samsung secara keseluruhan.

Dalam industri smartphone jaman now, pergerakan vendor HP asal Cina memang patut diawasi. Termasuk Samsung yang harus rela berkompromi dengan tren dan inovasi yang mereka gulirkan. Samsung sudah tak bisa egois ingin selalu menjadi trendsetter.

Lihat OPPO yang terus menerus mengupdate kamera selfie smartphone ke level lebih tinggi. Bukan sekedar mendorong kualitas kameranya tetapi juga berani melakukan inovasi dalam hal desain.

Bahkan, dalam pergerakan senyapnya, OPPO terus-terusan berupaya menjadi motor dalam inovasi desain sambil melepas embel-embel selfie secara halus. Tetap bermain di sektor kamera, tetapi fokusnya adalah kualitas dan inovasi teknologi. OPPO Reno menjadi pemantiknya dengan membenamkan kamera berteknologi tinggi dikombinasi desain atraktif.

Sementara itu Vivo berusaha mencuri perhatian dari aspek lain. Mereka bergerak cepat supaya dikenal menjadi yang terdepan dalam urusan teknologi. Minimal yang pertama. Dan itu dilakukan dengan merilis smartphone berbasis in-display fingerpint secepatnya sebelum vendor lain melakukan hal yang sama.

Xiaomi? Vendor HP ini tak kalah cerdik. Mereka masih memainkan ‘harga’ sebagai jualan utamanya. Berani merilis HP spek tinggi dengan harga murah adalah ciri khasnya. Yang penting pasar suka. Strategi ini berhasil, Xiaomi sangat populer di area ini. Fakta membuktikan.

Tiru dan modifikasi ala Samsung Galaxy A80

galaxy a80

Samsung terus mengawasi, terus mengamati. Meski terlihat malu-malu, tapi Samsung mulai mengikuti arus. Jika hanya berdiam diri saja, mereka bisa ketinggalan.

Samsung pintar. Tak perlu flagship yang mengekor sepak terjang vendor Cina itu. Mereka memainkan strategi ‘tiru dan modifikasi’ di lini produk lain. Keluarga A series dan M series yang memegang peranan itu. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.

Taktis tapi juga bisa dibilang dilematis. Tapi intinya, langkah Samsung merilis Galaxy A80 dengan desain seperti ini termasuk berani. Ia sudah melakukan hal yang selama ini dihindari para penguasa pasar terdahulu. Melepas ego dan mengikuti arus.

Dulu, Nokia gengsi mengikuti perubahan, Blackberry terlalu angkuh untuk mengikuti perkembangan. Akhirnya mereka yang ada di puncak pun jatuh terpeleset, terpuruk. Kesombongan tak diperlukan dalam industri yang pergerakan ultra cepat serta fleksibel ini. Menurut kami, langkah Samsung sudah benar.

samsung galaxy a80 kamera

Samsung Galaxy A80 cerminan keberanian sekaligus kearifan Samsung untuk bisa tetap bertahan di pasar smartphone yang agresif dan keras. Kamera putar Samsung Galaxy A80 unik. Beda dari yang lain.

Memang latah bahkan seperti terpaksa menurut kami. Tapi Samsung serius, meski terbawa arus, mereka pandai berenang. Kamera putar Samsung Galaxy A80 adalah simbol perlawanan sekaligus taktik beradaptasi yang baik menghadapi para rivalnya.

“Galaxy A80 menawarkan fitur-fitur premium untuk para digital native yang ingin menjadi bagian sepenuhnya dari Era of Live,” kata DJ Koh, President and CEO of IT & Mobile Communications Division at Samsung Electronics di Bangkok, Thailand, Rabu.

Samsung sendiri mengklaim jika Galaxy A80 diciptakan untuk mendorong evolusi gaya hidup, Galaxy A80 menawarkan inovasi berupa display full-screen, kamera berputar revolusioner pertama Samsung dan baterai cerdas.

“Galaxy A Series menyediakan serangkaian model sehingga setiap orang dapat memilih perangkat yang sesuai dengan kebutuhan mereka yang berbeda satu sama lain dan membuat mereka bisa mengejar apa yang mereka sukai dan inginkan,” kata DJ Koh.

Kamera Putar Samsung Galaxy A80

Diciptakan dengan rotating camera pertama dari Samsung, Galaxy A80 membuat orang bisa menangkap momen di sekitar secara tanpa batas. Tiga kamera secara otomatis muncul (pop-up) dari bagian belakang smartphone ketika pengguna mengaktifkan aplikasi kamera.

Kamera dengan mekanisme rotating itu juga diaplikasikan pada mode selfie untuk memberikan pengalaman tiga kamera dengan lensa beresolusi tinggi yang sama, baik kamera depan maupun belakang, sehingga pengguna tidak kehilangan kualitas terbaik.

Kamera Galaxy A80 terdiri dari kamera utama 48 megapiksel dengan lensa wide f/2.0, kamera 8 megapiksel dengan lensa ultra-wide f/2.2, dan 3D Depth kamera. Modul kamera HP ini bisa berputar sehingga menghadap ke depan atau belakang sehingga berfungsi sebagai kamera utama atau kamera selfie.

samsung-galaxy-a80-01

Sensor kamera 3D (ToF) Galaxy A80 menawarkan fitur Live Focus yang tidak hanya dapat diaplikasikan untuk foto tetapi juga untuk video, yang bekerja dengan memindai objek -objek untuk mengukur dimensi objek dan kedalaman.

HP Samsung ini juga dilengkapi lensa Ultra Wide. Selain itu, ada juga fitur Super Steady pada video yang membantu menangkap konten dengan mudah, mengurangi guncangan dan memastikan gambar yang mulus untuk video- video pro-level action.

Ada juga fitur cerdas kamera seperti Scene Optimizer yang mengenali dan meningkatkan hingga 30 adegan, dan Flaw Detection yang secara otomatis mengidentifikasi gangguan sebelum Anda menangkap gambar.

Dapur pacu Samsung Galaxy A80 berbasis chipset Snapdragon 730. Untuk mendapatkan performa terbaik, sang vendor menyandingkannya dengan RAM 8 GB serta memori internal 128 GB. Disertakan juga slot micro SD untuk memperbesar ruang penyimpanannya.

HP ini menggunakan layar FHD+ Super AMOLED 6,7-inci. Dilengkapi dengan Dolby Atmos untuk memanjakan telinga. Baterai Samsung Galaxy A80 memiliki kapasitas 3700 mAh yang dilengkapi Super Fast Charging 25W. Berikut spesifikasi lengkapnya.

Spesifikasi Samsung Galaxy A80

spesifikasi samsung galaxy a80

Hari Pitrajaya

Ordinary man in this extra ordinary world.

Leave a Reply

Your email address will not be published.