7 Aplikasi Android Terbaik Buat Mendukung WFH

#kamisukareview – Smartphone adalah salah satu amunisi penting di masa pandemi COVID-19. Dikombinasi dengan jaringan internet, kemudian instal aplikasi Android terbaik, berbagai hal bisa dilakukan mulai dari bekerja, belajar hingga mencari hiburan.

Tak bisa dipungkiri jika kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang diterapkan pemerintah membuat banyak kalangan terpaksa melakukan bermacam aktivitas, bekerja, belajar bahkan ibadah di rumah. Hal ini guna memutus rantai penularan virus Corona dan mencegah interaksi sosial secara langsung.

Termasuk perusahaan yang diwajibkan memperkerjakan karyawan dari rumah atau work from home (WFH). Bekerja secara remote mungkin bukan hal asing bagi sebagian kalangan. Tapi ada sebagian lain yang harus beradaptasi dengan hal ini.

Nah, salah satu sarana terbaik buat mendukung WFH adalah smartphone, seperti yang sudah kita bahas di awal. Dengan modal perangkat mobile dikombinasi kuota internet kita bisa memaksimalkan dan membuat WFH jadi terasa mudah.

Kemudian, kita hanya perlu menginstal aplikasi android terbaik untuk mendukung WFH. Tapi supaya download aplikasi lancar, pilih operator yang menyediakan jaringan internet berkualitas dan ngebut, jangan sampai gagal di tengah jalan.

Jika bingung, kalian bisa mencoba Indosat Ooredoo. Selanjutnya, kalau operator ini sudah jadi pilihan kalian, tinggal mencari aplikasi android terbaik buat mendukung WFH, apa saja ya? Simak rekomendasi kami berikut:

1. myIM3

aplikasi android my im3

myIM3 adalah layanan digital dari Indosat Ooredoo yang memberikan informasi dan layanan permintaan pelanggan selular Indosat Ooredoo secara online. Aplikasi ini menyediakan layanan informasi profil pelanggan, informasi kartu, daftar paket & pembelian paket, informasi penggunaan paket, tagihan pascabayar, isi ulang.

myIM3 memiliki keunggulan dapat mengenali behaviour pelanggan sehingga akan memberikan penawaran-penawaran yang paling sesuai dengan kebutuhan masing-masing pelanggan. Hal ini memungkinkan penawaran berbeda yang diterima dari satu pelanggan dengan pelanggan lainnya.

2. IMkas

aplikasi android imkas

Sambil WFH, kita bisa melakukan banyak aktivitas krusial cukup dengan menggunakan IMkas. Aplikasi ini bisa disebut sebagai one stop shop dalam hal mobile payment. Isi pulsa, bayar PLN, transfer uang, bayar TV berlangganan hingga PDAM bisa kita lakukan via IMkas.

Bahkan kita juga bisa membayar cicilan kredit, mengajukan pinjaman, membayar asuransi dengan aplikasi ini. Top up saldonya pun praktis bisa dari ATM, Alfamart, Indomart bahkan di rumah via mobile atau internet banking.

3. Google Drive

aplikasi google drive

Aplikasi ini sangat memudahkan kita bekerja dari rumah. Buat informasi saja, layanan penyimpanan berbasis cloud milik Google ini bisa menjadi sarana berbagi data atau dokumen cukup dengan berbekal smartphone.

Kalangan pekerja yang berurusan dengan kirim dokumen, foto, video, surat menyurat bisa memanfaatkan aplikasi ini. Selain terkoneksi dengan Gmail, kita bisa melakukan pengeditan dokumen dan lain-lain langsung di Google Drive.

4. WhatsApp

aplikasi whatsapp

WhatsApp asalah aplikasi pesan instan yang sangat penting buat WFH. Popularitasnya membuat banyak kalangan memanfaatkan aplikasi ini. Kita bisa langsung berkomunikasi dengan klien via pesan teks.

Selain itu, WhatsApp pun menyediakan kemudahan interaksi menggunakan fasilitas suara dan video. Penggunanya bisa melakukan panggilan grup hingga 8 orang sehingga cocok dipakai buat perusahaan yang karyawannya tak terlalu banyak. Aplikasi ini juga bisa berkirim dokumen, foto dan video.

5. Zoom

aplikasi android zoom

Zoom adalah salah satu aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk menggelar video konferensi. Dengan aplikasi ini kita bisa melakukan meeting online dengan partisipan hingga 1.000 orang. Cocok buat perusahaan yang menjalankan WFH.

Zoom menyajikan kualitas video HD dengan audio yang jernih, jadi rapat menjadi lebih nyaman dan tanpa gangguan. Aplikasi ini juga bisa berbagi file audio, gambar ataupun teks selama rapat berlangsung.

Saat ini Zoom dapat kamu gunakan secara gratis namun hanya dapat menampung sekitar 25 orang saja dalam satu panggilan berlangsung.

6. Google Hangout Meet

google hangout meet

Google Hangout Meet adalah aplikasi yang juga bisa dimanfaatkan buat WFH. Aplikasi ini sanggup menampung hingga 250 orang dan bisa juga menyiarkan live stream hingga 100 ribu penonton. Aplikasi ini bisa mengakomodasi sebuah perusahaan dengan skala besar.

Google Meet adalah aplikasi Work From Home yang sangat simpel. Anda tinggal kunjungi situsnya/buka aplikasinya, masukkan Gmail rekan kerja lain, dan rapat sudah bisa dimulai.

Aplikasi ini bisa terhubung langsung dengan Google Calendar. Sehingga undangan rapat Anda akan otomatis tersinkronisasi dengan jadwal rekan kerja yang lainnya.

7. Slack

aplikasi slack

Slack juga merupakan salah satu aplikasi pendukung WFH. Sama seperti beberapa aplikasi terbaik Android yang lain, ia juga bisa dipakai berkomunikasi secara grup. Kita juga bisa membuat grup untuk satu divisi, grup satu project atau grup lainnya.

Sebagai pelengkap, Slack juga mendukung berbagi file dan integrasi aplikasi lain seperti Google Drive, Google Calendar, dan masih banyak lainnya.

Sekedar catatan saja, aplikasi android terbaik di atas bisa didownload dengan mudah dari Google Play Store. Tapi ingat, supaya tak bermasalah atau gagal download, jaringan internet harus bagus.

Beberapa aplikasi bahkan mewajibkan layanan internet berkualitas. Pasalnya, berkirim file atau video resolusi tinggi via Google Drive atau misal conference call via aplikasi Zoom mensyaratkan jaringan yang stabil supaya tidak terganggu.

Dari hasil pengujian tim review1st, operator Indosaat Ooredoo mampu mengakomodasi demand soal layanan data berkualitas. Berikut hasil Speedtest-nya. Dengan kecepatan download dan upload yang stabil dan cepat, aktivitas WFH jadi nyaman.

Nah, itulah aplikasi android terbaik yang kami rekomendasikan buat WFH beserta layanan pendukungnya. Mudah-mudahan bermanfaat. Stay safe dan selamat bekerja dari rumah.