Aplikasi untuk Pantau Arus Mudik Idul Fitri 2019

#kamisukareview – Kegiatan mudik Idul Fitri seolah menjadi tradisi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, agar kegiatan tersebut lancar maka kamu memerlukan aplikasi yang bisa memantau arus mudik tahun ini.

Dari informasi yang berhasil kami peroleh melalui Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setyadi memprediksi bahwa mudik Idul Fitri tahun ini ada sekitar 3,7 juta orang Jabodetabek yang akan melakukan mudik ke daerah Jawa Barat.

Untuk bisa memantau arus mudik tersebut, dibutuhkan aplikasi yang bsia memeriksa kondisi dan situasi jalan raya agar perjalanan menjadi lancar dan menyenangkan. Untuk itu kami memiliki 5 buah aplikasi yang kami rekomendasikan untuk memantau situasi arus mudik Idul Fitri 2019:

1. Google Maps

Google Maps seolah menjadi aplikasi wajib yang harus dimiliki oleh para peengguna jalan raya, karena layanan navigas besutan Google ini telah menawarkan sejumlah fitur yang paling dibutuhkan oleh para pengguna seperti informasi lokasi rest area, SPBU, tempat ibadah, restoran dan yang lainnya.

Pembaharuan teranyar dari aplikasi Google Maps telah dilengkapi dengan informasi kemacetan jalan yang ditandai dengan tiga indikator warna seperti biru yang menandakan jalanan lancar, kuning untuk menunjukkan jalanan yang padat dan merah yang menandakan bahwa jalanan tersebut macet.

2. Waze

Waze menjadi aplikasi alternatif yang juga banyak digunakan oleh pengguna jalan raya, terlebih bagi kamu yang akan melakukan perjalanan mudik Idul Fitri 2019, aplikasi ini juga wajib dimiliki. Sama seperti Google Maps, Waze bahkan telah lebih dulu menginformasikan kondisi jalan yang ditandai dengan kode warna seperti warna hijau menandakan jalanan yang lancar, jingga untuk jalanan yang ramai dan merah untuk menunjukkan jalanan yang macet sehingga dengan bantuan aplikasi ini kamu bisa mencari jalur alternatif untuk menghindari kemacetan.

Fitur menarik lainnya yang dimiliki Waze adalah adanya informasi yang bisa diberikan dari komunitas untuk menginformasikan kondisi jalan terkini seperti pemberitahuan adanya kecelakaan, penutupan jalan atau pengalihan arus lalu-lintas.

3. NTMC Mudik

Aplikasi ini menjadi aplikasi yang patut untuk dimiliki karena selain memiliki informasi peta mudik, aplikasi NTMC Mudik juga memiliki sejumlah informasi lain terkait kondisi jalan atau jalur mudik seperti mengabarkan jalur rawan macet, rawan kecelakaan, rawan longsor dan juga menginformasikan tempat-tempat penting yang dibutuhkan pemudik seperti rumah makan, pasar, SPBU dan yang lainnya.

Fitur tambahan yang tidak dimiliki oleh aplikasi serupa lainnya ialah adanya layanan informasi Jasa Marga, Jasa Raharja dan NTMC TV.

4. HERE WeGo

Aplikasi HERE WeGo menjadi aplikasi alternatif dari aplikasi Google Maps dan Waze, karena sama-sama menawarkan informasi seputar keadaan jalan raya terkini yang bisa digunakan baik oleh pengguna transportasi pribadi maupun umum.

Fitur tamabahan yang tidak dimiliki oleh aplikasi lain yang serupa ialah akses luring HERE WeGo yang bisa digunakan tanpa harus terhubung dengan jaringan, selain itu ada pula opsi pemilihan rute yang bisa dipilih berdasarkan jarak, kecepatan serta biaya sehingga penggun dapat mengambil keputusan rute mana yang akan ditempuh.

5. Travoy

Travoy merupakan aplikasi yang sengaja dibuat oleh PT. Jasa Marga (Persero) khusus untuk memantau arus mudik Idul Fitri sehingga pengguna jalan tol bisa mengetahui situasi dan kondisi terkini mengenai jalan tol yang akan dan sedang mereka lalui.

Ada pula prediksi arus mudik serta informasi tarif tol dan layanan informasi rest area dan yang menarik, aplikasi ini memiliki fitur Eat n’Go!, yaitu layanan pesan dan ambil order makanan dan minuman di Rest Area yang telah ditentukan, aplikasi ini juga memiliki fitur Live Chat, Live Post dan streaming radio.

Demikian 5 Aplikasi untuk perjalanan mudik Idul Fitri 2019 yang kami rekomendasikan, semoga perjalanan mudik Anda lancar dan selamat sampai tujuan, kami segenap redaksi Review1st.com mengucapkan Minal Aidin wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.