Tips Belajar Coding di Android Dengan Mudah

#kamisukareview – Bagi kamu yang ingin mempelajari pemrograman, Ada cara mudah belajar coding di Android, kamu hanya tinggal menginstal aplikasi di HP Android yang kamu gunakan dan proses belajar pun bisa langsung dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Untuk memulainya, kamu hanya tinggal menginstal aplikasi Mimo yang ada di halaman Google PlayStore. Setelah aplikasi terpasang, kamu bisa langsung belajar coding di Android untuk mempelajari sejumlah materi coding mulai dari HTML, CSS, Javascript, Python, Java, Swift, C++, SQL, PHP dan yang lainnya.

Belajar Coding di HP Android

Pada aplikasi Mimo ini, tahap demi tahap pembelajaran telah disiapkan, sehingga kamu bisa mempelajari semua materi coding mulai dari dasar, menengah hingga ahli.

Saat aplikasi Mimo pertama kali dibuka, kamu akan diminta untuk mengisi pengalaman kamu dengan coding, namun jika kamu belum pernah mempelajari bahasa pemrograman apapun, kamu bisa memulainya dengan memilih Beginner.

Aplikasi ini memang bersifat gratis, namun versi premium dari aplikasi Mimo ini menawarkan lebih banyak bahasa pemrograman yang bisa kamu pelajari. Untuk langkah awal, menggunakan versi gratisan merupakan salah satu pilihan yang bijak.

Jika proses pembelajaran dianggap sudah mahir, maka kamu akan diajak untuk membuat sebuah aplikasi sederhana, baik itu membuat game atau sebuah desain halaman website. Menariknya, jika proyek telah berhasil kamu buat, kamu akan diberikan sertifikat khusus oleh Mimo.

Apa Itu Coding?

Coding merupakan proses pengolahan kode yang menggunakan bahasa pemrograman, dari mulai menuliskannya, memperbaikinya, hingga memeliharanya. Kode yang dimaksud adalah perangkat pembangun suatu program komputer.

Sementara itu, bahasa pemrograman berfungsi memberikan perintah kepada komputer. Bahasa jenis ini terdiri dari suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantic, sehingga program-program komputer bisa terdefinisi.

Di antara bahasa pemrograman yang paling populer di Indonesia di antaranya Java, PHP, C, Visual Basic, Python, C++, JavaScript, C#, Objective-C dan ActionScript.

Aplikasi Untuk Membuat Coding

Coding merupakan proses pengolahan kode yang menggunakan bahasa pemrograman, dari mulai menuliskannya, memperbaikinya, hingga memeliharanya. Kode yang dimaksud adalah perangkat pembangun suatu program komputer. Sementara itu, bahasa pemrograman adalah suatu stkamur yang berfungsi memberikan perintah kepada komputer. Bahasa jenis ini terdiri dari suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantic, sehingga program-program komputer bisa terdefinisi. Di antara bahasa pemrograman yang paling populer di Indonesia di antaranya Java, PHP, C, Visual Basic, Python, C++, JavaScript, C#, Objective-C dan ActionScript.

Banyaknya inovasi teknologi jelas mempermudah pekerjaan. Kamu bisa membuat coding dimanapun dengan handphone Android kamu. Berikut adalah 5 aplikasi yang bisa kamu pakai untuk membuat coding:
AIDE, merupakan aplikasi code editor yang dilengkapi dengan tutorial dan petunjuk pembelajaran coding.

  • Code Peeker, merupakan aplikasi yang mendukung proses coding dengan berbagai pilihan syntax. Oleh karena itu, ia bisa memberi solusi ketika terjadi error.
  • Deuter IDE, aplikasi ini mampu melakukan compile secara online dan didesain sesuai dengan smartphone. Aplikasi ini juga mendukung 40 bahasa pemrograman.
  • DroidEdit Free, merupakan aplikasi coding yang sangat familiar bagi yang sering menggunakan Notepad++
  • TurboEditor, yakni aplikasi open source yang menyediakan ragam custom coding secara gratis. Aplikasi ini juga menyediakan Auto mode untuk penghematan dan penyimpanan file.

Selain dari kelima aplikasi tadi, masih banyak lagi aplikasi coding via android yang bisa kamu gunakan. Di antara aplikasi tersebut yakni Our Code Editor, Quick Edit, Quoda dan Decoder.

Bahasa Pemrograman yang Umum

Dikutip dari Wikipedia, berikut adalah bahasa pemrograman yang umum dipakai.

  • HTML / CSS: Banyak yang tidak menggaggap ini bagian dari bahasa pemprograman, tetapi jika di lihat dari mana program web berasal maka bisa di pastikan html/CSS adalah dasar dari itu semua,jadi jika anda ingin belajar membuat web statis terebih dahulu anda pasti akan belajar HTML/CSS dasar.
  • JavaScript: JavaScript adalah cara yang sangat populer untuk menambahkan fitur interaktif untuk halaman web dan aplikasi . Ini adalah salah satu bahasa yang paling mudah untuk dipelajari dan dapat digunakan untuk apa pun seperti memvalidasi data formulir untuk mengembangkan permainan, menjadikannya pilihan yang sangat populer untuk pemula
  • PHP: bahasa program yang digunakan terutama untuk mengembangkan halaman web dinamis . Ini berarti bahwa daripada menciptakan sebuah file terpisah penuh kode untuk setiap halaman situs, Anda dapat menulis seperangkat aturan untuk mengakses dan menampilkan informasi dari database yang kemudian dapat membuat halaman dan memanggil mereka ketika mereka dibutuhkan
  • C + +: Dikembangkan untuk menambahkan fitur berorientasi objek dengan bahasa C, dengan penambahan kelas dan fitur lainnya . C + + yang sekarang banyak digunakan dengan berbagai besar aplikasi . Belajar C + + juga memiliki keuntungan yaitu lebih mudah untuk mempelajari bahasa C lainnya yaitu C # dan C. Semua bahasa C umumnya dipandang sebagai bahasa pemprograman tingkat menengah.
  • C #: Diucapkan C Sharp, bahasa ini diciptakan oleh Microsoft dalam kerangka NET . . Jika Anda ingin menulis aplikasi untuk sistem operasi Windows, atau terutama jika Anda ingin menulis kode untuk perangkat lunak desktop, ini sangat penting. Ini adalah tujuan OOP umum yang berbagi banyak kesamaan dengan bahasa C tua.
  • C: Akar dari bahasa C adalah dari bahasa BCPL yang dikembangkan oleh Martin Richards pada tahun 1967. Bahasa ini memberikan ide kepada Ken Thompson yang kemudian mengembangkan bahasa yang disebut dengan B pada tahun 1970. Perkembangan selanjutnya dari bahasa B adalah bahasa C oleh Dennis Ritchie sekitar tahun 1970-an di Bell Telephone Laboratories Inc (sekarang: AT&T Bell Laboratories). Bahasa C pertama kali digunakan di komputer Digital Equipment Corporation PDP-11 yang menggunakan sistem operasi UNIX.[2]

Ini adalah versi C yang digunakan oleh sistem operasi Apple serta sejumlah kecil aplikasi lain. Jika Anda ingin mengkhususkan diri dalam menulis kode untuk produk Apple maka ini adalah program yang harus anda kuasai.

  • Python: Sangat populer dalam komunitas ilmiah dan akademik, tetapi juga telah digunakan untuk membuat situs web populer seperti Pinterest . Hal ini relatif mudah untuk belajar dibandingkan dengan sesuatu seperti C atau turunannya, tetapi masih sangat fleksibel dalam hal apa yang dapat Anda lakukan dengan itu.
  • Java: Digunakan oleh Google sebagai bagian integral dari sistem operasi Android, dan oleh pengembang independen untuk membuat aplikasi Android ( serta kegunaan lain ) . Java diciptakan dengan ” tulis sekali, jalankan di mana saja ” ( WORA ) pendekatan untuk memudahkan kode yang ditulis pada satu mesin untuk berjalan di lain mesin.
  • Ruby: Ini adalah OOP murni populer dari Jepang. Bahasa pemrograman open source dinamis, mudah dimengerti dan produktif. Sintaks Ruby elegan, natural, mudah dibaca dan ditulis.
  • Visual Basic: Berasal dari ‘ BASIC ‘, yang sangat populer pada hari-hari awal komputasi pribadi, Visual Basic ( VB ) memungkinkan program sederhana yang akan dibuat dengan cepat dan mudah, sementara juga memungkinkan untuk coding yang lebih kompleks.

Nah, bagaimana tertarik belajar coding di HP Android?