Fitur LINE Group Call Bisa Conference Call Hingga 200 Orang

#kamisukareview – Fitur LINE Group Call bisa menjadi solusi yang tepat dan mudah untuk mendukung conference call. Dengan dukungan fasilitas terbaru ini, kerja remote menjadi semakin efektif dan dipermudah. Pasalnya, fitur ini dapat menampung hingga 200 orang secara bersamaan, dan tersedia baik untuk mobile maupun PC.

Seperti diketahui, kerja remote menjadi tren yang semakin populer di beberapa tahun belakang. Di Indonesia, sekitar 34% pekerja memilih untuk menjadi tenaga kerja remote. Indonesia juga menjadi negara kedua terbesar setelah India (56%) dalam hal telecommuting/remote work (sumber: logique.co.id).

Namun, kerja remote tentu memiliki tantangannya sendiri. Salah satu tantangan dalam kerja remote adalah melakukan panggilan konferensi yang efektif dan mudah dijangkau banyak orang.

Fitur Line Group Call, Solusi Conference Call

Fitur LINE Group Call bisa menjadi solusi yang tepat dan mudah untuk hal ini. LINE Group Call dapat menampung hingga 200 orang secara bersamaan, dan tersedia baik untuk mobile maupun PC.

Panggilan konferensi cukup dilakukan langsung dari aplikasi LINE. Disediakan secara gratis, LINE Group Call pertama kali diluncurkan pada Maret 2016 lalu. Awalnya hanya menyediakan panggilan suara, tetapi pada Desember 2016 sudah dilengkapi dengan fitur panggilan video.

Oleh karena itu, dengan LINE Group Call pengguna bisa melakukan panggilan konferensi baik dengan menggunakan panggilan video maupun panggilan suara secara gratis.

Cara Menggunakan LINE Group Call

Agar bisa menggunakan fitur ini, aplikasi LINE yang harus dimiliki oleh pengguna harus memiliki versi seperti di bawah.

  • LINE Group Voice Call: LINE iOS 5.11.0 atau di atasnya, LINE Android 5..1.1.0 atau di atasnya, LINE Desktop (Windows/macOS) 4.5.0 atau di atasnya.
  • LINE Group Video Call: LINE iOS 6.9 atau di atasnya, LINE Android 6.9.2 atau di atasnya, LINE Desktop (Windows) 5.0.0 atau di atasnya.???
  • Mulai melakukan panggilan
  • Untuk memulai panggilan konferensi, pengguna harus mengetuk tombol panggilan langsung dari dalam ruang percakapan.
  • ?Melihat siapa yang sedang berbicara
  • LINE Group Call juga mempermudah siapa yang sedang berbicara di dalam grup. Pengguna bisa melihatnya melalui simbol bar hijau ketika orang bersangkutan tengah berbicara.
  • ?Lebih seru dengan efek emosi
  • Pengguna juga bisa menunjukkan emosi mereka dengan menggunakan efek emosi yang terletak di dekat gambar profil saat panggilan sedang berlangsung. Cukup mengetuk ikon wajah untuk memilih salah satu efek emosi yang diinginkan.

?Layout dua panggilan grup

Pengguna juga bisa memilih dua layout panggilan video yang berbeda, yakni pilihan satu yang membuat orang yang sedang berbicara tampak lebih besar ketimbang yang lain atau semuanya memiliki ukuran yang sama. Untuk berganti layout ini cukup mengetuk ikon panah yang terletak di sudut kiri atas.

?Diharapkan dengan fitur LINE Group Call ini, LINE dapat mendukung para penggunanya yang lebih menyukai kerja secara remote untuk bekerja dan berkomunikasi lebih efektif lagi.

Sejalan dengan misinya yaitu ‘Mendekatkan Jarak’, LINE akan selalu menghadirkan berbagai layanan yang bisa mendekatkan jarak antar pengguna dalam situasi apa pun.

Line Open Chat

Sebelumnya LINE juga punya LINE OpenChat, layanan dari LINE yang menyediakan wadah bagi pengguna untuk menemukan ragam komunitas yang sesuai dengan minat mereka, menggelar acara sesi edukasi dengan para admin yang berasal dari kalangan pelajar. 

“Kami akan selalu mendukung pertumbuhan komunitas daring di Indonesia yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat secara luas untuk mengembangkan kreativitas mereka,” kata Dale Kim, Managing Director LINE Indonesia. 

“Salah satunya melalui layanan LINE OpenChat yang dapat mendekatkan penggunanya dengan beragam komunitas di Indonesia yang berbeda, sehingga para anggotanya dapat meningkatkan pengetahuan dan kreativitas di bidang yang mereka sukai masing-masing,” tambahnya.

Super OpenChat adalah komunitas yang telah diverifikasi secara resmi oleh tim LINE OpenChat. Pada acara ini, para admin Super OpenChat berbagi pengalaman dalam mengoperasikan komunitas masing-masing dan bagaimana komunitas mereka dapat meningkatkan pengetahuan serta kreativitas anggotanya.

LINE OpenChat menyediakan ribuan ruang obrolan bagi pengguna yang memiliki minat, hobi, latar belakang, maupun tujuan yang sama untuk berinteraksi meskipun tidak memiliki kontak LINE masing-masing. Tidak hanya komunitas, siapa pun dapat bergabung di LINE OpenChat.

Berbeda dari platform komunikasi grup lainnya, satu ruang obrolan LINE OpenChat dapat menampung hingga 5000 anggota, dan admin pun dapat menambah ruang obrolan sebanyak yang dibutuhkan. Selain itu, terdapat fitur yang memungkinkan pengguna untuk melakukan percakapan berjalan secara anonim, sehingga identitas pengguna tidak diketahui anggota lainnya.

LINE OpenChat dapat diakses melalui berbagai tab di aplikasi LINE, antara lain “Teman” “Obrolan”, dan “Lainnya”. Kemudian, pengguna dapat mencari komunitas yang disukai melalui fitur “Pencarian”, “Pilihan Editor”, OpenChat “Baru”, OpenChat “Populer”, dan “Kategori”. Terdapat ribuan OpenChat yang dapat ditemukan, mulai dari komunitas fotografi, film, hingga K-Pop.

Jika pengguna sudah menemukan OpenChat yang disukai, mereka dapat bergabung ke OpenChat tersebut dan membuat identitas untuk setiap OpenChat yang diikuti. Setelah bergabung, pengguna dapat membaca riwayat pesan yang dikirimkan oleh anggota lainnya, bahkan sebelum mereka bergabung ke OpenChat tersebut.?

Salah satu keunikan lain yang dimiliki LINE OpenChat adalah pengaturan privasi untuk komunitas daring. Pengaturan privasi tersebut antara lain adalah publik, dimana seluruh pengguna dapat bergabung dengan bebas; privat dengan pertanyaan, yang meminta calon anggota baru untuk menjawab pertanyaan dari admin; dan privat dengan kata kunci, dimana hanya pengguna yang mengetahui kata kunci saja yang dapat bergabung.

Dengan berkomunitas di LINE OpenChat, pengguna juga dapat memeroleh status “Super OpenChat” dan badge khusus berlogo “S” sebagai tanda bahwa komunitas pengguna telah diverifikasi oleh tim LINE OpenChat. 

Dengan adanya badge ini, pengguna lain bisa semakin tertarik untuk bergabung di OpenChat tersebut! Berikut adalah beberapa Super OpenChat yang dapat pengguna temukan, antara lain Aesthetic Tips untuk pengguna yang menyukai fotografi, Horror Thriller bagi pengguna yang menyukai cerita mistis, dan Dewa Film untuk pengguna ingin mendapatkan info terupdate seputar review dan seluk-beluk perfilman.

Melalui misi perusahaan “CLOSING THE DISTANCE”, LINE akan terus berupaya untuk menyediakan beragam layanan yang dapat memangkas jarak antara manusia dengan berbagai konten serta layanan komunikasi. Salah satunya melalui LINE OpenChat yang hadir memberikan ruang bagi para komunitas untuk lebih dekat dengan anggotanya serta meningkatkan daya kreativitas.

Tika M

The strongest actions for a woman is to love herself, be herself and shine amongst those who never believed she could.”