Game Online Diprediksi Raup 34 Juta Pengguna di 2023

#kamisukareview – Pemandangan millenial yang bermain game online seperti Mobile Legends sudah menjadi hal yang biasa. Perkembangan komunitas ini pun terbilang sangat pesat. Bahkan, menjadi pemain eSport kini mulai jadi salah satu pilihan karir dan cita-cita anak jaman now.

Ada banyak game online HP terbaik saat ini yang diminati kalangan muda di Indonesia. Mulai dari game perang atau game multiplayer seperti PUBG Mobile yang nyaris diharamkan, game strategi seperti Mobile Legends, Arena of Valor hingga game lain yang tak kalah seru dan diminati.

Selain tak memerlukan kocek besar hanya bermodal kuota, pengguna HP Android bisa download game gratis dari Play Store. Mulai dari game strategi, game perang android, game online multiplayer.

game online mobile legends

Tak hanya sekedar asyik dimainkan, bahkan lewat berbagai game terbaru yang populer, kalangan millenial bisa mengais rejeki. Lewat game online HP terbaik yang populer seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, AOV dan lain-lain, kita bisa jadi atlet eSports ataupun gamers papan atas seperti contohnya Jess No Limit.

Menariknya, fenomena esport di kalangan millenial pun semakin membuat mereka tergila-gila bahkan sampai fanatik. Tak heran, jika penetrasi penggunanya ini terus meningkat.

Penetrasi pengguna game online di Indonesia berdasarkan data Statistik 2019 diperkirakan mencapai 8,7 persen pada 2019 dan akan meningkat hingga 12,4 persen pada 2023. Untuk game online jumlah pengguna diperkirakan akan mencapai 34,6 juta pada 2023.

game online aov

Sedangkan untuk penetrasi mobile game penggunanya mencapai 26.5 persen pada 2019 dan diharapkan akan mencapai 36,8 persen (102,9 juta) pada tahun 2023.

Tak heran jika banyak perusahaan mulai mendukungnya, mulai dari ecommerce hingga perusahaan jaringan seperti First Media, operator seperti Telkomsel dan lain-lain.

Dalam sebuah kesempatan, CEO PT Link Net Tbk Marlo Budiman sempat mengungkap dukungan terhadap perkembangan eSports yang dilakukan oleh First Media adalah dalam rangka memberikan kontribusi positif bagi perkembangan ekosistem eSports di Indonesia.

“Perkembangan eSports semakin maju, dan membutuhkan dukungan berbagai pihak agar terus tumbuh dan memfasilitasi generasi milenial untuk berkembang.”

Sesuai data IDN Research Institute mengenai Indonesia Millennial Report tahun 2019, 40,7 persen milennial mengunduh online games di Smartphone mereka.

Sebagai catatan tambahan, perkembangan eSports tidak hanya di Indonesia tapi juga secara global. Untuk online games pendapatan tertinggi dihasilkan di Amerika Serikat (US$3,547 million pada 2018) atau Rp 53,205 triliun (kurs 1 US$: Rp 15.000).

Sementara di Indonesia mencapai US$182 million atau Rp 2,73 triliun pada 2018 . Sementara mobile game, pendapatan tertinggi justru dihasilkan di China sebesar US$21,399 million atau Rp 320,9 triliun pada 2018. Sementara pendapatan di Indonesia mencapai US$624 million atau Rp 9,36 triliun.

Tika M

The strongest actions for a woman is to love herself, be herself and shine amongst those who never believed she could.”