Instagram Alt Text, Mahluk Apakah Itu?

#kamisukareview – Instagram Alt Text merupakan fitur yang baru disematkan oleh Instagram sejak Desember tahun lalu, namun sepertinya belum banyak pengguna yang tahu mengenai fungsi dan cara menggunakan fitur ini.

Pada tulisan kali ini, kami ingin memberikan sedikit informasi terkait kehadiran fitur Instagram Alt Text tersebut.

Fitur Instagram Alt Text telah dihadirkan oleh anak perusahaan Facebook tersebut agar pengguna tunanetra dapat mendengar deskripsi dari gambar yang tengah ditampilkan di Instagram beserta captionnya melalui fitur screen reader HP, selain penggambaran objek yang ada di dalam foto melalui suara.

Untuk menyematkan fitur ini, pihak Instagram telah melibatkan teknologi mesin kecerdasarn buatan atau Artificial Intelligent (AI) yang memungkinkan untuk mendikte seluruh konten di tab Explorer, Profile dan Feed pengguna.

Tidak hanya berfungsi untuk para penyandang tunanetra, fitur instagram Alt-Text ini juga bisa dimanfaatkan oleh pengguna normal sehingga konten bisa lebih mudah ditemukan dalam pencarian, mengingat saat ini konten Instagram juga bisa diakses melalui desktop, dengan demikian lebih mudah bagi pemasar untuk mempromosikan produknya di Instagram.

Cara menambahkan Instagram Alt Text di postingan Instagram :

1 . Lakukan posting foto ke Instagram seperti biasa

Instagram Alt Text

2. Setelah kamu memilih foto dan menambahkan filter, klik Next

3. Geser layar ke bawah dan temukan menu “Advanced Setting

Instagram Alt Text

4. Klik pada bagian “Write Alt text

Instagram Alt Text

5. Tulislah konten teks alternatif yang yang kamu inginkan pada kolo yang tersedia, klik Done pada iOS atau Sasve untuk pengguna Android, jika telah selesai.

6. Untuk menyelsaikan tahap ini, tekan tombol kembali, di sini kamu bisa menambahkan caption atau mention pengguna lain jika di inginkan.

7. Jika telah selesai, kamu bisa langsung menekan tombol Share yang ada pada bagian kanan atas layar Instagram.

Instagram Alt Text

8. Selesai!

Menambahkan Alt Text pada Foto yang sudah di posting

Jika kamu telah terlanjur memposting foto tanpa Alt Text, jangan khawatir karena kamu bisa menambahkan konten tersebut pada foto yang sudah kamu posting, caranya adalah sebagai berikut:

1 . Buka foto yang ingin kamu tambahkan Alt Text, tekan menu yang berupa tiga buah titik pada bagian kanan atas gambar tersebut.

2. Pilih “Edit

3. Pilih tulisan “Add Alt Text” yang terletak dibagian kanan bawah gambar.

Instagram Alt Text
Instagram Alt Text

4. Tulis alternative text pada kolom yang tersedia, klik “Done” (iOS) atau “Save” (Android) untuk menyimpan hasil perubahan tersebut klik “Done” atau klik tanda ceklis.

5. Selesai

Nah sekarang kamu sudah bisa menggunakan fitur Instagram Alt Text.

Leave a Reply

Your email address will not be published.