Muslim Go, Aplikasi Android untuk Ibadah dalam Genggaman

#kamisukareview – Tak terasa bahwa bulan suci Ramadhan telah tiba, bagi kamu yang beragam Islam tentu ingin agar rangkaian ibadah tahun ini tetap terjaga. Muslim Go, salah satu aplikasi Android penunjang Ibadah kaum muslim telah lama hadir untuk membantu kamu dalam beribadah.

Aplikasi Muslim Go merupakan salah satu aplikasi multi fungsi bernuansa Islami dengan sejumlah fitur yang sangat dibutuhkan oleh kaum muslim seperti pengingat waktu shalat, petunjuk arah kiblat, Al-Qur’an, tata cara shalat, kumpulan do’a serta yang lainnya. Selain itu aplikasi ini diklaim sebagai aplikasi Islam pertama dengan font Mushaf Al-Quran Standar Indonesia yang telah disertifikasi oleh Kementrian Agama.

Dan yang tak kalah menarik, aplikasi ini tersedia secara cuma-cuma bagi para pengguna perangkat HP ataupun tablet ber-platform Android dan iOS, jadi buat kamu yang ingin menggunakan aplikasi ini tinggal download dari Google PlayStore atau iTunes Store di HP kamu ya.

Nah, karena saya menggunakan HP Android, jadi yang saya tampilkan pada tulisan ini adalah screenshot dan ulasan aplikasi Muslim Go yang berjalan di paltform Android. Aplikasinya sendiri berukuran relatif kecil hanya 14MB saja dan sangat kompatibel dengan Android 4.3 atau versi yang lebih tinggi. Dari rating yang ada di halaman Google PlayStore, aplikasi ini memiliki nilai rating cukup tinggi yakni 4,7 bintang.

Saya pun mencoba menginstal dan mulai menjalankan aplikasi ini, saat saya mengunduhnya aplikasi ini telah memiliki versi 2.8.4. Seperti kebanyakan aplikasi Android lain yang menggunakan akses lokasi pada umumnya, aplikasi Muslim Go meminta saya untuk memberikan izin akses terhadap fungsi lokasi yang ada, hal ini dipelukan lantaran aplikasi ini memiliki fitur kompas arah kiblat dan waktu shalat.

Setelah terbuka, aplikasi ini juga akan meminta kamu untuk melakukan log in menggunakan akun GMail atau Facebook yang kamu miliki, yang kemudian secara otomatis akan menginformasikan lokasi kamu saat ini serta hitung mundur jelang memasuki waktu shalat yang akan datang.

Muslim Go, Aplikasi Android untuk Ibadah dalam Genggaman
Muslim Go, Aplikasi Android untuk Ibadah dalam Genggaman

Fitur yang pertama kali saya coba setelah aplikasi ini berjalan ialah menu Al-Qur’an dan mengubah terjemahannya dari yang awalnya berbahasa Inggris menjadi Bahasa Indonesia. Fitur ini juga memiliki tampilan huruf Arab, cara baca dalam bentuk huruf latin dan juga terjemahan.

Muslim Go, Aplikasi Android untuk Ibadah dalam Genggaman
Muslim Go, Aplikasi Android untuk Ibadah dalam Genggaman

Fitur Al-Qur’an ini juga menyediakan suara qori yang membacakan ayat yang tengah kita tampilkan. Walaupun fitur ini hanya bisa berjalan saat terhubung ke Internet, tapi aplikasi ini menyediakan opsi untuk bisa digunakan secara offline yang mengharuskan pengguna mengunduh kontennya terlebih dahulu.

Muslim Go, Aplikasi Android untuk Ibadah dalam Genggaman
Fitur Al-Qur’an pada Muslim Go

Fitur selanjutnya yang saya coba ialah, fitur Prayer yang menunjukan waktu shalat lima waktu dari waktu Subuh hingga Isya langkap dengan waktu terbit matahari, ini berfungsi saat Ramadhan untuk penanda waktu Imsak. Ada pula tampilan kalender Hijriyah dan kalender masehi yang dibagian atas.

Selain fitur di atas, saya juga mencoba fitur Qiblat, yang akan membantu menunjukkan arah kiblat. Di bagian bawah juga terdapat perkiraan jarak antara posisi kita saat ini dengan Mekkah.

Muslim Go, Aplikasi Android untuk Ibadah dalam Genggaman
Fitur Prayer dan Qiblat pada Muslim Go

Dan yang tak kalah menarik ialah, selain menampilkan informasi-informasi di atas, aplikasi Muslim Go juga menyediakan fitur Directory yang berisi informasi lokasi mesjid an restoran halal yang ada. Fitur ini berfungsi saat kamu bepergian ke luar kota atau dalam perjalanan mudik lebaran dan ingin melakukan sahalat di mesjid terdekat disekitarmu.

Kesimpulannya, aplikasi ini sangat bermanfaat karena menawarkan berbagai fitur utama yang berguna bagi kaum muslim, seperti :

• Al-Qur’an (Digital), bersumber dari Tanzil.net (proyek Al-Qur’an yang diluncurkan pada awal tahun 2007 untuk menghasilkan teks Al-Qur’an yang sangat terverifikasi yang dapat digunakan di situs web dan aplikasi Al-Qur’an) yang didalamnya terdapat suara Syeikh Musyari Rasyid. Bisa di share dan di like per ayat, juga bisa diberi catatan.
• Waktu Shalat. Akurat berdasarkan koordinat kamu berada. Akan muncul suara adzan secara audio dan visual sebagai pengingat shalat.
• Kiblat. Aplikasi kompas penunjuk arah kiblat yang akurat
• Shalat Sunnah. Terdapat kumpulan bacaan niat-niat shalat sunnah seperti pada umumnya.
• Do’a. Terdapat kumpulan doa yang bisa dibaca dalam kegiatan sehari-hari. Mulai dari bangun tidur sampai hendak tidur. Juga terdapat doa untuk keluarga, doa kekuatan iman, serta doa-doa lainnya.
• Kalender Hijriyah. Lengkap dengan pengingat hari-hari besar Islam.
• Direktori. Menunjukkan lokasi Masjid serta restoran / tempat makan terdekat.
• Populer. Berisi surat-surat Al-Qur’an yang secara umum sering dibaca di Indonesia.

Dan tersedia juga fitur tambahan, seperti:

• Kartu Ucapan (Greeting Card). Kamu bisa membuat kartu ucapan Hari Raya, Ramadhan, maupun Hari Besar Islam lainnya untuk keluarga, saudara, maupun teman. Terdapat banyak icon-icon dan gambar-gambar yang lucu yang bisa kamu gunakan untuk membuat kartu ucapan versi kamu sendiri.
• Konten Islami. kamu juga bisa mendapatkan konten-konten keislaman berupa buku (anak-anak), musik, video, komik, dll.


Leave a Reply

Your email address will not be published.