Telkomsel Terus Perkuat Industri Mobile Gaming Indonesia

#kamisukareview – Langkah dan komitmen Telkomsel dalam industri mobile gaming dan komunitas esport di Tanah Air semakin serius. Operator telekomunikasi nomor satu di Indonesia ini terus memaksimalkan perannya sebagai society enabler. Mendorong perkembangan mobile gaming termasuk menyokong ekosistem esport di negeri ini dengan berbagai dukungan.

Beberapa hal yang dilakukan Telkomsel adalah dengan memaksimalkan aset digital perusahaan untuk menghubungkan komunitas dalam ekosistem esport di Indonesia. Salah satunya melalui Dunia Games serta dengan menggelar event terkait esport serta dulungan terhadap komunitas.

Eksis di Industri Mobile Gaming dan Ekosistem Esport

Sepak terjang Telkomsel dalam industri mobile gaming atau ekosistem game secara keseluruhan terlihat nyata lewat Dunia Games. Dengan penguatan ekosistem esport di Indonesia, termasuk membuka kesempatan bagi penggiat mobile game dalam mengakselerasikan kemampuan dan mempererat hubungan komunitas hingga pelosok negeri.

Upaya tersebut semakin melengkapi konsistensi Dunia Games dalam menjalankan empat pilar utama layanannya yang meliputi portal media komunitas, penerbit game, penyelenggara kompetisi, dan layanan pembayaran.

Tengok saja, gelaran kompetisi Indonesia Games Championship atau IGC 2020 yang dihadirkan Telkomsel melalui Dunia Games telah diikuti 31.442 peserta/penggiat mobile game yang tersebar dari seluruh wilayah di Indonesia. Melalui gelaran tersebut, Dunia Games berkomitmen mengembangkan industri mobile gaming.

industri mobile gaming dunia games

Perkembangan Positif IGC 2020

Sejak bergulir pada Mei 2020 lalu, penyelenggaraan IGC 2020 menjadi sangat istimewa karena walaupun terselenggara di tengah situasi darurat pandemi, kompetisi ini justru mampu menjaring lebih banyak peserta dibandingkan dengan penyelenggaraan pada dua edisi sebelumnya.

Jumlah peserta IGC 2020 tercatat meningkat sebesar 51% dibandingkan dengan IGC 2019, dan sekitar 190% jika dibandingkan dengan awal penyelenggaraannya pada tahun 2018.

Hingga saat ini, secara keseluruhan sekitar 31.442 peserta yang terbagi menjadi 7.234 tim telah berpartisipasi dalama gelaran IGC 2020, dimana lebih dari 1.200 diantaranya adalah peserta perempuan yang terbagi dalam 300 tim.

Di samping itu, keikutsertaan peserta dalam IGC 2020 juga semakin meluas, dimana keseluruhan peserta berasal dari 457 kabupaten/kota di Indonesia. Sebaran peserta IGC 2020 cukup merata di wilayah Kalimantan, Papua & Maluku, serta Bali & Nusa Tenggara yang masing-masing diwakili oleh lebih dari 350 tim atau sekitar 1.500 peserta.

Sedangkan wilayah Sulawesi dan Sumatera masing-masing diwakili oleh sekitar 450 tim atau 1.900 peserta, dan 1.000 tim atau 4.300 peserta. Pulau Jawa tetap menjadi wilayah yang menyumbang jumlah peserta terbesar, yaitu sebanyak 2.191 tim atau 9.225 peserta.

Tumbuhnya jumlah peserta, keikutsertaan peserta perempuan, serta meluasnya sebaran perwakilan peserta IGC 2020 dari berbagai wilayah di Indonesia ini semakin menambah optimisme Telkomsel dalam melanjutkan komitmen membangun ekosistem digital yang inklusif di Indonesia.

“Sejak awal memutuskan untuk serius dalam bertransformasi menjadi perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, Telkomsel yakin bahwa bisnis layanan digital seperti mobile gaming akan semakin berkembang luas,” ujar General Manager Games and Publishing Telkomsel Auliya Ilman Fadli.

Hal tersebut juga mendorong Telkomsel untuk terus menjadikan Dunia Games sebagai salah satu generator layanan digital yang dapat menguatkan potensi ekonomi digital masyarakat tidak hanya di kota-kota besar yang ada di Indonesia.

Layanan Digital Pendukung Industri Mobile Gaming

Selain serius dalam pengembangan bisnis berbasis gaya hidup digital dengan menghadirkan ragam produk dan layanan digital terkini, Telkomsel juga secara konsisten terus berupaya meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan dalam menikmati layanan digital.

Hingga periode kuartal pertama 2020, Telkomsel telah menggelar lebih dari 219.000 BTS di seluruh Indonesia, yang mana sebagian besar merupakan BTS broadband berteknologi 3G dan 4G.

Memasuki pertengahan tahun ini, Telkomsel juga telah berencana untuk memperluas cakupan jaringan 4G LTE melalui penambahan lebih dari 25.000 BTS 4G LTE yang difokuskan untuk mendukung aktivitas pelanggan di seluruh pelosok negeri, terutama di area residensial.

Telkomsel belum lama ini juga telah meluncurkan jaringan layanan berteknologi VoLTE di sejumlah kota besar seperti Jakarta, Depok, Bekasi, Tangerang, Bogor dan Surabaya. Memungkinkan pengguna melakukan panggilan telepon berbasis 4G LTE tanpa mengganggu aktivitas bermain mobile game di perangkat mereka.

aplikasi dunia games esport

Dorong Game & Aplikasi Menarik

Sekedar informasi saja, IGC 2020 mempertandingkan empat game, yaitu League of Legends, Free Fire, Call of Duty Mobile, dan Arena of Valor. Kompetisi tersebut telah memasuki babak kualifikasi nasional dan akan menggelar Grand Final pada akhir Agustus mendatang.

Game dan aplikasi pilihan yang menarik menjadi strategi Telkomsel mendorong industri mobile gaming. Sejak berdiri pada 2013, Dunia Games konsisten mengembangkan ekosistem esport di Indonesia secara menyeluruh dan berkelanjutan melalui empat pilar utama, yaitu portal media komunitas, penerbit game, penyelenggara kompetisi, dan layanan pembayaran.

Sebagai portal game terbesar di Indonesia, Dunia Games memiliki lebih dari 10 juta pengunjung bulanan dan menyediakan direct carrier billing untuk menghadirkan kemudahan pembelian aplikasi dan konten game digital menggunakan pulsa.

Selain itu, Dunia Games juga sudah merilis empat judul game, yaitu ShellFire, Lord of Estera, Rise of Nowlin, serta Kolak Express 3, dan telah menggelar lebih dari 1.000 event offline di seluruh Indonesia.