Harga 2 Jutaan, Pilih Samsung Galaxy M20 atau Redmi Note 7?

#kamisukareview – Keduanya hadir sebagai pemuas dahaga kaum urban, bagi mereka yang berjiwa muda dan membutuhkan perangkat pendukung yang memadai.

Samsung Galaxy M series (termasuk M20) sejatinya menjadi harapan baru sebagai susksesor J series.

Sementara Redmi Note 7 hadir sebagai taring sub-brand Xiaomi yang boleh jadi mulai merangsek serius di segmen new-entry.

Awal tahun ini boleh jadi hal yang menggembirakan buat kamu yang mengincar Hp baru, namun dengan tampilan yang sedikit berbeda.

Setidaknya samsung mampu membaca itu, sementara Redmi boleh menjadi sebuah pilihan yang secara spesifikasi tak mengecewakan.

Yuk, kita langsung lihat apa yang menjadi nilai unggul kedua Hp ini.

Desain

Keduanya mengusung desain semirip, yakni tampil dengan balutan plastik mengkilap.

Soal bobot, keduanya setara yakni 186 gram, tapi soal dimensi atau ukuran, Redmi Note 7 nampak lebih bongsor dengan tinggi 159,2 mm, lebar 75,2 mm, dan tebal 8,1 mm.

Sementara Samsung Galaxy M20 memiliki tinggi 156,4 mm, lebar 74,5 mm, dan tebal 8,8 mm.

Layar

Pada layar, keduanya setara dengan ukuran diagonal 6,3 inci. Meski begitu, Samsung Galaxy M20 memiliki aspek rasio bodi lebih besar, yakni 83,6 persen, berbanding 81,4 persen milik Redmi Note 7.

Soal teknologi layar, keduanya memasangkan panel berbeda. Samsung Galaxy M20 menggunalan panel TFT, sementara Redmi Note 7 menggunakan IPS LCD.

Meski begitu, keduanya seragam menyematlan kamera selfie dalam ornamen poni model tetesan air (waterdrop).

Untuk proteksi layar, Redmi Note 7 dibekali Gorilla Glass 5, sedangkan Samsung Galaxy M20 belum memberikan keterangan lengkap terkait bagian ini.

Spesifikasi

Hal lain yang tegas membedakan keduanya adalah sistem operasi (OS) yang dijalankan.

Samsung Galaxy M20 masih menggunakan Android 8.1 Oreo dengan antarmuka (UI) Experience 9.5.

Sementara Redmi Note 7 sudah menggunakan OS Android 9.0 Pie lengkap dengan antarmuka MIUI 10.

Kemudian soal dapurpacu, alias prosesor. Keduanya setara menggunakan system on chip (SoC) dengan pemrosesan 14 nanometer (14 nm).

Meski begitu, keduanya menggunakan vendor berbeda. Samsung Galaxy M20 dibekali prosesor Exynos 7904 octa-core Kryo 260 silver. Sedangkan Redmi Note 7 percaya pada Snapdragon 660 octa-core Kryo 260.

Soal prosesor grafis (GPU), Samsung memercayakan Mali-G71 MP2 pada Galaxy M20, sementara di bagian ini Adreno 512 didapuk Redmi Note 7.

Memori

Soal memori dan penyimpanan internal (ROM), keduanya dibekali dengan RAM 3GB/ROM 32GB dan RAM 4GB/ROM 64GB.

Tersedia pula slot untuk menyematkan memori tambahan, yakni dengan kapasitas maksimal 512GB pada Samsung Galaxy M20.

Sedangkan Redmi Note 7 hanya membatasi memori eksternalnya itu hingga 256GB dengan mengorbankan SIM 2 (hybrid slot).

Kamera

Nah, bagian ini yang bikin galau. Karena kamera menjadi salah satu tumpuan orang membeli Hp.

Samsung Galaxy M20 dibekali kamera ganda 13MP + 5MP pada bagian punggungnya, serta kamera selfie 8MP.

Boleh dibilang ini yang menjadi ‘jualan’ Redmi Note 7, yakni dengan kamera beresolusi 48MP + 5MP pada bagian belakangnya. Sedangkan untuk kamera selfie-nya hadir dengan lensa 13MP.

Kamera kedua Hp ini juga dilengkapi fitur penunjang, seperti LED flash, panorama, HDR, dan resolusi 1,080 @30fps untuk perekaman gambar (video).

Fitur dan Baterai

Soal fitur, keduanya semirip, yakni dibekali sesnsor sidik jari (fingerprint), USB Type-C, serta pengecasan cepat (fast charging) khusus pada Redmi Note 7.

Sementara untuk penopang daya, Samsung Galaxy M20 boleh jadi jumawa dengan bekal baterai berkapasitas 5.000 mAh. Sedangkan Redmi Note 7 hanya 4.000 mAh saja.

Harga

Kemudian perkara harga, karena keduanya belum resmi masuk ke Indonesia, maka kamu yang tertarik bisa membelinya di toko-toko online dengan garansi distributor.

Samsung Galaxy M20 dengan spesifikasi RAM 4GB/ROM 64GB dibanderol Rp2,8 juta di Tokopedia. Sedangkan Redmi Note 7 dengan spesifikasi setara dijual Rp2,2 juta di Bukalapak.

credit: GSM Arena, Android Authority

Leave a Reply

Your email address will not be published.