15 Keyboard Gaming Terbaik Oktober 2020

#kamisukareview – Game telah lama menjadi industri yang menarik di ranah komputer desktop dan laptop. Aksesoris seperti keyboard gaming bahkan semakin banyak diminati. Tak heran jika industri gaming terus berkembang dari hari ke hari.

Jika kamu adalah seorang gamer, maka keberadaan keyboard adalah syarat mutlak, selain kinerja komputeryang mumpuni. Perangkat keyboard ini menjadi salah satu penentu keberhasilan dan keakuratan kamu saat bermain game karena itu dibutuhkan keyboard yang pas dengan feel kamu.

Keyboard Gaming Terbaik Oktober 2020

Lantas, keyboard seperti apa yang seharusnya dimiliki oleh seorang gamer? Nah, jika kamu sedang memulai langkah sebagai seorang gamers, pada tulisan kali ini kami ingin menampilkan daftar keyboard gaming terbaik yang bisa dijadikan referensi.

Memilih Jenis Keyboard Gaming

Jenis Switch: Membran vs Mekanik

Saat kamu mulai melakukan pencarian pada keyboard gaming, maka kamu akan dihadapkan pada dua jenis keyboard yang dibedakan berdasarkan switchnya, yakni switch membran atau yang seering disebut sebagai rubber-dome dan switch mekanik atau yang sering dikenal sebagai mechanical keyboard.

Kedua jenis keyboard ini tentu memiliki komponen, feel dan harga yang berbeda, untuk keyboard yang menggunakan switch membran misalnya, maka dibalik tutsnya terdapat lapisan karet membentang, bagian ini menjadi komponen utama saat sebuah tombol ditekan (pressure).

Sedangkan untuk keyboard mekanik, setiap tuts atau tombol memiliki per atau komponen terpisah yang memberikan efek tekan tertentu yang dibedakan berdasarkan jenis switch yang digunakannya.

Perbedaan di atas sangat mempengaruhi beberapa hal, yang paling kentara adalah suara dan feel saat tombol ditekan atau digunakan mengetik.

Keyboard membran biasanya memiliki suara yang lebih senyap, sedangkan keyboard mekanikal terdengar lebih kencang denga feel tekanan yang berbeda-beda tergantung warna switch yang digunakan, ada yang memiliki efek taktil, clicky atau liner.

Berdasarkan pengalaman penulis, keyboard mekanik memiliki feel yang lebih nikmat saat digunakan, baik untuk bermain game maupun digunakan untuk mengetik. Walau terkadang, keyboard mekanik mungkin memiliki suara yang sedikit mengganggu ketika digunakan di dekat orang yang sedang tidur.

Selain itu, dengan switch individual yang terpasang pada setiap tutsnya maka keyboard mekanikal dapat dikustomisasi sesuai denga selera penggunanya, mulai dari warna dan jenis tuts, ataupun jenis switch yang digunakan.

Biasanya, keyboard mekanikal memiliki daya tahan yang jauh lebih lama dibanding dengan keyboard membran karena itu harganyapun sedikit lebih mahal dan bahkan ada yang memiliki harga yang memang sangat mahal

Ukuran Keyboard: Full, TKL atau 60%

Jika saat ini kamu menggunakan keyboard membran, maka sudah bisa dipastikan jika kamu menggunakan keyboard berukuran full atau penuh, keyboard ini memiliki tombol angka dibagian kanan mirip dengan tombol kalkulator karena fungsi tombol ini memang memiliki fungsi untuk mengetik angka pada spreadsheet atau dokumen.

Namun tahukah kamu bahwa sebenarnya ada beberapa ukuran keyboard lagi yang ada di pasaran. Yakni TKL (ten-keyless) dan 60%, walau dalam beberapa kasus ada juga keyboard dengan ukuran 40%.

Namun biasanya keyboard dengan ukuran yang lebih kecil ini hanya digunakan oleh mereka para hobbyst karena sejumlah tombol dan fungsinya telah dipindahkan pada sebuah ‘layer’ yang harus diingat jika ingin menggunakannya.

Untuk keyboard TKL, atau sesuai dengan namanya yakni Ten-keyless ini pada umumnya memiliki susunan yang sama dengan keyboard full, yang berbeda hanyalah tidak adanya tombol angka yang ada di bagian kanan seperti yang sering kita temukan pada keyboard full.

Sedangkan untuk keyboard dengan ukuran 60% memiliki tombol yang lebih sedikit lagi, keyboard jenis ini tidak memiliki tombol F1 – F12, untuk mengaktifkannya kamu harus menekan kombinasi tombol tertentu.

Keyboard 60% juga biasanya tidak memiliki tombol tanda panah, namun jangan khawatir karena fungsi ini telah ‘disembunyikan’ dan masih tetap bisa digunakan dengan menekan kombinasi tuts yang ada.

Tujuan dibuatnya keyboard berukuran 60% ini adalah agar ukuran keyboard terlihat lebih ringkas sehingga mudah dibawa-bawa dan meja kerja menjadi terlihat lebih minimalis tanpa mengorbankan fungsi utamanya baik sebagai alat input maupun kontroler saat keyboard gaming tersebut digunakan untuk bermain game.

Aksesoris: Lampu RGB

Kebanyakan keyboard gaming selalu hadir dengan lampu RGB yang menghiasi keyboard tersebut, selain berfungsi sebagai aksesoris yang bisa menambahkan nilai estetis.

Lampu ini sangat berfungsi saat kita menggunakan keyboard gaming dalam cahaya ruangan temaram, pada merek tertentu bahkan cahaya tersebut bisa menjadi tanda saat digunakan untuk bermain game atau aplikasi tertentu.

Pada kebanyakan kasus, lampu pada keyboard ini juga bisa diatur untuk menampilkan animasi atau efek cahaya tertentu saat digunakan, beberapa efek yang umum digunakan ialah efek glombang, efek pelangi, efek irama yang bisa menyala mengikuti irama sebuah lagu dan masih banyak lagi.

Jenis Konektivitas

Pada umumnya, keyboard gaming menggunakan sebuah kabel permanen yang terhubung langsung pada komponen yang ada didalamnya untuk selanjutnya dipasangkan pada komputer yang kita gunakan.

Namun pada perkembangannya saat ini, kabel tersbut ada yang bisa dilepas pasang dengan konektor USB Mikro, USB Mini dan USB Type-C. Beberapa model bahkan menawarkan konektivitas secara nirkabel melalui koneksi Bluetooth.

15 Keyboard Gaming Terbaik

Bagi kamu yang sering berpindah-pindah (mobile), jenis konektivitas ini menjadi hal yang cukup krusial sehingga penggunaan keyboard dengan koneksi Bluetooth atau kabel yang bisa dilepas pasang mungkin lebih cocok digunakan.

Sedangkan bagi kamu yang sering mager dan memilih untuk bermain game di kamar atau di ruang keluarga saja, maka keberadaan keyboard dengan sambungan kabel permanen sudah cukup. Nah berikut adalah keyboard gaming terbaik versi kami.

1. Razer BlackWidow Chroma

keyboard gaming razer

Razer telah dikenal sebagai produsen untuk perangkat aksesoris untuk gaming, termasuk keyboard, tak heran jika merek ini banyak digunakan oleh para gamer profesional. Salah satu produk keyboard besutannya ialah Razer BlackWidow Chroma. Keyboard mekanikal ini menjadi rekomendasi untuk para gamr lantaran keakuratan dan tingkat responsif baik yang dimilikinya.

Sebagai gaming mechanical keyboard, Razer telah melengkapi keyboard ini dengan efek warna pada tombol yang bisa diatur oleh penggunanya. Keyboard ini menawarkan 16 juta warna yang bisa kamu ganti-ganti sesuka hati. Sementara untuk banderol harganya, keyboard ini telah ditawarkan di Rp. 1,8 jutaan.

Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

2. Cougar Attack X3

cougar attack x3

Selain menawarkan benntuk dan warna yang elegan, keyboard gaming Cougar Attack X3 juga telah menggunakan switch Cherry MX dibalik tutsnya, switch ini boleh dibilang merupakan switch terbaik yang ada di dunia keyboard mekanik karena itu sejumlah produsen telah menjadikan Cherry MX sebagai standar acuan bagi switch yang diproduksinya.

Untuk harganya, keyboard mekanikal Cougar Attack X3 ini telah dibanderol di Rp. 950ribuan, menurut penulis harga ini menjadi sangat menarik lantaran pada umumnya keyboard mekanik yang menggunakan seitch Cherry MX biasanya dibanderol dengan harga lebih mahal, hal ini karena switch Cherry MX memang telah teruji bisa digunakan lebih dari 50 juta kali klik dan memiliki feel yang nyaman saat digunakan.

Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

3. Digital Alliance K1

keyboard gaming digital alliance k1

Digital Alliance K1 menjadi keyboard mechanical terbaik yang kami pilih karena keyboard ini telah menggunakan switch Blue yang terkenal tactile dan clicky dari Outemu.

Yang menjadi menarik, keyboard ini telah ditawarkan dengan harga relatif murah yakni Rp. 590 ribuan saja. Tidak hanya itu, dengan harga tersebut, penggunanya bisa mendapatkan keyboard mechanical full yang memiliki efek warna RGB.

Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

4. A4tech g800MU X7

a4tech

Keybaord A4tech g800MU X7 menjadi salah satu keybaord terbaik yang kami rekomendasikan, keyboard mekanikal ini memiliki tombol karet yang ditandai dengan warna berbeda untuk memudahkan pengguna saat memainkan game berbasis action atau shooting, keyboard ini juga telah menggunakan kabel USB sebagai konektivitasnya.

Dengan tombol karet ini, pengguna akan lebih nyaman saat bermain game karena jari tidak akan mudah terpeleset saat menekan tutsnya. Kendati memiliki fitur menarik, keyboard ini ditawarkan dengan harga yang cukup bersahabat yakni Rp 235ribu-an saja.

Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

5. Digital Alliance Meca Sport

keyboard gaming alliance mecca

Sesuai namanya, keyboard ini telah ditujukan bagi mereka yang ingin menggunakannya untuk bermain game, yang menjadi menarik ialah ukurannya yang ringkas yang mungil mengusung 60%, dengan switch Outemu Blue yang memiliki karakter clicky sehingga pengguna akan disuguhkan dengan performa keyboard mekanikal mumpuni namun ditawarkan dengan harga murah yakni dikisaran Rp. 435 ribuan saja.

Walaupun ditawarkan dengan harga yang relatif murah, Meca Sport juga telah hadir dengan efek warna yang akan menyala dibalik tutsnya. Switch Outemu juga dipercaya mampu bertahan hingga 50 juta kali klik sehingga keyboard ini akan lebih awet digunakan.

Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

6. Steelseries Apex M500

steelseries

Gaming Keyboard Steelseries Apex M500 ini menjadi salah satu keyboard gaming menarik bagi para gamer, karena telah menggunakan switch Cherry MX dibalik setiap tutsnya.

Steelseries Apex M500 juga telah dilangkapi dengan sejumlah fitur, salah satunya ialah full anti-ghosting yakni fitur dari keyboard yang bertujuan memaksimalkan berapa banyak tombol keyboard yang dapat ditekan secara bersamaan dan tetap memberikan input pada komputer.

Ini berfungsi saat pengguna memainkan game yang membutuhkan banyak kombinasi tombol yang ditekan secara bersamaan. Sebagai keyboard dengan fitur dan kualitas premium, tak heran jika kebanyakan para gamer menggunakan keyboard seharga Rp. 1,5 jutaan ini saat turnamen e-Sports.

Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

7. Logitech G213

keyboard gaming logitech g213

Logitech telah dikenal sebagai produsen keyboard terkemuka, dan Logitech G213 telah menjadi keyboard gaming terbaik pilihan kami lantaran memiliki fitur di atas rata-rata namun ditawarkan dengan harga yang relatif bersahabat yakni dikisaran harga Rp. 640-ribuan saja.

Pihak Logitech telah menjejalkan fitur performance tuned key dengan multi-key, yang membuatnya 4 kali lebih responsif dari keyboard pada umumnya, tingkat responsif dari sebuah keyboard gaming memang menjadi faktor utama saat bermain game dan keyboard mekanikal racikan Logitech ini telah memilikinya.

Yang menjadi menarik, selain keyboard ini sangat nyaman digunakan, ia juga memiliki kemampuan tahan terhadap cipratan air dan debu, lampu RGBnya pun bisa disesuaikan dan diatur melalio aplikasi yang disertakan.

Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

8. Razer Ornata

razer ornata

Bagi kamu yang telah lama memasuki dunia gaming, pasti sudah tak asing dengan merek Razer ini, produsen asal Singapura ini telah menjadi produsen perangkat gaming yang cukup terkenal dan kerap menjadi sponsor maupun penyelenggara dari event-event eSport di seluruh dunia.

Razer Ornata menjadi salah satu produk gaming keyboard yang unik lantaran ia menggunakan switch racikannya sendiri yang mereka sebut sebagai Razer Mecha-Membrane Technology.

Yakni penggabungan teknologi membran dan mekanikal yang menghadirkan tingkat responsif serta kenyamanan sempurna dari sebuah keyboard gaming. Razer Ornata telah dibanderol dengan harga Rp 2,4 juta-an.

Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

9. Sades Thyrsus

keyboard gaming sades

Keyboard Sades Thyrsus menjadi keyboard gaming mekanikal terbaik yang kami rekomendasikan buat kamu yang baru memasuki dunia gaming, dengan harganya yang menarik yakni hanya Rp. 550 ribuan saja.

Kamu sudah bisa memiliki keyboard gaming nyaman lengkap dengan kemampuan anti-ghosting dan lampu warna-warni dibalik tuts yang menggunakan Blue switch racikan Kailh.

Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

10. Leopard G20

leopard g20

Leopard G20 menjadi salah satu keyboard gaming terbaik dan termurah yang ada dipasaran saat ini, yakni ditawarkan dengan harga Rp. 138 ribu-an saja dan pengguna masih mendapatkan efek lampu RGB dibalik tutsnya.

Dengan harganya yang relatif terjangkau, keyboard Leopard G20 menjadi keyboard mekanikal terlaris yang dijual di toko online tanah air saat ini. Sayangnya, tidak ada informasi mengenai jenis dan merk switch apa yang digunakan pada keboard ini.

Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

11. Rexus Battlefire K9SE

keyboard gaming rexus

Keyboard Rexus Battlefire K9SE ini telah menjadi keyboard gaming terbaik yang ada di pasaran saat ini, dengan fitur anti-ghosting dan kabel panjang berukuran 2 meter yang kuat dari serat nilon dan tembaga sehingga tidak mudah putus.

Keyboard Rexus Battlefire K9SE ini ditawarkan dengan harga yang juga bersahabat yakni dikisaran Rp. 150 ribuan.

Dengan harganya yang relatif lebih terjangkau, maka bagi kamu yang baru masuk ke dunia gaming ada baiknya untuk mencoba perangkat keyboard berharga murah sebagai perangkat percobaan.

Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

12. Imperion Centipada

imperion centipada

Keyboard Imperion Centipada menjadi pilihan terbaik menurut kami, body-nya yang kokoh terbuat dari bahan alumunium serta memiliki lampu warna yang bisa disesuaikan oleh penggunanya.

Keyboard yang mengusung switch Kailh Blue ini telah ditawarkan dengan harga Rp. 540 ribuan saja dan sangat responsif saat digunakan untuk bermain game.

Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

13. NYK TKL K-01

keyboard gaming nyk

Keyboard NYK TKL K-01 menjadi salah satu keybaord gaming murah dengan desain yang lebih ringkas karena mengusung ukuran TKL sehingga tidak ada tombol numerik yang biasa ditemukan pada sisi kanan keyboard.

Selain itu, keyboard ini juga menggunakan plat besi yang kokoh serta kabel braided yang alot dan tidak mudah putus, penggunanya juga bisa memilih lima mode RG yang telah terpasang didalamnya. Untuk harganya, keyboard NYK TKL K-01 ini telah dibaderol dengan harga Rp. 125 ribu-an saja.

Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

14. Digital Alliance Black Ruby

digital alliance black ruby

Digital Alliance Black Ruby menjadi keyboard gaming selanjutnya yang kami masukan dalam daftar, namun demikian keyboard racikan perusahaan tanah air ini menggunakan switch membran.

Sebagai perangkat gaming, keyboard ini memiliki fitur RGB yang bisa diatur oleh penggunanya serta harga yang relatif terjangkau yakni hanya Rp. 175 ribuan saja.

Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

15. Aula Wings of Liberty

aula wings

Keyboard Aula Wings of Liberty menjadi salah satu keyboard terbaik yang kami masukan ke dalam daftar ini, walaupun tidak menggunakan switch Cherry MX namun klaimnya tuts keyboard ini bisa digunakan hingga lebih dari 60 juta kali tekanan.

Yang menjadikannya menarik, selain harganya yang relatif murah yakni hanya Rp. 426 ribuan saja, anda juga akan mendapatkan keyboard gaming yang bisa menangkis cipratan air dan debu karena permukaannya telah dilapisi denga materi berbahan silikon gel.

Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Nah, tertarik?

Tika M

The strongest actions for a woman is to love herself, be herself and shine amongst those who never believed she could.”