Mulai Malas Gonta-Ganti Ponsel? Ternyata Kamu Tidak Sendirian

REVIEW1ST.COM – Mulai malas gonta-ganti ponsel? Ternyata tren ini sedang terjadi lho. Artinya, kalian termasuk gw tidak sendirian. Dari informasi yang berhasil gw dapat di internet, penjualan smartphone di seluruh dunia sedang menurun lho. Pertumbuhannya flat.

Di Amerika Serikat yang notabene tempat gw liburan dan refreshing kalau lagi stress (bhwahaha, ngarep banget), penjualan ponsel 2016 relatif flat alias datar. Banyak konsumen yang memilih bertahan memakai ponsel lama mereka. Kejadian ini juga berlaku di beberapa pasar yang sudah established.

Penjualan ponsel di seluruh dunia tengah menurun secara dramatis di 2016. Kalangan pengamat pun memprediksi pertumbuhan yang datar-datar saja, persisnya seperti hidup gw. Tapi ada sisi cerahnya kok, saat penjualan smartphone di seluruh dunia biasa saja, pertumbuhan smartphone 4G di negara berkembang masih ciamik kok.

Menurut prediksi IDC yang gw temukan setelah mengorek-ngorek mbah Google, pengapalan smartphone di 216 akan mencapai sekitar 1,45 miliar unit. Menggambarkan pertumbuhan tahunan yang hanya sekitar 0,6 persen.  Angka ini turun dari tahun sebelumnya yang bisa tumbuh hingga 10,4 persen (2014 dan 2015).

Satu-satunya kabar gembira adalah penjualan smartphone 4G di pasar negara berkembang. Tahun ini diperkirakan bisa tumbuh hingga 21,3 persen untuk 2016. Pertumbuhan ini didorong oleh penjualan negara-negara seperti Asia, Amerika Latin, Eropa Tengah dan Timur serta Timur Tengah.

Ternyata pasar sudah mulai bosan dengan minimnya fitur menarik dan fasilitas yang itu-itu dalam sebuah ponsel. Jadi, pengguna di negara-negara maju lebih memilih untuk bertahan dengan ponsel jadul kesayangannya. Gw juga gitu kok, berarti gw sudah seperti orang-orang di negara maju ya pemikirannya. Prettt!

Tika M

The strongest actions for a woman is to love herself, be herself and shine amongst those who never believed she could.”