Spesifikasi Setara, Pilih Huawei Y7 Pro atau OPPO A7

#kamisukareview – Awal tahun nampaknya menjadi momentum yang dimanfaatkan beberapa produsen Hp untuk memperkenalkan produknya lebih awal.

Huawei misalnya, usai memperkenalkan Hp flagship mereka, Huawei Mate 20 series akhir tahun lalu, langsung memperkenalkan Hp yang menyasar anak muda, melalui Huawei Y7 Pro.

Dilihat Spesifikasinya, Huawei Y7 Pro bakal beradu di pasaran dengan salah satu produk OPPO yang menyasar segmen mid-range, yakni OPPO A7.

Nah, buat kamu yang saat ini tengah mempertimbangkan untuk meminang salah satu di antara 2 Hp tadi, mungkin referensi dan penjabaran kami bisa jadi pertimbangan.

Berikut paparannya.

Desain

Masuk ke bagian ini, keduanya sama-sama memikat dan tampil dengan warna-warna menawan.

Huawei Y7 Pro dijual dengan warna hitam (midnight black) dan biru (aurora blue), sementara OPPO A7 hadir dengan warna biru (glaze blue), emas (glaring gold).

Kami pun mengamati tekstur balutan bodi keduanya. Huawei Y7 Pro secara umum dikemas dengan bodi glossy mengkilap.

Sedangkan pada OPPO A7, kami mendapati lapisan seperti kaca di bagian belakang. Lapisan itu membuat tekstur bagian belakang nampak lebih ‘wah‘.

Pada sisi-sisi kedua Hp, kami mendapati beragam akses, seperti tombol power, volume, jack audio 3,5 mm, speaker, slot microUSB untuk isi ulang daya (charge), serta slot dual SIM/MicroSD yang berada dalam satu kompartemen.

Sementara pada bagian belakangnya, kami mendapati kamera ganda lengkap dengan LED flash.

Kamera Huawei Y7 Pro mengadopsi arsitektur desain vertikal, sementara OPPO A7 hadir dengan arsitektur horizontal.

Pada OPPO A7, di sana pun kami menemukan sensor sidik jari (fingerprint), peranti yang tak kami temukan pada Huawei Y7 Pro.

Meski sekilas nampak sama, namun kedua Hp memiliki dimensi yang berbeda.

Huawei Y7 Pro lebih bongsor dengan ukuran 158,9 x 76,9 x 8,1 mm, sedangkan OPPO A7 sedikit kecil, yakni 155,9 x 75,4 x 8,1 mm.

Secara umum, keduanya nyaman digenggam, pas masuk kantong baju maupun saku celana.

Untuk melindungi bodi Hp, keduanya pun menyediakan aksesori softjacket transparan pada paket penjualan.

Layar

Soal tampilan muka, kedua Hp ini mengusung layar dengan panel IPS LCD. Huawei Y7 Pro tampil dengan aksen poni dewdrop, sementara OPPO A7 hadir melalui aksen poni waterdrop.

Karena secara fisik lebih tinggi, maka diagonal layar Huawei Y7 Pro pun lebih besar, yakni 6,27 inci (rasio 19:9), sementara OPPO A7 cukup 6,20 inci (rasio 19:9).

Soal densitas piksel, OPPO A7 setingkat lebih tinggi dengan 271 ppi berbanding 269 ppi pada Huawei Y7 Pro. Namun kami tak melihat perbedaan yang signifikan.

Keduanya pun sama-sama menyematkan proteksi gorilla glass sebagai pelindung layar dari guratan.

credit: Huawei & OPPO

Spesifikasi

Saat ini keduanya seragam berjalan pada sistem operasi Android 8.1 Oreodengan menggunakan antarmuka (user interface/UI) EMUI 8.2 yang akan ditingkatkan menjadi EMUI 9.0 pada Huawei Y7 Pro.

Sedangkan OPPO A7 tampil dengan ColorOS 5.2 untuk mengakomodir aspek multitasking.

Soal peningkatan sistem operasi, nampaknya dalam waktu dekat Huawei Y7 Pro akan meningkat menjadi Android 9.0 Pie.

Keduanya mengusung jenis chipset (SoC) seragam, yaitu Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm) Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53, dengan prosesor grafis (GPU) Adreno 506.

Baik Huawei Y7 Pro maupun OPPO A7, keduanya pun dibekali dengan RAM 4GB/ROM 64GB dengan ketersediaan memori eksternal (MicroSD) berdaya tampung maksimal 512GB.

Test AnTuTu Benchmark

Kamera

Nah, bagian kamera tentunya merupakan bagian krusial yang tak boleh terlewatkan.

Keduanya setara menghadirkan kamera belakang ganda dengan resolusi 13MP dan 2MP.

Pada huawei Y7 Pro, kamera utamanya memiliki bukaan diafragma (aperture) yang cukup lebar, yakni f/1.8, sementara pada OPPO A7, hadir dengan aperture f/2.2.

Meski keduanya hadir dengan resolusi setara, Huawei Y7 Pro mampu menampilkan efek bokeh (buram) pada latar objek yang dapat diatur sedemikian rupa, sehingga mampu memberikan efek yang setingkat di atas Hp sekelasnya.

Kamera-kamera Huawei Y7 Pro juga telah dibenamkan teknologi kecerdasan buatan (AI camera) hingga membuat hasil potret menjadi lebih natural.

Keduanya pun setara dalam menampilkan fitur pada kamera-kamera mereka, yakni depth sensor, HDR, maupun panorama.

Kemudian soal kamera selfie. Ada lensa beresolusi 8MP pada Huawei Y7 Pro, sementara pada OPPO A7 ditanamkan kamera 16MP.

Soal Hp dengankamera selfie, sejak lama produsen OPPO memang dikenal jago dalam menghadirkan kamera dengan karakter tersebut.

Meski berbeda, keduanya pun menghadirkan fitur tak kalah andal, yakni HDR untuk menyiasati pemotretan membelakangi cahaya (backlight) menjadi lebih baik.

Pengambilan gambar outdoor dan indoor pada Huawei Y7 Pro (kiri) dan OPPO A7 (kanan)

Baterai

Karena memang menyasar untuk pengguna yang aktif, maka keduanya menyematkan baterai dengan kapasitas di atas rata-rata.

Huawei Y7 Pro dibekali baterai dengan kapasitas 4.000 mAh, sementara OPPO A7 hadir dengan baterai berkapasitas lebih besar, yakni 4.230 mAh.

Meski berbeda, keduanya mampu mengakomodir aktivitas keseharian tanpa perlu repot-repot membawa powerbank.

Harga

Nah, ini yang paling menentukan. Harga merupakan parameter akhir untuk pembeli yang menginginkan sebuah Hp dengan spesifikasi semirip.

Huawei Y7 Pro, bakal dibanderol Rp2.799.000, sementara OPPO A7 dapat ditebus dengan harga sedikit lebih mahal, yakni Rp3.299.000.

Nah, dari penjabaran kami, tentunya kamu sudah memiliki bayangan akan memboyong Hp yang mana kan?

Jika kamu ingin Hp dengan harga terjangkau yang memiliki kamera yang diklaim cerdas serta efek bokeh yang keren, silahkan boyong Huawei Y7 Pro.

Tapi jika kamu ingin Hp dengan kamera selfie mumpuni, maka sikat deh OPPO A7.

Leave a Reply

Your email address will not be published.