Acer Swift 3 Day Edition: Laptop Kece, Ringan, dan Baterai Awet

#kamisukareview – Jelang akhir pekan lalu, kami mendapatkan 1 unit laptop Acer Swift 3 (SF314-54G). Acer menambahkan embel-embel ‘Day Edition’ pada perangkat ini. Seri ini merupakan bagian dari keluarga Swift 3 series yang dijual di Indonesia.

Kami penasaran apakah dengan harga Acer Swift 3 Day Edition yang dibanderol Rp 6,9 jutaan ini sesuai dengan klaim Acer. Apakah seri ini memang dipasarkan untuk pengguna komuter yang identik dengan mobilitas tinggi di Indonesia?

Secara fisik, meski dengan harga notebook ini yang relatif terjangkau, tapi kami tak melihat desain yang mrahan. Justru dengan balutan bodi berbahan aluminium, laptop ini memiliki tampilan fisik layaknya laptop kelas premium.

Boleh jadi, inilah laptop ‘versi terjangkau’ dari Acer Swift 7 yang merupakan flagship dari produsen asal Taiwan itu.

Nah, kami akan sedikit menggambarkan bagaimana kinerja laptop ini, serta meminta pendapat dari para pengguna notebook kebanyakan.

Desain Acer Swift 3 Day Edition

Seperti dikatakan tadi, secara tampilan desain jelas laptop ini tak mengecewakan. Warna yang dihadirkan pun beragam, mulai dari gold (emas), silver (perak), biru, dan pink gold.

Karena didesain untuk kebutuhan mobile, maka bobotnya pun cukup enteng, hanya 1,5 kg saja. Selain itu cukup tipis untuk dimasukkan ke dalam ransel karena tebalnya hanya 17,5 mm dengan panjang 338 mm dan lebar 234 mm.

Meski mengkilap, namun bodi laptop ini tak rentan dengan jejak sidik jari berkat lapisan guratan halus pada permukaan bodinya.

Selain itu tak akan licin pula saat dipegang meski telapak tangan berkeringat atau basah.

Pada sisi bawah laptop, nampak tiga kaki penyangga dari bahan karet keras. Ada deretan lubang tempat udara segar masuk ke sistem pendingin dekat penyangga karet belakang.

Hadir pula 2 speaker pada sisi kiri dan kanan bawah laptop dekat penyagga dekat penyangga karet depan.

Jika diperhatikan, lubang ventilasi pembuangan udara panas laptop terletak di antara engsel layar dan keyboard, sehingga dapat mengalirkan udara panas secara maksimal ke arah atas dan belakang.

Layar Acer Swift 3 Day Edition

Saat lipatan laptop dibuka, layar lega 14 inci dengan dukungan full HD beresolusi 1920 x 1080 piksel serta kerapatan piksel 157 PPI (pixel per inch) pun terpampang.

Karena memiliki bezel nan tipis (bezzless), maka tak heran jika diagonal panel layar laptop ini tak ubahnya atau setara dengan seperti laptop 13 inci.

Layar yang telah menggunakan panel IPS LCD itu juga diproteksi dengan Gorilla Glass. Tampilan layar pun cukup cemerlang dengan warna lebih kaya serta sudut pandang yang sangat luas hingga 170 derajat.

Juga untuk mengoptimalkan sudut pandang pada layar laptop, panel layar juga dapat didorong ke belakang hingga sudut 180 derajat.

Keyboard Acer Swift 3 Day Edition

Selain tampilan layar dan desainnya yang ciamik, keyboard pada laptop ini juga mengesankan sisi premium.

Dengan formasi tombol yang renggang dan melebar (chiclet), rasanya memang diperuntukkan untuk melakukan akses pengetikan secara cepat dan akurat, meski pengguna memiliki jari yang besar.

Pendek kata, tak ada alasan untuk meleset dalam mengetik, apalagi typo (kesalahan aksara) dalam menulis artikel.

Area sentuh touchpad laptop ini juga menyatu dengan tombol klik kiri/kanan. Penempatan touchpad cukup baik dengan ruang mencukupi untuk tangan ukuran besar pada area palmrest.

Di kanan bawah panel keyboard, tersedia pula pemindai sidik jari (fingerprint) sebagai salah satu langkah proteksi bagi kamu sebagai penggunanya agar laptop tak biasa di akses orang lain secara sembarangan.

Akses perangkat

Untuk menghubungkan dengan beberapa perangkat lain, pada sisi kiri laptop disediakan 2 port USB 3.0, 1 port USB 3.1 Type-C, 1 port HDMI, dan port jack audio 3,5 mm.

Sementara pada sisi kanannya kamu bisa menemukan 1 port Kensington Security, 1 port USB 2.o, dan 1 port card reader (SD card).

OS dan spesifikasi Acer Swift 3 Day Edition

Dengan menggunakan sistem operasi (OS) Windows 10 Home Edition, laptop yang kami jajal ini memiliki spesifikasi dengan menggunakan prosesor Intel Core i3 7020 yang didukung prosesor grafis (GPU) NVIDIA GeForce MX150 2GB.

Untuk menunjang kinerjanya, laptop ini dibekali RAM 4GB DDR4 dengan hardisk internal sebesar 1TB. Asus mengatakan, jika kurang puas, maka kamu bisa menambahkan (upgrade) RAM hingga 20GB. Asik kan!

Ada seorang kawan yang menanyakan soal bagimana jika mau meng-upgrade RAM? Apakah garansi akan hilang atau tidak?

Pertanyaan tersebut pun langsung kami teruskan ke pihak Acer. Kemudian pihak Acer menjawab bahwa jika melakukan upgrade RAM di gerai Acer Indonesia, maka garansi yang diberikan selama 2 tahun tak bakal hilang. Jika di luar itu, maka garansi akan hangus.

Aplikasi

Secara umum, kami menggunakan beberapa aplikasi yang disediakan laptop ini dengan cukup lancar.

Semisal menggunakan laptop untuk membuat dokumen dan bahan presentasi dengan Microsoft Office, membuka berkas (file) dengan ukuran besar, atau browsing dengan banyak tabulasi (tab) sambil melakukan edit gambar dengan photoshop.

Aplikasi masih berjalan lancar meski dilakukan sambil mendengarkan musik, baik melalui aplikasi online spotify atau melalui media player.

Namun kami merasa jika ingin mengunakan laptop untuk kebutuhan lebih, semisal melakukan edit foto maupun video dengan kategori komersil (pro) dan bermain game, maka nampaknya harus menambahkan kapasitas RAM-nya.

Pada beberapa aplikasi game kekinian, semisal PUBG, GTA, maupun Counter Strike, dengan RAM standar (4GB) kami mendapatkan hal yang cukup mengganggu, yakni jeda atau proses loading yang lama.

Baterai Acer Swift 3 Day Edition

Karena diperuntukkan untuk pengguna komuter, maka Acer nampaknya tak main-main dalam menyediakan kapasitas baterai.

Varian Day Edition ini dibekali dengan baterai yang mampu bertahan hingga 11 jam lebih tanpa menggunakan akses Wi-fi atau internet.

Sementara jika menggunakan Wi-fi, dengan kurun waktu 8 jam kami rasa sudah lebih dari cukup. Namun untuk mendapatkan itu, kamu harus rela melakukan pengecasan hingga 2 jam penuh.

Perangkat pengisian daya baterai laptop menggunakan adapter dengan kemampuan suplai listrik hingga 65 watt yang akan membuat baterai terisi lebih optimal.

Kesimpulan

Secara umum, Acer Swift 3 series sangat cocok bagi kamu yang aktif melakukan kegiatan mobile.

Dengan tampilannya yang premiun serta dukungan baterai yang gahar, tak ada alasan bagi kamu untuk tak menggunakan perangkat ini kapan dan dimanapun kamu mau.

Dengan tampilannya itu, maka bagi kamu yang menginginkan laptop dengan tampilan kece, enteng, dan baterai tahan lama namun dengan harga terjangkau, Acer Swift 3 series boleh jadi menjadi perangkat yang tepat.

Dari beberapa pengguna laptop yang kami temui, semua mengatakan bahwa laptop ini cocok sebagai teman beraktivitas, terutama untuk kalangan generasi muda yang aktif. Terlebih, RAM dari laptop ini bisa ditambahkan sesuai keinginan.

Di Indonesia, Acer Indonesia menjual Acer Swift 3 series dalam ragam varian yang dapat kamu pilih, yakni dengan prosesor Intel Core i3 7020 (Gen 7) dengan RAM 4GB yang dibanderol Rp6,9 jutaan, Intel Core i5 8250 (Gen 8) dengan RAM 4GB yang dijual Rp8,6 jutaaan, dan Intel Core i7 8550 (Gen 8) dengan RAM 8GB yang dilego Rp10,9 jutaan.

Seru sih jajal laptop ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.