Apple Resmi Jual iPhone ‘Refurbish’

#kamisukareview– Anggapan barang rakitan ulang atau umum disebut ‘refurbish’ sebagai barang gak mutu, nampaknya sekarang harus kamu buang jauh-jauh.

Karena saat ini, salah satu produsen perangkat mobilepaling populer, yakni Apple, resmi mengumumkan bahwa sudah menjual produk iPhone refurbish untuk pasar AS dan Inggris.

Tujuannya jelas, agar dapat menekan harga dan meningkatkan jumlah pembeli dengan mematok harga yang relatif terjangkau.

Pada varian iPhone X dengan kapasitas memori 64GB, saat peluncurannya awal 2017 lalu, Hp ini dibanderol cukup mahal yang sekitar 1.132 dolar AS, atau dijual sekitar Rp14 jutaandi Indonesia. 

Tapi saat di jual dengan status refurbish, iPhone X dengan spesifikasi yang sama dibanderol hanya769 dolar ASatau Rp10,7 jutaan.

Lolos uji mutu

Lantas, terjaminkah kualitas Hp bekas besutan Apple itu?

Perusahaan yang berbasis di Silicon Valey, California, AS, itu telah mengkalim bahwa perangkat iPhone refurbish yang mereka jual telah melalui tahapan uji mutu.

Uji mutu yang dimaksud adalah lolos dari uji kelayakan yang sesuai standart Apple, untuk kemudian dikemas ulang dengan kardus yang baru serta aksesori penunjang (charger, dll) yang baru pula.

Pendek kata, iPhone X daur ulang ini telah menjalani proses inspeksi, pengujian, pembersihan, dan pengemasan, serta tak luput dari sertifikasi resmi Apple.

Semua itu dilakukan untuk memberikan kesan baru pada iPhone X bekas tersebut.

Soal garansi atau layanan purnajual (aftersales) pada produk tersebut, Apple memberikan garansi setahun kepada konsumennya.

Tentunya garansi suku cadang atau garansi resmi perusahaan dalam kurun waktu itu adalah benefit saat membeli iPhone dengan status refurbish.

Bersaing dengan harga iPhone XR

JIka dibandingkan, penawaran harga ini cukup membuat iPhone X 64GB refurbish ini mampu bersaing dengan harga iPhone XR, varian termurah dari seri iPhone terbaru yang dibanderol 963 dolar AS (Rp13 jutaan).

Meski begitu, iPhone XR tetap lebih unggul berkat dukungan chipset A12 Bionic dan diagonal layar IPS LCD yang lebih besar (6,1 inci) jika ketimbang iPhone X yang menggunakan panel Super Amoled 5,8 inci.

Seperti disebutkan di atas, selain melakukan penjualan di AS, Apple juga mengekspansi penjualan iPhone daur ulang di Inggris.

Berikut beberapa varian iPhone yang telah dijual dengan status refurbish di Inggris:

  • iPhone 7 128GB – 469 pounds
  • iPhone 7 Plus 128GB – 569 pounds
  • iPhone 8 Plus 64GB – 599 pounds
  • iPhone 8 Plus 256GB – 729 pounds
  • iPhone X 64GB – 769 pounds
  • iPhone X 256GB – 899 pounds

Secara umum, selain melakukan pembenahan penjualan melalui perangkat yang di daur ulang pada 2019 ini, Apple juga dikabaran terus membenahi teknologi dan mengikuti tren yang ada.

Sebagai contoh, saat ini Apple telah mempersiapkan iPhone XI yang dikabarkan akan dibekali 3 kamera dengan fitur pendukung mutakhir.

credit: Cnet

Leave a Reply

Your email address will not be published.