Awas, Aplikasi FaceApp Palsu Gentayangan

#kamisukareview – Aplikasi FaceApp Palsu telah muncul menyusul banyaknya pengguna yang ingin mengubah wajah mereka menjadi lebih tua. Sebelumnya sebuah aplikasi bernama FaceApp besutan perusahaan software asal Rusia itu populer digunakan karena bisa mengubah wajah menjadi lebih tua atau lebih muda.

Banyaknya pengguna yang mengunduh aplikasi FaceApp itu dimanfaatkan oleh program jahat untuk menjelma menjadi aplikasi serupa, alih-alih mengubah wajah penggunanya, aplikasi FaceApp palsu itu malah akan menginfeksi perangkat korbannya dengan modul adware yang bernama MobiDash.

Kaspersky telah mengidentifikasi keberadaan aplikasi FaceApp palsu tersebut yang memang sengaja dirancang untuk menipu pengguna sehingga menganggap bahwa aplikasi itu adalah aplikasi FaceApp asli yang bisa mengubah wajah menjadi tua.

Setelah aplikasi palsu itu diunduh dan dipasang pada hp, aplikasi palsu itu akan mensimulasikan kegagalan dan kemudian terhapus namun secara diam-diam ia akan memasukan modul untuk menampilkan iklan di perangkat korbannya.

Kaspersky menemukan sedikitnya ada 500 pengguna unik telah menemui masalah dalam dua hari terakhir sejak aplikasi palsu ini muncul pada 7 Juli 2019 lalu, Kaspersky juga menemukan sedikitnya ada 800 modifikasi modul berbeda yang telah berhasil diidentifikasi. Kaspersky telah memblokir modul berbahaya yang bernama HEUR: AdWare.AndroidOS.Mobidash.

“Orang-orang di belakang MobiDash sering menyembunyikan modul adware mereka dengan kedok aplikasi dan layanan populer. Ini berarti bahwa kegiatan FaceApp versi palsu dapat meningkat, terutama jika kita berbicara tentang ratusan target hanya dalam beberapa hari,” kata Igor Golovin, peneliti keamanan di Kaspersky, akhir pekan ini.

“Kami menyarankan pengguna untuk tidak mengunduh aplikasi dari sumber tidak resmi dan menginstal solusi keamanan pada perangkat mereka untuk menghindari kerusakan,” tambah Igor.

Belakangan juga ramai dibicarakan bahwa aplikasi pengubah wajah ini juga disinyair berbahaya, sejumlah masyarakat mempertanyakan bagaimana keamanan aplikasi ini bagi para penggunanya.


Leave a Reply

Your email address will not be published.