Bikin Foto ‘Backlight’ Jadi Keren? Gampang Kok

#kamisukareview – Meski saat ini banyak sekali ponsel yang menawarkan kamera dengan hasil yang lumayan oke, tapi membuat hasil potret dari ponsel dengan kamera yang biasa-biasa saja pun ternyata cukup mudah.

Yang diperlukan hanya kepiawaian kamu dalam memilih waktu dan sudut pengambilan foto.

Semisal ketika kamu mengambil foto dengan situasi membelakangi atau berlatar cahaya yang lazimnya dikenal dengan istilah backlight. Umumnya, kamu akan mendapatkan hasil foto dengan objek gelap.

Padahal jika disiasati dengan cara yang tepat, foto backlight bisa jadi keren dan berkesan lho.

Berikut caranya;

Pilih objek

Utama dan terpenting saat mengambil foto dengan kondisi ini adalah dengan memilih dan memahami penemptan objek. foto dan penempatannya.

Ketika fokus untuk mengambil foto raut wajah wajah misalnya, pastikan posisi kamera atau ponsel kamu sedikit lebih tinggi dari objek, untuk menjaga gestur yang proporsional dan mencegah wajah menjadi gelap.

Hasil foto backlight yang keren dan dramatis tentu saja dapat terwujud bila kamu selaku fotografer menghadap ke arah sumber cahaya dengan obyek foto berada pada posisi melawan sumber cahaya. Kemudian pilih komposisi foto dengan mencoba mengambil objek dari beragam sudut.

Manfaatkan bias cahaya

Hal yang tak kalah pentingnya untuk mengambil objek dalam situasi ini adalah dengan cermat memanfaatkan cahaya untuk membuat foto menjadi lebih alami/natural dan dramatis.

Tanpa memanfaatkan pencahayaan yang tepat, maka tentunya kamu akan membutuhkan upaya berlebih untuk mengedit foto sesuai keinginan.

Maksimalkan cahaya alami bisa disiasati dengan memilih waktu yang tepat, sebelum matahari beranjak tinggi atau ketika matahari akan tenggelam.

Tip dari fotografer profesional biasanya menyarankan waktu ideal untuk mendapatkan foto dengan hasil terbaik guna mendapatkan momen Golden Hour, yakni pagi hari atau satu jam sebelum matahari terbenam.

Pada waktu-waktu itu kamu bisa mendapatkan pencahayaan lembut dan menghasilkan bayangan halus pada obyek foto backlight.

 

Nah jika kamu sudah mendapatkan trik yang jitu dengan beberapa kali melakukan pemotretan backlight, kamu juga bisa coba mengabadikan momen dengan video. seperti merekam dengan durasi tertentu (timelaps) yang tentunya menggunakan alat bantu, semisal tripod mini atau monopod.

Penggunaan alat-alat bantu tersebut juga akan membuat foto kamu lebih stabil dan tidak goyang saat kamu menekan shutter kamera atau ponsel, terlebih pada ponsel kamera yang tak menyediakan fitur stabilizer.

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur HDR pada objek yang membelakangi kamera untuk mendapatkan hasil yang lebih halus dan maksimal.

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.